Manfaat Dan Khasiat Daun Jambu Biji

Jambu biji (psidium guajava) memiliki banyak kandungan, yang terdapat dalam daun yaitu: Asam psidoklat, asam oleanolat, asam guajaverin, minyak lemak, minyak atsiri, vitamin dan tannin. Selain itu tanaman jambu biji juga kaya akan zat non gizi, seperti serat pangan, komponen karotenoid, dan polifenol.

manfaat khasiat daun jambu biji

Berikut manfaat khasiat daun jambu biji

  • Obat diare
  • Obat maag
  • Obat sariawan
  • Obat masuk angin
  • Demam berdarah
  • Penurun kadar kolesterol tinggi
  • Sering buang air kecil
  • Luka dan luka berdarah
  • Sariawan dan sakit gigi
  • Perut kembung

Berikut beberap cara mengolah daun jambu biji untuk dijadikan herbal atau obat tradissional:

Obat demam berdarah
Siapkan 5 lembar daun jambu biji, lalu rebus dengan air sebanyak 2 gelas, saring dan minum dalam waktu 4 jam sekali hingga sembuh.

Menurunkan kadar kolesterol
Ambil 7 lembar daun jambu biji yang masih segar, tambahkan 2 genggam dau ceremai dan 10 lembar daun sirih, cuci bahan-bahan tersebut sampai bersih, lalu rebus dengan air sebanyak 3 gelas hingga tersisa separuhnya. Minum air rebusan tersebut 1/2 gelas dipagi hari, dan 1/2 gelas malam hari.

Diabetes
Dengan meminum seduhan daun jambu biji dapat menghambat enzim alpha-glukosidase. Pengendalian kadar gula darah penting untuk orang penderita diabetes atau prediabetes sehingga tidak menimbulkan komplikasi.

Diare dan disentri
Ambil pucuk daun jambu biji yang masih muda 2-3 lembar, kemudian cuci bersih, lalu makan langsung dan sedikt garam untuk menyamarkan rasa aslinya. Atau bisa juga dengan cara direbus terlebih dahulu. Bisa juga dengan cara dibut sebagai teh maka cukup diseduh saja dengan air panas.

Mencegah infeksi luka luar
Ambil 5 lembar daun jambu biji yang masih segar, lalu tumbuk hingga halus, kemudian lumatkan atau balurkan pada bagin kulit yang luka atau ifeksi.

Obat masuk angin
Sediakan 10 lembar daun jambu biji yang masih muda, 1 buah cabai merah, 3 buah asam, 1 potong gula merah, dan garam secukupnya. Rebus semua bahan tersebut bersama 1 liter air sampai mendidih. Setelah dingin saring dan diminum 2 kali sehari.

Obat maag
Siapkan 8 lembar daun jambu biji segar yang telah dicuci bersih, lalu rebus dengan 1 1/2 gelas air hingga mendidih. Setelah dingin saring dan diminum tiga kali sehari.

Obat sariawan
Siapkan 1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu bij,  rebus bahan tersebut dengan 2 gelas air hingga mendidih. Setelah dingin saring dan diminum sebanyak 2 kali sehari.

Obat diare
  • Siapkan 5 lembar daun jambu biji, 1 potong akar, kulit, dan batang dari tanaman jambu biji. Rebus semua bahan tersebut ke dalam 1,5 liter air hingga mendidih. Setelah dingin saring dan diminum 2 kali sehari.
  • Selain itu bisa juga dengan mengunyah daun jambu biji yang masih muda dan tambahkan sedikit garam, lalu telan airnya dan buang ampasnya.

                                             =================================

Itulah ulasan Manfaat daun jambu biji serta Khasiat daun jambu biji yang sangat berguna untuk Kesehatan dan pengobatan pada tubuh manusia.
Title : Manfaat Dan Khasiat Daun Jambu Biji
Description : Jambu biji ( psidium guajava ) memiliki banyak kandungan, yang terdapat dalam daun yaitu: Asam psidoklat, asam oleanolat, asam guajaverin, ...