Manfaat Khasiat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan

Berikut ini adalah manfaat khasiat daun kumis kucing untuk kesehatan tubuh manusia, dan untuk dijadikan sebagai herbal atau obat tradisional. Kumis kucing memiliki nama ilmiah (Orthosiphon grandiflarus), adalah tumbuhan semak yang banyak ditemukan di Asia Tenggara, terutama negara-negara beriklim tropis.

manfaat khasiat daun kumis kucing

Bagian dari tanaman kumis kucing yang paling bermanfaat adalah daunnya, yang mengandung kadar kalium yang tinggi, glikosida orthosiponin yang bagus untuk menurunkan kadar asam urat, fosfat, dan oksalat dari dalam tubuh. Kumis kucing juga sudah terbukti khasiatnya untuk penyembuhan infeksi kandung kemih, membersihkan empedu dan ginjal, menyembuhkan rematik, menjaga tekanan darah, diabetes dan asam urat.

Berikut beberapa contoh manfaat khasiat daun kumis kucing untuk mengobati penyakit, dan serta cara mengolahnya:

Untuk mengobati kencing batu, melancarkan air kencing, sakit pinggang, darah tinggi, dan diabetes militus:
Ambil daun kumis kucing satu genggam, rebus dengan air 2 gelas, hingga tersisa satu gelas dan minum sehari satu gelas sebelum tidur malam.

Untuk memperlancar pengeluaran air kemih:
Siapkan kumis kucing kira-kira 30 gram, akar Alang-alang 30 gram, meniran 30 gram, cuci hingga bersih, lalu rebus semua bahan tersebut diair sebanyak tiga gelas sampai airnya berkurang menjadi 1,5 gelas. Minum 3 kali sehari sebanyak 1/2 gelas.

Untuk mengobati batu ginjal:
Untuk mengbati batu ginjal ada dua cara, caranya yaitu sebagai berikut:
  1. Siapkan Daun kumis kucing 25 gram, daun ngokilo 25 gram, daun keji beling, dicuci 25 gram, daun meniran dengan akarnya 25 gram, lalu semua bahan tersebut rebus dengan air sebanyak empat gelas sampai mendidih. Minum air tersebut sampai habis dalam sehari.
  2. Siapkan daun kumis kucing yang masih segar 3 genggam, daun keji beling 5 lembar, cuci sampai bersih, kedua bahan tersebut rebus dengan air sebanyak dua gelas sampai mendidih. Minum air rebusan tersebut 2x sehari pagi dan sore selama 10 hari.

                                                         ================

Itulah rangkuman manfaat daun kumis kucing serta khasiat kumis kucing, yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh manusia, semoga bisa bermanfaat serta berguna bagi kita semua.
Title : Manfaat Khasiat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan
Description : Berikut ini adalah manfaat khasiat daun kumis kucing untuk kesehatan tubuh manusia, dan untuk dijadikan sebagai herbal atau obat tradisiona...