Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Daun sirih (piper betle), teryata banyak sekali mengandung manfaat serta khasiat untuk kesehatan tubuh manusia dan kesehatan kulit, pada jaman dahulu manfaat daun sirih digunakan sebagai tanaman yang seringa dipake atau diperlukan setiap harinya, karena tanaman ini sering dijadikan kunyahan dalam kehidupan sehari-hari oleh manusia jaman dahulu. Biasanya daun sirih suka dikunyah bersama gambir, kapur dan juga buah pinang muda, cara ini dipercaya mampu membuat gigi menjadi lebih kuat, gigi menjadi lebih putih dan jarang berlubang.

manfaat khasiat daun sirih

Daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur.

Berikut adalah beberapa manfaat khasiat daun sirih untuk mengatasi beberapa penyakit dan untuk kesehatan kulit, serta cara mengolah daun sirih untuk dijadikan herbal atau obat tradisionl:

Batuk
Ambil daun sirih kira-kira lima lembar, tambahkan cengkeh, kemukus, kapulaga, dan kayu manis. Kemudian rebus semua bahan dengan air sebanyak dua gelas. Tunggu hingga air rebusan menjadi kira- kira satu setengah gelas. Angkat dan saring air tersebut, lalu minum kira-kira satu sendok makan sebanyak tiga kali sehari.

Sariawan
Ambil 3 lembar daun sirih, lalu rebus dan tambahkan sedikit garam, gunakan airnya untuk berkumur. Atau bisa juga dengan cara mengunyah langsung daun sirih yang masih segar.

Bronchitis
Ambil 7 lembar daun sirih, 20 gr jahe, 15 gr kulit jeruk mandarin kering, cuci sampai bersih semua bahan, tambahkan gula batu secukupnya, lalau rebus dengan air sebanyak 4 gelas hingga tersisa 2 gelas, lalu saring dan minum 2 kali sehari sebanyak 1 gelas.

Jerawat
Ambil 10 helai daun sirih, kemudian rebus dengan 250ml air hingga mendidih dan airnya berwarna kecoklatan. Tunggu air rebusan sampai tidak terlalu panas untuk wajah, (hanagat) jangan biarkan air terlalu dingin karena ini bertujuan untuk membuka pori-pori wajah, kompreskan air rebusan tadi ke wajah,lakukan secara rutin setiap hari.

Keputihan
Rebus 10 daun sirih yang telah dicuci bersih dengan 2,5 liter air, gunakan air rebusan yang masih hangat untuk mencuci (V). Lakukan berulang-ulang sampai terasa ada perubahan.
(Dampak yang ditimbulkan akibat terlalu sering menggunakan air dari daun sirih tersebut biasanya warna dari (V) menjadi tampak tidak segar atau malah menjadi agak kehitam-hitaman, jadi harus menggunakannya secara berkala atau tidak teralu sering).

Sakit gigi karena berlubang
Ambil 2 lembar daun sirih, remas lalu masukkan ke dalam gelas, tuangkan air panas campurkan garam dapur secukupnya, lalu aduk-aduk hingga garam dapur larut, tutup rapat beberapa saat hingga air menjadi dingin. Gunakan untuk berkumur dan ulangi beberapa kali.

Bau mulut
Siapkan 2-4 lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih, remas dan masukan kedalam gelas, seduh dengan air panas lalu gunakan untuk berkumur. Lakukan cara ini dengan rutin.

Sakit jantung
Ambil 3-5 lembar daun sirih, potong kecil-kecil lalu rebus dengan air sebanyak 4 gelas hingga menjadi 2 gelas. Kemudian saring dan minum dua kali sehari.

Asma
Siapkan 6 lembar daun sirih segar, kencur, akar alang alang, jeruk nipis, madu, dan air.
Lalu daun sirih 25 gram, kencur 25 gram, dan akar alang alang 10 gram rebus dengan 1 liter air dalam api kecil hingga air tinggal 1/2 nya, angkat dan saring. Ambil setengah gelas rebusan, dan tambahkan air perasan jeruk nipis dan madu sebanyak masing masing 1 sendok makan. Minum sekaligus sebelum tidur pada malam hari.

Radang tenggorokan
Ambil 4 lembar daun sirih segar dan sudah dicuci bersih, remas lalu rebus hingga mendidih, minum air rebusan setelah dingin.

Gusi bengkak
Ambil beberapa lembar daun sirih segar yang sudah dcuci bersih, tambahkan air secukupnya, dan       rebus sampai mendidih, tambahkan sedikit garam. Gunakan air rebusan untuk kumur-kumur saat masih hangat.

Membersihkan mata
Sediakan 5-6 daun sirih muda dan segar rebus dengan 1 gelas air hingga mendidih. Biarkan dingin, gunakan air rebusan untuk mencuci mata.

Bau badan
Ambil lima lembar daun sirih dan rebus dengan dua gelas air, tunggu sampai tersisa menjadi satu gelas. Setelah dingin saring dan minum di siang hari.

Eksim
Ambillah daun sirih segar segenggam penuh, daun cabe segar segenggam penuh, dan isi biji pinang muda dua butir, lalu cuci bersih, tumbuk semua bahan sampai halus, lalu bungkus dengan kain bersih, ikat kuat, rebus sampai benar-benar mendidih. Lalu angkat dan tunggu menjadi hangat-hangat kuku, ambillah kapas, celupkan ke dalam air godokan dan oleskan dan aga sedikit ditekan- tekan ke tempat yang eksim. Lakukan cara ini dengan rutin.

Luka bakar
Ambil daun sirih secukupnya dan cuci bersih. Peras airnya dan tambahkan sedikit madu. Bubuhkan ke tempat luka bakar.

Koreng
Rebus 15-20 lembar daun sirih sampai mendidih. Gunakan air rebusan yang masih hangat untuk membasuh koreng dan gatal.

Bisul
Ambil daun sirih secukupnya dan cuci bersih, setelah itu giling sampai halus dan dioleskan pada bisul dan sekelilingnya. Balut dan ganti dua kali sehari.

Hidung berdara
Ambil 1-2 lembar daun sirih yang agak muda, lumaskan dan gulung lalu gunakan untuk menyumbat hidung yang mimisan.

Sakit mata atau mata gatal
Sediakan 5-6 daun sirih muda dan segar rebus dengan segelas air hingga mendidih, angat dan biarkan dingin, gunakan air rebusan untuk mencuci mata, lakukan tiga kali sehari hingga sembuh.

Perdarahan gusi
Rebus empat lembar daun sirih dalam dua gelas air, setelah dingin gunakan air rebusan untuk berkumur. lakukan cara ini dengan rutin.

Mengurangi produksi ASI yang berlebihan
Ambil beberapa daun sirih, cuci bersih dan olesi dengan minyak kelapa, kemudian hangatkan di atas api sampai layu. Tempelkan diseputar payudara yang bengkak selagi masih hangat.

Menghilangkan gatal
Ambil 6 lembar daun sirih segar tambah satu potong jahe lalu di tumbuk dan tambah setengah sendok minyak kayu putih, kemudian dioleskan pada kulit yang mengalami gatal.

                                                         ==================

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan tentang manfaat khasiat daun sirih merah, semoga bermanfaat bagi kita semua.
Title : Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan Dan Pengobatan
Description : Daun sirih ( piper betle ), teryata banyak sekali mengandung manfaat serta khasiat untuk kesehatan tubuh manusia dan kesehatan kulit, pada j...