Khasiat Tanaman Katuk Sangat Baik Untuk Kesehatan

Tanaman katuk mempunyai nama latin (Sauropus adrogynus), tanman ini kaya akan kadar kalsium yang sangat tinggi dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Katuk bersifat manis dan mendinginkan sehingga baik untuk menurunkan demam dan membersihkan darah.

Kandungan yang terdapat pada daun katuk ini seperti vitamin A, B, dan C, kalsium, forfor, lemak, protein dan zat besi. Selain kandungan vitamin, dalam daun katuk juga mengandung saponin, flavonoida dan tannin yang baik untuk kesehatan tubuh

manfaat khasiat katuk

Manfaat Khasiat Tanaman Katuk Untuk Kesehatan Tubuh Manusia:

Melancarkan ASI
Di Indinesia daun katuk dikenal sebagai pelancar ASI, itu karena adanya kandungan protein, senyawa minyak esensial saponin, flavonoid, tanin, triterpenoid, asam amino, vitamin A, B, dan C, mineral kalsium, fosfor, dan zat besi, serta tujuh senyawa aktif lainnya yang dimiliki tanaman katuk. Maka dari itu katuk sangat bagus untuk dikonsumsi oleh ibu yang baru saja melahirkan atau sedang menyusui.

Kesehatan Mata
Katuk memiliki kandungan betakaroten yang tinggi (vitamin A) dipercaya membantu mencegah gangguan mata.

Mencegah Osteoporosis
Kandungan kalsium pada katuk cukup baik, cocok diasup oleh kaum perempuan yang tidak ingin terkena osteoporosis.

Mengatasi Hipertensi
Kadar kalsium yang sangat rendah dapat menyebabkan naiknya tekanan darah tinggi. Untuk mengatasinya, cukup dengan mengkonsumsi daun katuk dengan cara teratur.

Mengatasi Flu
Daun katuk mengandung efedrin yang sangat baik bagi penderita influenza.

Mengatasi Anemia
Kandungan zat besi yang cukup tinggi tentunya dapat mengatasi anemia.

Berikut ini contoh mengolah tanaman katuk untuk mengatasi beberapa penyakit:

  • Melancarkan ASI
Siapkan segenggam daun katuk yang sudah dijemur, 5 iris temulawak, dan 5 iris kunyit, kemudian rebus dengan 2 liter air sampai mendidih dan tambahkan 2 mata asam jawa. Setelah dingin saring dan tambahkan 1 sendok madu, kemudian aduk dan minum 2 kali sehari.

  • Mengobati bisul dan borok
Siapkan segenggam daun katuk dan cuci hingga bersih, kemudian tumbuk sampai halus hingga berbentuk pasta, lalu tempelkan atau balurkan pada bagian yang boro atau bisulan.

  • Mengobati sembelit
Siapkan segenggam daun katuk dan cuci hingga bersih, rebus dengan air sebanyak 2 gelas hingga mendidih, setelah dingin saring dan minum air rebusan tersebut 2 kali sehari sebanyak 1/2 gelas.

WARNING:
Efek samping katuk, dapat menyebabkan insomnia, tidak enak makan, dan sesak napas. Khusus untuk ibu hamil, tidak disarankan mengonsumsi daun katuk karena akan mempengaruhi kondisi janin.
Title : Khasiat Tanaman Katuk Sangat Baik Untuk Kesehatan
Description : Tanaman katuk mempunyai nama latin ( Sauropus adrogynus) , tanman ini kaya akan kadar kalsium yang sangat tinggi dan bermanfaat untuk keseha...