Manfaat Khasiat Kunyit Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Kunyit adalah tanaman rempah-rempah yang banyak ditemukan di Asia tenggara, yaitu salahsatunya adalah Negara Indonesia. Tanaman ini sering digunakan sebagai bumbu masakan dalam keseharinya, selain itu kunyit juga digunakan sebagai pewarna kuning pada makanan, karena kunyit merupakan bahan pearna alami yang tidak memiliki efek samping. 

manfaat khasiat kunyit

Namun demikian kunyit tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai bumbu masakan atau pewarna alami makanan saja, sejak jaman dahlu ternyata kunyit juga banyak dimanfaatkan dalam bidang kecantikan dan kesehatan yaitu herbal alami atau obat tradisional. Hal ini disebabkan, karena kunyit memiliki kandungan energi besar, diantaranya: kilokalori, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, miligr, fosfor, dan zat besi. Selain itu di dalam kunyit juga terkandung vitamin, yaitu: vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C 1.

Berikut Manfaat Khasiat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh


Diabetes mellitus
Siapkan 3 rimpang kunyit, dan 1/2 sendok garam, kedua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Minium air tersebut 2 kali dalam1minggu sebanyak 1/2 gelas.

Tifus
Siapkan 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, 1 lembar daun sambiloto. Semua bahan tersebut ditumbuk halus dan dipipis, kemudian seduh dengan 1 gelas air pana dan disaring untuk diambil airnya. Minum air rebusan ini 1 gelas dalam 1 hari dan lakukan selama 1 minggu berturut-turut.

Usus buntu
Siapkan 1 rimpang kunyit dan di parut, 1 butir buah jeruk nipis dan dip eras untuk diambil airnya, 1 potong gula aren dan garam secukupnya. Campurkan semua bahan tersebut dan seduh dengan 1 gelas air panas, seperti halnya menyeduh kopi, kemudian disaring dan minum setiap pagi setelah makan.

Disentri
Siapkan 1-2 rimpang kunyit, gambir dan kapur sirih secukupnya, kemudian semua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan hingga tersisa menjadi 1 gelas kemudian saring dan minum dengan berulang - ulang sampai sembuh.

Keputihan
Siapkan 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun beluntas, 1 gagang buah asam, 1 potong gula aren, kemudian semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih. Setelah dingin saring dan minum sebanyak 1 gelas dalam sehari.

Haid tidak lancar
Siapkan 2 rimpang kunyit, 1/2 sendok ketumbar, 1/2 sendok biji pala, 1/2 genggam daun srigading, kemudia semua bahan tersebut ditumbuk sampai halus dan rebus dengan 1 liter air sampai mendidih, setelah dingin saring dan minum sebanyak 1 gelas dalam sehari.

Perut mulas pada saat haid
Siapkan 1 rimpang kunyit sebesar 4 cm, 1 rimpang jahe sebesar 4 cm, 1 rimpang kencur sebesar 4 cm. Kemudian semua bahan tersebut dicuci bersih dan diparut untuk diambil airnya, jangan lupa tambahkan perasan air jeruk nipis, garam dan gula secukupnya. Setelah itu seduh dengan 1/2 gelas air panas dan aduk hingga merata. Lalu saring untuk diambil airnya dan minum pada hari pertama haid.

Memperlancar ASI
Ambil 1 rimpang kunyit, kemudian ditumbuk sampai halus dan dioleskan sebagai kompres diseputar buah dada, lakukan cara ini 2 hari sekali

Amandel
Siapkan 1 rimpang kunyit kemudian diparut, dan 1 buah jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, tambahkan 2 sendok madu dan 1/2 gelas air panas, lalu aduk sampai merata dan disaring. Minum ai saringan  tersebut secara rutin 2 hari sekali.

Berak lendir
Siapkan1 rimpang kunyit, 1 potong gambir, 1/4 sendok makan kapur sirih, kemudian rebus semua bahan tersebut dengan 2 gelas air sampai mendidih dan hingga tersisa menjadi 1 gelas, setelah dingin saring dan minum air rebusan tersebut 2 kali sehari sebanyak 1/2 gelas, pagi dan sore.

Morbili
Siapkan 1 rimpang kunyit dan 1 rimpang bengle, kemudian kedua bahan tersebut ditumbuk secara bersamaan sampai halus, setelah itu oleskan pada seluruh badan sebagai bedak

Manfaat Khasiat Kunyit Untuk Kecantikan Kulit

Mengurangi Pigmentasi Kulit
Campurkan satu sendok teh kunyit bubuk dengan perasan lemon dan oleskan pada wajah sebagai masker untuk membantu memngurangi pigmentasi kulit.

Mengobati Kulit Terbakar
Campurkan air jeruk nipis atau tomat dengan kunyit yang sudah di parut, kemudian balurkan ke area yang bekas terbakar, lakukan cara ini seminggu dua kali.

Mengobati Jerawat
Campurkan satu sendok makan minyak kelapa, 1 buah kunyit yang sudah diparut dan 1 sendok garam laut, kemudian balurkan kebagian wajah yang berjerwat dan diamkan mengering. Setelah itu cuci wajah hingga bersih dengan air hangat, lakukan cara tersebut seminggu sekali.

Anti Penuaan Dini
Kunyit bisa membantu menjaga kesehatan kulit karena mengandung antioksidan, selain itu kunyit juga bisa membantu mengurangi penuaan dini dan keriput serta melembutkan kulit. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, buatlah masker wajah dengan mencampur kunyit yang sudah diparut dengan olahan timun. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan dua minggu sekali.

Antiseptik
Kunyit mempunyai sifat antiseptik yang bisa menyembuhkan luka dengan cepat, berikut cara untuk mengatasi kulit yang luka: Campur bubuk kunyit dengan irisan olahan buah tomat yang sudah dihaluskan, kemudian oleskan pada luka dan diamkan selama 15 menit, setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat.

                                                        =================

Ternyata banyak juga yah manfaat khasiat kunyit, semoga artikel ini bisa membantu dan berguna bagi kita semua terutama yang membacanya, saya ucapkan sekian dan terimakasih, semoga bermanfaat.
Title : Manfaat Khasiat Kunyit Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Description : Kunyit adalah tanaman rempah-rempah yang banyak ditemukan di Asia tenggara, yaitu salahsatunya adalah Negara Indonesia. Tanaman ini sering d...