Manfaat Khasiat Daun Ubi Jalar Untuk Kesehatan

Daun ubi jalar memang tak sepopuler khasiat daun sirsak, daun salam, daun binahong dan khasiat daun jambu biji. Namun jangan salah, rebusan daun ubi jalar ini mampu mengobati berbagai penyakit misalnya, demam berdarah, diabetes, bisulan, cacingan dan susah buang air besar.

manfaat khasiat daun ubi jalar

Daun ubi jalar ini mengandung senyawa bioaktif yang termasuk komponen fenol, tanin juga vitamin C yang mungkin berpengaruh terhadap peningkatan imunitas tubuh bahkan peningkatan trombosit. Senyawa bioaktif tanaman atau fitokimia memang dapat berpotensi sebagai obat untuk melawan berbagai penyakit, senyawa alami ini tidak beresiko tinggi seperti halnya obat-obat sintetis.

Berikut ini adalah manfaat khasiat daun ubi jalar untuk mengatasi beberapa penyakit, serta cara mengolahnya:


Mengatasi bisul
Ambil10 grm daun ubi jalar yang masih segar, lalu ditumbuk sampai lumat, kemudian ditempelkan pada bisul dan diamkan sampai kering.

Demam berdarah
Satu ikat daun ubi jalar direbus dengan satu liter air, setelah dingin, saring dan minum air rebusan sebagai pengganti air minum kira-kira satu liter setiap hari.

Rabun ayam
Setengah kepal daun ubi jalar merah dicuci bersih dan diparut, campur dengan 3 sendok makan air masak dan 2 sendok makan madu. Kemudian diperas dan disaring. Minumlah air yang sudah disaring tersebut 3 x sehari sampai sembuh.

Mabuk perjalanan
Ambil ubi jalar secukupnya, cuci bersih dan makanlah sedikit demi sedikit selama dalam perjalanan.

Diabetes melitus (kencing manis)
Siapkan 100 grm ubi jalar, 15 grm kulit labu bligo, dan 50 grm biji alpukat, direbus dengan 1.000 cc air dan hingga airnya tersisa menjadi 500 cc. Setelah dingin saring dan minum, sedangkan ubinya dimakan.

Sakit tenggorokan
Minum air seduhan bubuk ubi jalar putih, ini didapatkan dari ubi yang dikeringkan dan ditumbuk hingga halus.

Cacingan dan susah buang air besar
Daun ubi jalar dijus lalu diminum, dan bisa juga dengan cara merebus daun ubi jalar secukupnya lalu meminum air rebusan tersebut.

                                                         ========================

Itulah manfaat daun ubi jalar dan khasiat ubi jalar yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh manusia.
Title : Manfaat Khasiat Daun Ubi Jalar Untuk Kesehatan
Description : Daun ubi jalar memang tak sepopuler khasiat daun sirsak, daun salam, daun binahong dan khasiat daun jambu biji. Namun jangan salah, rebusan ...