Manfaat Khasiat Daun Suji Sebagai Obat Tradisional

Daun suji memiliki ciri yang sama dengan daun pandan, daun suji biasanya banyak dimanfaatkan sebagai bahan pewarna untuk makanan, akan tetapi aroma dari daun suji ini sedikit sama dengan wangi daun pandan. Tanaman suji memiliki tinggi mencapai 6-10 meter dan berbunga.

manfaat khasiat daun suji

Kandungan kimia dari daun suji di antaranya adalah saponin dan flavonoid. Mengenai efek farmakologis dari daun yang memiliki rasa pahit, harum, dan bersifat dingin ini, banyak penyakit yang dapat ditangani dengan tanaman ini.

Berikut beberapa manfaat khasiat daun suji untuk mengatasi beberapa penyakit serta cara mengolahnya :

Mengobati nyeri haid
Ambil 3-5 lembar daun suji dan bersihkan dengan air, kemudian rebus dengan air sebanyak 1 liter dan biarkan sampai air rebusan tersisa setengahnya. Minumlah rebusan daun suji ini setiap hari sebanyak satu gelas sewaktu haid berjalan.

Obat nyeri lambung
Siapkan 20 grm akar daun suji segar, lalu cuci hingga bersih, setelah itu rebus dengan 2 gelas air dan airnya hingga tersisa menjadi 1 gelas. Setelah dingin saring dan diminum 2 kali sehari masing-masing sebanyak 1/2 gelas.

Mengobati sakit perut
Didalam daun suji mengandung flavonid bersamaan dengan tanin yang bersifat anti bakteri. Jadi bakteri yang menyebabkan sakit perut bisa diatasi dengan meminum air rebusan daun suji saja.

Meredakan sakit gigi
Sifat anti bakteri pada tanin dan flavonoid bisa bermanfaat untuk menghilangkan bakteri-bakteri yang menyebabkan sakit gigi, sama seperti halnya dengan mengatasi sakit perut, cukup dengan menggunakan air rebusan daun suji saja

Mengobati gusi berdarah
Infeksi yang menyebabkan gusi berdarah juga bisa disebabkan oleh bakteri yang ada didalam gusi. Untuk meredakan pendarahan pada gusi dan mengobatinya, cukup berkumur dengan menggunakan rebusan air daun suji yang masih hangat.

Mencegah kerusakan sel
Daun suji bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel didalam tubuh, kandungan polifenol dan flavonoid yang dimiliki daun suji, mampuh menangkal radikal bebas. Radikal bebas bisa membuat kerusakan sel, sehingga jika radikal bebas bisa diatasi maka kerusakan sel pun bisa dicegah.

Mencegah kerusakan kulit
Kerusakan kulit bisa diakibatkan oleh radikal bebas, kulit yang rusak bisa menyebabkan kusam dan tentunya rentan terkena penuaan. Oleh sebab itulah, kerusakan kulit harus dicegah, cukup dengan menggunakan daun suji saja, karena kandungan polifenol yang dimiliki daun suji mampuh mencegah kerusakan kulit

Sebagai penawar racun
Cuci bersih 20 grm akar daun suji segar, lalu rebus dengan 2 gelas air dan hingga airnya tersisa menjadi 1 gelas. Setelah dingin saring dan minum sekaligus 1 kali dalam sehari.

Mengobati kencing nanah
Ambil 7-10 lembar daun suji dan cucilah sampai benar-benar bersih, kemudian rebus dengan menggunakan air sebanyak 1 1/2 liter hingga air rebusan tersisa menjadi setengahnya. Minumlah air rebusan daun suji ini sebanyak dua gelas setiap hari.

Mengobati batuk berdarah
Siapkan 15 lembar daun suji yang sudah dibersihkan, kemudian haluskan daun suji dengan cara ditumbuk sampai benar-benar halus, tambahkan dengan menggunakan setengah gelas air putih dan peras daun suji dengan mengambil sarinya saja. Minumlah air perasan daun suji ini dua kali sehari setiap pagi dan malam.

Mengobati penyakit beri-beri
Ambil 4-7 lembar daun suji yang masih segar dan cucilah sampai bersih, kemudian rebus dengan air sebanyak 2 gelas sampai tersisa menjadi 1 gelas. Minumlah air rebusan daun suji ini sebanyak satu gelas setiap harinya.

                                                         ====================

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan tentang manfaat khasiat daun suji. Bagi yang akan menggunakan daun suji untuk dijadikan sebagai obat tradisional, awas jangan sampi keliru atau ketukar dengan daun pandan karena sangatlah beda manfaat khasiatnya.
Title : Manfaat Khasiat Daun Suji Sebagai Obat Tradisional
Description : Daun suji memiliki ciri yang sama dengan daun pandan, daun suji biasanya banyak dimanfaatkan sebagai bahan pewarna untuk makanan, akan tetap...