Manfaat Khasiat Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh

Daun salam yang selama ini kita kenal sebagai bumbu tambahan masakan (bumbu dapur), ternyata mengandung minyak atsiri, tanin,dan flavonoida, yang berguna untuk kesehatan tubuh manusia atau herbal (obat tradisional). Yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan dari tanaman ini adalah, daun, kulit, batang, akar, dan buahnya.

manfaat khasiat daun salam

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, daun salam memiliki kandungan berbagai macam jenis vitamin, termasuk vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari berbagai penyakit. Anda bisa menambahkan daun salam dalam setiap masakan atau mengolahnya menjadi teh untuk mengambil manfaat daun salam sebagai peningkat daya imunitas tubuh.

Berikut ini adalah manfaat khasiat daun salam:

  • Mengatasi asam urat
  • Mengatasi kolesterol tinggi
  • Melancarkan peredaran darah
  • Mengatasi radang lambung
  • Mengobati diare
  • Mengobati stroke
  • Mengatasi kencing manis
  • Mengobati maag
  • Mengobati gatal-gatal
  • Mengatasi batuk
  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Berikut beberapa cara mengolah daun salam utuk dijadikan obat tradisional atau herbal:

Untuk mengobati diare
Ambil 20 lembar daun salam yang segar, lalu rebus dengan dua gelas air sampai mendidih selama 10 menit, setelah dingin saring dan tambahkan sedikit garam. Minum air tersebut 2 kali sehari.

Mengobati mabuk akibat alkohol
Ambil 3 buah salam yang sudah masak, lalu tumbuk sampai halus, peras dan saring untuk diambil airnya, minum air saringan tersebut sekaligus sampai habis.

Meningkatkan daya tahan tubuh
Kandungan vitamin yang terkandung dalam daun salam membuat daun ini bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh manusia atau peningkat daya imunitas tubuh. Cukup dengan menambahkan daun salam dalam setiap masakan atau mengolahnya untuk dijadikan teh agar dapat mengambil manfaat dan khasiat daun salam untuk dijadikan herbal.

Mengatasi tekanan darah tinggi
Kandungan zat tanin dan flavonoida yang cukup tinggi dalam daun salam memungkinkannya untuk menjadi obat herbal bagi penderita hipertensi. Caranya: Cuci 10 lembar daun salam kering atau basah, rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan hingga tersisa menjadi 1 gelas. Setelah dingin saring dan minum secara teratur satu kali sehari.

Mengobati penyakit asam urat
Daun salam memiliki cukup banyak kandungan vitamin C dan Vitamin B, dan sangat berguna dalam penyembuhan asam urat. Caranya : Ambil 10 lembar daun salam kering, cuci sampai bersih dan rebus dalam 10 gelas air hingga tersisa menjadi 7 gelas. Setelah dingin saring dan minum secara teratur.

Mengobati maag
Siapkan 20 lembar daun salam, cuci hingga bersih dan rebus dalam 2 liter air, tambahkan 2 sendok makan garam dan rebus sampai mendidih. Setelah dingin saring dan minum secara teratur selama masih mengalami diare.

Sebagai obat batuk
Siapkan 7 lembar daun salam kering, 3 sendok makan madu, 1 buah lemon atau 1 buah jeruk nipis dan peras untuk diambil airnya saja. Cara meramu: Rebus daun salam dengan dua gelas air sampai mendidih dan hingga tersisa menjadi setengahnya. Setelah dingin saring dan ambil airnya, lalu campurkan madu serta air perasan lemon tersebut dan aduk hingga merata dan minum secara teratur selama masih batuk

Mengatasi gatal - gatal
Ambil daun salam secukupnya, lalu cuci hingga bersih, tumbuk atau giling hingga halus, tambahkan minyak kelapa secukupnya, kemudian balurkan pada bagian yang gatal.

Untuk obat kencing manis
Ambil 10 lembar daun salam, tambahkan 30 gram sambiloto. lalau rebus dengan air  sebanyak 800 cc hingga tersisa 400 cc, setelah dingin saring lalu diminum 2 kali sehari.

                                                   =====================

Itulah manfaat daun salam serta khasiat daun salam yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh manusia, atau dijadikan sebagai obat tradisional.
Title : Manfaat Khasiat Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh
Description : Daun salam yang selama ini kita kenal sebagai bumbu tambahan masakan ( bumbu dapur ), ternyata mengandung minyak atsiri, tanin,dan flavonoi...