Manfaat Khasiat Kulit Buah Manggis Untuk Kesehatan

Buah manggis awalnya hanya dikenal sebagai buah untuk dikomsumsi saja, dan bagian buah yang biasanya dikomsumsi adalah lapisan penutup biji dan biji gagal berupa daging putih serta berair dan memiliki rasa yang enak. Dari sejumlah penelitian diketahui bahwa kulit buah manggis, kulit kayu, dan garcinia magostana, mengandung sejumlah senyawa kimia yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

manfaat khasiat kulit buah manggis

Kandungan

  • Zat warna kuning yang berasal dari dua metabolit, yaitu magostin dan B-magostin.
  • Metabolit baru, yaitu 1,3,6,7-tetrahidroksi-2,8-di(3-metil-2butenil) xanton yang diberi mana a-magostanin.

Khasiat

  1. menyemebuhkan HIV/AIDS
  2. menghentikan diare
  3. mencegah radang usus
  4. mencegah penyakit jantung
  5. menurunkan kolesterol
  6. menurunkan tekanan darah tinggi
  7. memperlambat proses penuaan
  8. mencegah penyakit batu ginjal
  9. membantu penglihatan mata
  10. menurunkan demam
  11. memperkuat sistem daya tahan tubuh
  12. membantu menurunkan kadar gula dalam darah
  13. menyembuhkan sariawan
  14. mengobati penyakit migren
  15. mengobati stres dan mengurangi depresi
  16. mencegah kemandulan
  17. mencegah berbagai kanker
  18. mencegah infeksi paru paru dan TBC
  19. meminimalkan gejala nyeri saat menstruasi
  20. menyembuhkan borok luka
  21. membantu tidur agar lebih nyenyak

Berikut penjelasan manfaat khasiat kulit buah manggis untuk mengatasi beberapa penyakit dan untuk mengatasi kecantikkan kulit:

Menyemebuhkan HIV/AIDS
Semua buah-buahan memiliki kandungan anti-oksidan, namun yang paling tinggi memiliki kandungan tersebut hanyalah kulit buah manggis, tapi ternyata tidak semua anti oksidan yang dimiliki buah-buahan bersifat bisa menyembuhkan penyakit, karena berbeda dengan kulit buah manggis yang anti-oksidannya mampuh menyembuhkan berbagai penyakit.

Anti mikroba
Kulit buah manggis mempunyai daya antimikroba terhadap beberapa jenis mikroba dan jamur.

Anti kanker
Penelitian tentang khasiat kulit manggis bagi pengobatan herbal terus dilakukan. Hal terakhir yang cukup mengembirakan adalah bahwa kulit manggis diharapkan bisa menjadi solusi untuk mengatsi berbagai penyakit berat mematikan seperti kanker.

Mencegah penyakit jantung
Buah manggis juga mengandung sejumlah mineral seperti tembaga, mangan dan magnesium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh untuk membantu mengontrol detak jantung, dan tekanan darah. Dengan demikian, buah manggis menawarkan perlindungan terhadap stroke dan penyakit jantung koroner.

Menghaluskan kulit
Kandungan anti oksidan didalamnya mampuh mencegah penuaan dini dan meregenerasi sel kulit.

Untuk penyakit disentri
Kulit buah manggis dicuci, lalu dipotong-potongdan direbus dalam empat gelas air. Setelah mendidih dan air rebusan tersisa setengahnya, angkat dan dinginkan. Setelah dingin air rebusan disaring. Jika ada, bisa ditmbahkan sedikit madu, kemudian aduk dan minum 2 kali sehari.

Untuk penyembuhan diare
Lakukan langkah yang sama dengan cara mengatasi disentri, namun air rebusan yang tersisa lebih sedikit.

Untuk penyembuhan sariawan
Langkah cara membuatnya juga sama dengan cara mengatasi disentri, dan hanya air nya saja yang harus digunakan untuk berkumur.

Berikut cara mengolah kulit buah manggis untuk dijadikan sebagai herbal atau obat tradisional:

  • Siapkan kulit manggis dari dua atau tiga butir buah manggis, kerok bagian dalam kulitnya yang berwarna ungu memakai sendok. Hindari mengerok bagian hitam atau getahnya karena rasanya sangat pahit.
  • Rebus kulit mangis yang telah dikerok bersama tiga gelas air, biarkan sampai tersisa menjadi satu gelas.
  • Angkat rebusan dan biarkan dingin, saring sari kulit manggis tersebut sebelum disimpan. Untuk meningkatkan manfaat dan mengurangi rasa kurang enak, anda bisa menambahkan madu secukupnya.

Cara membuat jus kulit buah manggis:

  • Cuci dengan bersih buah manggis sebanyak 3 sampai 4 buah, lalu potong dan ambil kulitnya saja. Sementara untuk isinya dapat anda konsumsi sendiri.
  • Ambil bagian dalamnya dengan cara di kerok. Hal yang perlu di perhatikan, kerok bagian dalam yang berwarna merah saja jadi jangan sampai bagian luar yang berwarna hitam ikut terambil. 
  • Kemudian jangan sampai juga getahnya ikut terambil, karena getah tersebut akan memberikan rasa sangat pahit dan sepat.
  • Bagian kulit tadi yang sudah di kerok kemudian di blender bersama air, sesuaikan jumlah air dengan banyaknya kulit manggis untuk meminimalkan rasa pahit. 
  • Setelah itu anda dapat menambahkan bahan lainnya seperti coklat bubuk, susu kental, alpukat, es, gula atau madu sebagai bahan untuk menambahkan citra rasanya. 
  • Akan tetapi sebenarnya tak ditambahkan dengan bahan lainnya juga tak apa-apa.
  • Sesudah proses blender selesai, anda dapat mengkonsumsi jus kulit manggis tersebut setelah makan, dan diminum 1 kali sehari sebanyak 1 gelas.

                                                         =================

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan tentang manfaat khasiat buah manggis, dan jangan lupa lihat juga manfaat daun buah sirsak untuk kecantikan wajah dan kesehatan tubuh manusia.
Title : Manfaat Khasiat Kulit Buah Manggis Untuk Kesehatan
Description : Buah manggis awalnya hanya dikenal sebagai buah untuk dikomsumsi saja, dan bagian buah yang biasanya...