Manfaat Khasiat Daun Pepaya Dan Daun Singkong

Daun pepaya dan daun singkong ternyata memiliki banyak sekali mengandung manfaat serta khasiat untuk dijadikan herbal atau obat tradisional, yang tentunya untuk kesehatan tubuh manusia. Daun pepaya mengandung sejumlah senyawa aktif yang sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia, komposisi zat aktif dalam daun pepaya antara lain: Vitamin B1, Vitamin A, vitamin C, protein, kalori, lemak, kalsium, hidrat arang, besi, fosfor, air, kautsuk, paparotin, karposit, karpain, enzim papain dan lain-lain.

manfaat khasiat daun pepaya

Manfaat khasiat daun pepaya

  • Memudahkan pengeluaran pepe
  • Anti ambeien dan rematik
  • Penyakit tulang
  • Anti kanker
  • Meningkatkan napsu makan
  • Mencegah konstipasi dan kanker perut
  • Obat encok dan arthritis
  • Mencegah anemia
  • Anti diabetes

Berikut ini manfaat khasiat daun pepaya untuk mengatasi beberapa penyakit serta cara mengolahnya:

Demam berdarah
Untuk menyembuhkan demam berdarah, ambil 5 lembar daun pepaya, lalu rebus dengan air sebanyak 1 liter hingga mendidih dan hingga tersisa menjadi seperempat nya saja. Setelah dingin saring dan diminum airnya, lakukan cara ini 3 kali sehari sebanyak setengah gelas.

Nyeri haid
Ambil 1 lembar daun pepaya yang masih segar, lalu rebus dengan 1/2 liter air hingga mendidih. Setelah dingin saring untuk diambil airnya, tambahkan asam jawa dan garam secukupnya dan diminum sehari 2 kali sebanyak 1 gelas.

Obat batu ginjal
Sediakan beberapa lembar daun pepaya yang masih segar, bilas dengan air kemudian rebus selama 10 menit. Setelah dingin saring untuk diambil airnya dan minum sampai habis, selang 30 menit minumlah air kelapa muda. (Bagi penderita tekanan darah tinggi tidak diperkenankan untuk melakukan cara pengobatan ini).

Obat disentri
Rebus 2 lembar daun pepaya yang telah dicuci bersih dengan 1 liter air dan 1 sendok teh bubuk kopi hitam sampai mendidih, setelah dingin saring dan minum air rebusan tersebut sebanyak satu gelas perharinya.

Obat diare
Daun pepaya dilayukan kemudian direbus bersama minyak kelapa secukupnya, kemudian tempelkan olahan bahan tersebut pada perut sampai diare sembuh.

Obat cacing perut
Siapkan bahan berupa 1 lembar daun pepaya, cuci bersih. Rebus dalam 2 cangkir air dalam panci bersamaan dengan tanaman adas pulowaras sampai mendidih. Saring air rebusan tadi dan minum setelah dingin setiap malam menjelang tidur.

Daun pepaya yang masih muda bisa dijdikan lalapan dengan cara dikukus, atau dijadikan sayuran.

                                               =========================

Tidak mau kalah dengan daun pepaya, ternyata daun singkong juga memiliki banyak manfaat khasiat, tentunya untuk kesehatan tubuh manusia. Memang tidak banyak yang tahu bahwa daun singkong ini kaya akan kandungan vitamin, asam amino essensial, vitamin, dan juga protein yang amat baik bagi tubuh manusia.

manfaat khasiat daun singkong

Protein nabati juga diketahui banyak terkandung didalam daun ini dan berguna untuk dijadikan unsur yang bisa membangun sel tubuh dan menjadi sistem komponen pembentuk enzim. Selain itu, asam amino yang terkandung di dalamnya juga berguna sebagai pengubah karbohidrat menjadi energi. Asam amino di dalam hijau daun ini juga bermanfaat untuk pemulihan luka yang ada di kulit, membantu regenerasi sel tubuh yang rusak, meningkatkan daya ingat, menguatkan tulang, dan juga membantu sistem metabolisme didalam tubuh. Kemudian kandungan klorofil yang terdapat didalam daun singkong, juga berguna sebagai anti-kanker serta zat antioksidan.

Kandungan nutrisi yang dimiliki daun singkong:

Daun dari ubi yang banyak diminati ini juga mengandung beberapa nutrisi penting, seperti protein, Serat, lemak, kalori, karbohidrat, vitamin A , C , B17, dan mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Dari sekian nutrisi yang ada, yang tertinggi per 100g nya adalah protein(3.7), Serat(0.6), Kalori(37), lemak(0.2), dan karbohidrat (7.3).

Manfaat khasiat daun singkong

  • Mencegah proses panuan
  • Anti kanker
  • Meningkatkan dayatahan tubuh dan urat
  • Mencegah konstipasi  dan anemia
  • Anti mata kering
  • Obat rematik 
  • Obat diare
  • Mengobati sroke
  • Menyehatkan mata
  • Mencegah penuaan dini

Berikut ini adalah manfaat khasiat daun singkong untuk mengatasi beberapa penyakit serta cara mengolahnya:

Obat rematik
Ambil daun singkong yang masih segar kurang lebih 5 lembar, jahe merah 15 gram, dan kapur sirih secukupnya, lalu haluskan dengan cara ditumbuk atau diblender. Kemudian bahan yang sudah dihaluskan tersebut dicampur dengan sedikit air dan aduk sampai rata, setelah itu oleskan pada bagian yang sakit.

Mengobati diare
Ambil daun singkong yang masih segar secukupnya, rebus daun singkong tersebut dengan air sebanyak 1.000cc, sampai airnya berkurang menjadi setengahnya. Setelah dingin saring untuk diambil airnya, buat menjadi dua bagian, dan minum dua kali sehari, pagi dan malam.

Mengobati penyakit stroke
Daun singkong terbukti mampu untuk menyembuhkan penyakit stroke, hail ini disebabkan karena daun singkong mengandung isoflavon dan zat tersebut sangat ampuh jika digunakan untuk mengobati penyakit stroke.

Meningkatkan daya tahan tubuh
Dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi, daun singkong dapat membantu meningkatkan daya tahan serta kesehatan tubuh manusia.

Untuk kesehatan mata
Daun singkong mengandung vitamin A dengan kadar yang cukup tinggi, oleh karena itu daun singkong cukup ampuh dalam menjaga kesehatan mata manusia. Cukup dengan mengkonsumsi sayuran ini sebanyak tiga kali dalam seminggu, ini cukup baik untuk menjaga kesehatan mata.

Mencegah osteoporosis
Daun singkong dapat digunakan untuk mencegah osteoporosis karena daun singkong mengandung fosfor serta kalsium, dua zat tersebut berperan aktif dalam menjaga kesehatan tulang. Dengan mengkonsumsi daun singkong secara otomatis akan menjaga kesehatan tulang didalam tubuh manusia.

Baik untuk penyembuhan luka
Daun singkong kaya akan serat dan zat besi, kedua zat tersebut telah terbukti mampu mempercepat penyembuhan luka serta meminimalisir bekas luka setelah luka tersebut sembuh.

Mencegah penuaan dini
Bagi manuasia penuaan adalah salah satu masalah, bahkan terkadang banyak dari mereka melakukan operasi plastik atau suntik botoks agar tetap awet muda, namun cara tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Cukup dengan menggunakan daun singkong sebagai pengganti pengobatan kimia tersebut agar tetap awet muda tanpa efek samping.

Sama seperti daun pepaya daun singkong juga bisa dijadikn lalapan dan dijadikan sayuran.

                                                ==========================

Mungkin hanya itu yang bisa saya jelaskan dalam ulasan artikel kali ini, tentang manfaat daun pepaya dan manfaat daun singkong, untuk kesehatan tubuh kita. Maka dari itu jangan ragu lagih untuk mengkonsumsinya, dan jangan lupa lihat juga tentang cara perawatan kulit dan kecantikan kulit wajah
Title : Manfaat Khasiat Daun Pepaya Dan Daun Singkong
Description : Daun pepaya dan daun singkong ternyata memiliki banyak sekali mengandung manfaat serta khasiat untuk dijadikan herbal atau obat tradisional,...