Manfaat dan Khasiat Kangkung Untuk Kesehatan

Selama ini kita mengenal kangkung sebagai sayuran yang harganya murah meriah, tetapi siapa sangka ternyata daun kangkung memiliki manfaat dan khasiat yang luar biasa. Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat populer di Indonesia, sayuran yang sering dijadikan sayur tumis ini ternyata berasal dari Negara India. Tanaman kangkung dibagi menjadi dua jenis, yaitu kangung air (lpomoea aquatica sp) dan kangkung darat (Ipomoea reptans Poir). Kangkung air memiliki batang yang merambat seperti ubi jalar dengan daun yang pendek dan tumpul, sedangkan kangkung darat memiliki batang tegak dengan ujung daun agak memanjang dan runcing.

manfaat khasiat daun kangkung

Kangkung mengandung zat seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, kalsium, fosfor, zat besi. Pada kangkung terdapat 2,5 mg/100g,  Zat besi, sehingga sangat baik untuk mengatasi anemia/kurang darah.

Berikut ini adalah beberapa manfaat khasiat kangkung untuk kesehatan tubuh manusia dan untuk dijadikan herbal atau obat tradisional serta cara mengolahnya:

Mengobati mimisan
Ambil seikat daun kangkung, cuci kemudian ditumbuk sampai halus, tambahkan sedikit gula, lalu seduh dengan satu air panas, setelah dingin saring dan minum sebanyak 2 kali sehari.

Mengobati sakit kepala
Seikat daun kangkung segar direbus dengan 2 gelas air hingga 1 gelas, kemudian minumlah hasil air rebusan tersebut.

Mengurangi nyeri haid
Siapkan kira-kira setengah kg daun kangkung, kemudian ditumbuk sampai halus tambahkan air setengah gelas, kemudian saring lalu tambahkan satu sendok makan madu dan minum satu kali sehari.

Mengobati ambeien
Siapkan segenggam akar kangkung, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin saring dan minum 2 kali sehari masing-masing sebanyak setengah gelas.

Mengatasi insomnia
Bagi anda yang susah tidur malam,  segeralah makan daun kangkung yang ditumis tanpa batang, cara ini sangat mujarab bagi penyakit tersebut.

Mengobati sakit gigi
Siapkan segenggam akar kangkung tambah cuka sebanyak setengah sendok teh, kemudian rebus dengan air sebanyak 1 gelas . Setelah dingin saring dan minum air rebusan tersebut 1 kali sehari.

Melancarkan buang air kecil
Ambil segenggam akar kangkung, lalu rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum air rebusan tersebut satu kali sehari.

Menghilangkan ketombe
Ambil seikat daun kangkung, lalu rendam dengan air secukupnya selama satu malam, gunakan air tesebut untuk keramas ketika lagi mandi, sebaiknya dilakukan setiap hari.

Mengatasi sembelit dan mual pada ibu hamil
Ibu hamil dianjurkan untuk sering mengonsumsi tumisan sayur kangkung, karena banyak mengandung vitamin untuk pertumbuhan bayi didalam kandungan.

Mengobati kulit yang gatal karena eksim
Ambil daun kangkung yang segar, lalu direbus dengan air secukupnya selama 5 menit, setelah hangat pakai air rebusan  tersebut untuk mencuci bagian yang terkena eksim, lakukan setiap hari hingga sembuh.

Mengatasi gusi bengkak
Ambil 200 gr akar kangkung yang dicuci bersih, tambahkan 200cc cuka, rebus dengan dengan air sebanyak 200cc. Air rebusan tersebut dapat digunakan untuk berkumur, lakukan setiap hari higga sembuh.

Menghilangkan kapalan
Bagian kulit yang menebal dapat dihilangkan dengan mengoleskan getah kangkung dan lakukan setiap hari.

                                                       ====================

Itulah manfaat kangkung serta khasiat kangkung untuk kesehatan tubuh manusia dan sebagai obat tradisional alami tanpa epek samping.
Title : Manfaat dan Khasiat Kangkung Untuk Kesehatan
Description : Selama ini kita mengenal kangkung sebagai sayuran yang harganya murah meriah, tetapi siapa sangka ternyata daun kangkung memiliki manfaat ...