Manfaat Khasiat Tanaman Ekor Kucing Untuk Kesehatan

Tanaman ekor kucing memiliki banyak manfaat khasiat untuk kesehatan tubuh manusia, bagian yang dijadikan sebagai obat tradisional adalah bunga dan daun. Daun ekor kucing mengandung acalyphin, flavonoida, tannin, dan saponin. Sedangkan bagian bunganya mengandung sapoin dan tannin.

khasiat tanaman ekor kucing

Tanaman ekor kucing biasanya digunakan untuk pengobatan disentri, radang usus, pendarahan, berak darah, muntah darah dan mimisan. Selain itu, juga bisa mengobati cacingan, luka bakar dan tukak (ulkus) di kaki.

KHASIAT:

  • Bunga ekor kucing dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati pendarahan, radang usus, mimisan, cacingan, muntah darah, luka bakar, dan disentri.  
  • Daun dari tanaman ekor kucing merupakan obat untuk penyakit kulit, khususnya vitiligo (kehilangan pigmen kulit), batuk berdarah, disentri, dan luka bakar. 

Berikut ini adalah beberapa contoh pemanfaatan tanaman ekor kucing:

Vitiligo
Siapkan beberapa helai daun ekor kucing, kemudian campurkan sedikit kencur, lalu tumbuk hingga halus, usapkan keseluruh bagian tubuh yang terkena vitiligo. Selanjutnya balut dengan kain atau perban.

Luka
Luka yang mengeluarkan darah adalah hal yang sering terjadi baik dirumah maupun di luar rumah, untuk mengobatinya cukup dengan menumbuk daun ekor kucing yang telah dibersihkan, kemudian tempelkan dan balut dengan perban atau kain.

Ludah berdarah
Ludah berdarah biasanya disebabkan oleh panas dalam, dengan menggunakan daun ekor kucing kita juga bias mengobati panas dalam atau lidah berdarah dengan cara mengunyah daun ekor kucing dan menghisap air kunyahannya. Hal ini dapat dilakukan berkali-kali hingga benar-benar sembuh.

                                                               ==============

Alternatif lainnya yaitu dengan cara mencampurkan gula enau dan daun ekor kucing, lalu tumbuk hingga halus, lalu makanlah campuran tersebut.
Title : Manfaat Khasiat Tanaman Ekor Kucing Untuk Kesehatan
Description : Tanaman ekor kucing memiliki banyak manfaat khasiat untuk kesehatan tubuh manusia, bagian yang dijadikan sebagai obat tradisional adalah bun...