Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan Dan Perawatan Wajah

Tanaman binahong mungkin masih sangat asing terdengar ditelinga, tapi siapa sangka ternyata tanaman tersebut memiliki banyak manfaat serta khasiat yang sangat berlimpah. Daun binahong memiliki berbagai manfaat khasiat yang sangat berguna untuk kesehatan dan kecantikan, hal ini disebabkan karena tanaman ini kaya akan kandungan.

manfaat khasiat daun binahong

Daun binahong memiliki kandungan yang cukup banyak di antaranya antioksidan, asam arkobat, total fenol, dan protein yang cukup tinggi, sehingga berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Berikut ini adalah manfaat khasiat daun binahong

  1. Mencegah stroke
  2. Mempercepat penyembuhan luka
  3. Mencegah rematik
  4. Membantu memulihkan stamina
  5. Mencegah asam urat
  6. Menyembuhkan penyakit kencing manis (diabetes)
  7. Melegakan sesak nafas
  8. Menstabilkan tekanan darah rendah
  9. Menyembuhkan memar
  10. Mengatasi pembengkakan darah
  11. Menghaluskan kulit wajah
  12. Menghilangkan flek-flek hitam
  13. Mengecilkan pori-pori
  14. Mengobati thipus

Berikut adalah beberapa penyakit yang bisa disembuhkan oleh daun binahong, serta cara mengolahnya untuk dijadikan herbal atau obat tradisional:

Mengobati jerawat
Ambil 5 lembar daun binahong dan tumbuk hingga halus. Kemudian oleskan pada wajah secara teratur pada malam hari sebelum tidur. Ulangi sampai wajah terlihat halus, jika ingin medapat hasil yang lebih maksimal, ambil 5-6 lembar air daun binahong kemudian direbus dalam 2 gelas air hingga tersisa mejadi satu gelas, tambahkan sedikit madu agar terasa lebih enak.

Mampuh mengecilkan pori-pori, menghaluskan kulit wajah, dan menghilangkan flek-flek hitam
Ambil daun binahong yang masih segar secukupnya, lalu remas untuk diambil airnya, kemudian oleskan pada wajah secara merata, diamkan kurang lebih selama 20 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini 3 kali sehari, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Mencegah kanker
Daun binahong mengandung zat yang mampuh menghambat perkembangan sel kanker sehingga akan cepat pulih ketika mengidap penyakit ganas ini. Caranyapun cukup mudah yaitu dengan meminum air rebusan daun binahong kering sebanyak satu kali dalam sehari sebanyak 1 gelas, dan minumlah selama beberapa minggu dan sedikit demi sedikit sel kanker yang menyerang tubuh akan berkurang dan kemudian mati.

Obat sariawan kronis
Biasanya sariawan terbentuk dari akibat kurangnya vitamin, yang kemudian menimbulkan luka pada mulut dan sekitarnya. Caranya adalah dengan meminum air rebusan daun binahong dalam keadaan yang dingin. Jangan meminumnya dalam keadaan hangat karena suhu panas akan memperparah kondisi sariawan. Selain dapat menyembuhkan sariawan, daun binahong juga bermanfaat sebagai penghilang rasa pusing.

Mengobati luka berdarah
Tumbuk atau kunyah daun binahong secukupnya hingga halus, kemudian oleskan pada bagian tubuh yang bengkak atau luka secara merata. Lakukan berulang apabila luka masih basah atau kondisi luka yang parah.

Melancarkan pencernaan
Kandungan dalam daun binahong mampu mengontrol kerja alat pencernaan untuk tetap stabil, dengan begitu tubuh akan terhindar dari penyakit diare maupun sembelit.

Berfungsi sebagai obat wasir
Kandungan dalam daun binahong mampu membuat otot dalam anus yang semula membengkak menjadi lebih tenang sehingga sedikit demi sedikit wasir akan dapat berkurang.

Menghentikan pendarahan
Daun binahong mampu menghambat pendarahan kecil seperti mimisan, daun daun binahong juga berperan sebagai penambah stamina bagi pria. caranya adalah dengan meminum air rebusan daun binahong dalam keadaan hangat, maka dapat menambah stamina dengan cara yang alami sehingga aman bagi tubuh.

Mengatasi tekanan darah rendah
Kandungan zat dalam daun binahong mampu mengontrol tekanan darah dalam tubuh manusia sehingga membuatnya selalu stabil, oleh karena itu daun binahong selalu digunakan sebagai obat darah rendah.

Pengobatan luar
Untuk pemakaian luar, batang dan daun binahong ditumbuk halus kemudian dioleskan pada bagian yang sakit. Bahan ini untuk menyembuhkan memar karena terpukul, kena api (panas), rheumatik, pegal linu, nyeri urat, dan menghaluskan kulit.

Mencegah stroke, asam urat, sakit pinggang, luka bekas operasi, maag, typus, dan disentri.
  • Ambil 5 lembar daun Binahong, rebus dengan air sebanyak 2 gelas hingga tersisa setengahnya, tambahkan madu sebanyak 1 sendok teh, aduk hingga merata, dn diminum sehari 1 kali sebanyak 1 gelas.
  • Selain daunnya, umbi atau rimpang tanaman binahong juga bisa mengatasinya, caranya: Ambil umbi (rhizoma) secukupnya, dicuci bersih, kemudian direbus, setelah dingin disaring dan tambahkan madu sebanyak 1 sendok teh, aduk hingga merata dan diminum 2-3 kali sehari.

                                                        =====================

Demikianlah uraian berita tentang manfaat daun binahong serta khasiat daun binahong, yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh manusia dan perawatan pada kulit wajah, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi kita semua.
Title : Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan Dan Perawatan Wajah
Description : Tanaman binahong mungkin masih sangat asing terdengar ditelinga, tapi siapa sangka ternyata tanaman tersebut memiliki banyak manfaat serta k...