Manfaat Khasiat Jambu Monyet Untuk Kesehatan

Jambu monyet dengan nama ilmiahnya (Anacardium occidentale) merupakan tanaman buah yang berasal dari Brazil Tenggara. Pelaut Portugis membawa tanaman ini ke india, lalu tersebar ke daerah tropis dan sub tropis lainya termasuk Indonesia, di Indonesia buah ini tenar dengan sebutan jambu mede.

khasiat jambu monyet / jambu mede

Jambu monyet banyak mengandung senyawa kimia yang bermanfaat sebagai antibakteri dan antiseptic, seperti tanim anacardic acid dan cordol. Selain itu daunnya yang masih muda mengandung vitamin A, C, kalori protein, lemak kalsium, fosfor besi dan air.

Jambu monyet atau jambu mede berkhasiat untuk mengatasi beberapa penyakit, diantaranya:

  • Kencing manis
  • Disentri
  • Radang mulut
  • Pegal linu
  • Susah buang air besar
  • Pegel linu
  • Serangan jantung
  • Mengatasi asma
  • Menyehatkan mata
  • Mengontrol tekanan darah
  • Mengatasi anemia

Berikut manfaat khasiat dan beberapa contoh cara mengolah tanaman jambu monyet atau jambu mede untuk mengatasi beberapa penyakit:

Obat disentri
Cuci bersih 1 genggam daun jambu monyet dan 1 potong kulit batangnya, lalu rebus dengan 1,5 liter air sampai mendidih, saring dan minum air rebusan tersebut sebanyak satu gelas 2x sehari.

Mengatasi pegal linu
Ambil 10 grm daun jambu monyet muda yang telah dicuci bersih dan 7 grm kencur, lalu tumbuk hingga halus, tambahkan 110 ml air hangat. saring dan minum air saringan tersebut sebanyak 1 kali sehari.

Mengatasi diabetes melitus
Ambil 2 potong kulit jambu monyet dan tambahkan adas polawaras secukupnya, rebus secara bersamaan kedua bahan tersebut dengan 2 liter air sampai mendidih. Saring dan ambil airnya, lalu minum dua kali sehari pagi dan sore.

Menurunkan risiko serangan jantung
Vitamin C pada buah jambu monyet mampu menghilangkan aterosklerosis di dalam jantung. Aterosklerosis adalah suatu kondisi dimana arteri jantung menebal sehingga meningkatkan serangan jantung sebab darah menjadi tidak lancar. Mengkonsumsi buah jambu monyet dapat menyehatkan jantung kita.

Mengontrol tekanan darah
Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang berbahaya dan dapat menyebabkan kematian mendadak pada orang yang menderitanya. Mengkonsumsi buah jambu monyet secara rutin mampu mengurangi tekanan darah dan kerusakan jantung serta ginjal.

Mengatasi asma
Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang yang menderita asma biasanya memiliki jumlah vitamin C yang kurang di dalam tubuh mereka. Oleh sebab itu mengkonsumsi buah jambu monyet setiap hari mampu mengurangi sesak napas.

Melawan kanker
Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa vitamin C mampu melawan kanker dalam beberapa tahap. Tidak hanya itu, vitamin C pada buah jambu monyet juga dapat meminimalisir efek kemoterapi seperti mual.

Menyehatkan mata
Vitamin A pada buah jambu monyet berperan dalam pembentukan indra penglihatan bagi manusia. Vitamin ini akan membantu mengkonversi sinyal molekul dari sinar yang diterima oleh retina untuk menjadi suatu proyeksi gambar di otak kita. Senyawa yang berperan utama dalam hal ini adalah retinol. Bersama dengan rodopsin, senyawa retinol akan membentuk kompleks pigmen yang sensitif terhadap cahaya untuk mentransmisikan sinyal cahaya ke otak. Rutin mengkonsumsi jambu monyet akan membantu untuk menyehatkan organ penglihatan.

Menangkal radikal bebas
Pada buah jambu monyet terdapat senyawa beta karoten, salah satu bentuk vitamin A yang merupakan senyawa dengan aktivitas antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Senyawa radikal bebas ini banyak berasal dari reaksi oksidasi didalam tubuh maupun dari polusi dilingkungan yang masuk kedalam tubuh.

Mengatasi anemia
Buah jambu monyet mengandung zat besi yang sangat bermanfaat untuk mencegah anemia. Mengkonsumsi jambu monyet secara rutin mampu untuk mengatasi anemia. Zat besi memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan dan mengangkut electron didalam proses pembentukan energi didalam sel.




                                                    =================

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan tentang manfaat khasiat jambu monyet untuk kesehatan tubuh manusia atau untuk dijadikan obat tradisional.
Title : Manfaat Khasiat Jambu Monyet Untuk Kesehatan
Description : Jambu monyet dengan nama ilmiahnya ( Anacardium occidentale ) merupakan tanaman buah yang berasal dari Brazil Tenggara. Pelaut Portugis memb...