Manfaat Khasiat Bayam Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Bayam (Amaranthus sp) dikenal sebagai salah satu jenis sayuran, tanaman ini sering disebut dengan nama Chinnese Amaranth, dimana sebutan ini sering disebutkan oleh orang - orang yang berada di kawasan Asia Tenggara dan Asia Timur.

manfaat khasiat bayam

Kandungan
Bayam merupakan sayuran yang kaya akan air, zat besi, protein lemak, kallium, karbohidrat, rutin, purin, phitat, serat kasar, serta vitamin A, B dan C.

Khasiat:
  • Bagian tanaman yang digunakan adalah daun dan akar.
  • Mengonsumsi bayam akan sangat baik bagi sistem pencernaan tubuh.menurunkan risiko terkena kanker, dan mengurangi kolestrol.
  • Bayam juga berkhasiat untuk mengatasi haid tidak teratur, mengobati disentri dan kurang darah.
  • Sementara untuk pengobatan, daun bayam dapat digunakan untuk berbagai pengobatan seperti, membersihkan darah sehabis bersalin, mengobati tekanan darah rendah, menyehatkan akar rambut, dan mengatasi gagal ginjal.
  • Sedangkan akarnya dapat digunakan untuk disentri.

Berikut ini beberapa contoh manfaat khasiat bayam untuk dijadikan herbal atau obat tradisional, serta cara mengolahnya:

Untuk mengatasi kurang darah
Siapkan 3 genggam daun bayam merah yang telah dicuci, lalu tumbuk sampai halus, tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis, masukan 1 sendok makan madu dan sebutir telur ayam kampung, aduk sampai rata. Minum setiap hari selama 1 minggu.

Kencing nanah
Siapkan 1 potong akar bayam, dan adas pulawaras secukupnya, lalu rebus dengan 1 liter air sampai mendidih, setelah dingin saring untuk diambil airnya dan minum 2 kali sehari pagi dan sore.

Kencing tidak lancar
Siapkan 1 potong akar bayam, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan hingga tersisa menjadi 1 gelas. Setelah dingin saring dan airnya minum sekaligus.

Gangguan pernapasan dan bronkhitis
Siapkan batang bayam lengkap dengan daun, bunga dan akarnya, lalu tumbuk hingga halus, kemudian direbus dengan 1 liter air. Setelah dingin saring untuk diambil airnya dan minum 2 kali sehari pagi dan sore.

Memproduksi ASI
Siapkan batang bayam lengkap dengan daun, bunga dan akarnya, lalu tumbuk sampai halus. Kemudian oleskan  pada bagian payudara dan diamkan selama 20 menit

Penambah darah
Siapakan 2 genggam daun bayam, lalu tumbuk sampai halus, kemudian tambah 1 gelas air dan diperas lalu disaring untuk di ambil airnya, tambahkan kuning ngan telur ayam kampung dan aduk hingga merata. Diminum dalam waktu 1 mingu sekali

Baik untuk kesehatan mata
Kedua antioksidan lutein dan zeaxanthin yang sangat banyak di bayam dan melindungi mata dari katarak dan usia regenerasi makula terkait.

Mengatasi penyakit kanker
Flavonoid sebuah phytonutrisi dengan sifat anti-kanker berlimpah dalam bayam – telah ditunjukkan untuk memperlambat pembelahan sel dalam perut manusia dan sel-sel kanker kulit. Selain itu, bayam telah menunjukkan perlindungan yang signifikan terhadap terjadinya kanker prostat agresif.

Sebagai antioksidan
Vitamin C, vitamin E, beta-karoten, mangan, seng dan selenium hadir dalam bayam semua berfungsi sebagai antioksidan kuat yang memerangi terjadinya osteoporosis, aterosklerosis dan tekanan darah tinggi.

Menurunkan tekanan darah
Dengan angiotensin menghambat I-converting enzyme, peptida dalam bayam telah terbukti efektif menurunkan tekanan darah.

Baik untuk kekebalan tubuh
Kandungan vitamin A yang dimiliki bayam tidak hanya melindungi dan memperkuat (entry point) kedalam tubuh manusia, seperti membran mukosa, saluran pernapasan, saluran kemih dan usus, tetapi juga merupakan komponen kunci dari limfosit ( atau sel darah putih) yang memerangi infeksi.

Baik untuk daiet
Bayam memiliki serat makanan yang membantu pencernaan, mencegah sembelit dan mempertahankan gula darah rendah.

Baik untuk kesehatan kulit
Jumlah tinggi vitamin A dalam bayam juga mempromosikan kulit yang sehat dengan memungkinkan untuk retensi kelembaban yang tepat di epidermis, sehingga memerangi psoriasis, keratinisasi, jerawat dan bahkan keriput.

Baik untuk tulang
Kandungan vitamin K yang dimiliki bayam dapat mencegah aktivasi kelebihan osteoklas (sel-sel yang memecah tulang), serta mempromosikan sintesis osteocalcin, protein yang sangat penting untuk menjaga kekuatan dan kepadatan tulang kita.

Baik untuk otak dan fungsi nervous
Banyaknya vitamin K dalam bayam memberikan kontribusi besar terhadap sistem saraf yang sehat dan fungsi otak dengan menyediakan bagian penting untuk sintesis sphingolipids, lemak penting yang membentuk selubung myelin disekitar saraf kita.

                                                        ===============

Itulah manfaat bayam serta khasiat bayam, bagi kesehatan dan sebagai obat tradisional untuk penyembuhan penyakit pada tubuh manusia.
Title : Manfaat Khasiat Bayam Untuk Kesehatan Tubuh Manusia
Description : Bayam (Amaranthus sp) dikenal sebagai salah satu jenis sayuran, tanaman ini sering disebut dengan nama Chinnese Amaranth , dimana sebutan i...