Manfaat Khasiat Brokoli Untuk Kesehatan Dan Kekebalan Tubuh

Brokoli (Brassica Oleracea var) termasuk dalam tanaman kubis-kubisan, kerabat dekat brokoli adalah sawi putih, sawi daging, sawi hijau, kol rabi, dan sawi hitam.

manfaat khasiat brokoli

Fisik brokoli bisa dibilang hampir mirip dengan kembang kol, perbedannya bisa dilihat dari warna dimana warna brokoli hijau, sedangkan kembang kol berwarna putih.

Berikut jenis - jenis brokoli

  • Brokoli hijau (Italia): merupakan jenis brokoli yang paling sering dijumpai, brokoli mempunyai daun yang besar serta batang yang tebal.
  • Brokoli Romanesco:  yaitu jenis brokoli berwarna hijau kekuningan dengan daun yang menonjol.
  • Brokoli ungu: jenis ini tentunya berwarna ungu dengan daun yang lebih kecil dan biasanya dijual di Spanyol, Italia dan Inggris.

Khasiat 

Ada banyak manfaat khasiat yang dapat kita temukan dalam sayuran hijau ini, nilai gizi brokoli dianggap sebagai pembangkit tenaga seperti:

kalsium
vitamin A
karbohidrat
kromium
protein
vitamin C

  • Brokoli mengandung senyawa Sianohidroksibutena (CHB), sulforafan, dan iberin yang berguna untuk merangsang pembentukan nglutatio, dimana sulforafan ini dapat mencegah penyakit kanker.
  • Brokoli juga mengandung fitokimia dan anti oksidan yang melawanberbagai penyakit dan infeksi.
  • Brokoli dikenal sebagai sumber serat, vitamin C, K, E dan A, serta berbagai mineral penting.

Dengan banyaknya kandungan baik yang ada dalam brokoli, membuaat sayuran ini manfaatkan sebagai salah satu cara untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh manusia dan berkhasiat mempercepat penyembuhan penyakit. Brokoli umumnya dikonsumsi dengan cara diolah kedalam masakan seperti dibuat sayur, sup, atau dikukus, selain itu brokoli dapat diminum dengan cara dibuat juss.
Title : Manfaat Khasiat Brokoli Untuk Kesehatan Dan Kekebalan Tubuh
Description : Brokoli ( Brassica Oleracea var ) termasuk dalam tanaman kubis-kubisan, kerabat dekat brokoli adalah sawi putih, sawi daging, sawi hijau, ko...