Manfaat Daun Sembung Dan Khasiat Daun Sembung

Sembung (Blumea balsamifera), ternyata banyak sekali manfaat khasiatnya untuk kesehatan tubuh manusia. Bagian tanaman yang digunakan adalah Daun dan Akar.

khasiat daun sembung

Tanaman sembung memiliki banyak kandungan, diantaranya: Minyak atsiri, antara lain sineol dan borneol, selain itu juga kamper dan zat samak (tatin). Karena mengandung flavanol, ia juga berkhasiat anti radang, melancarkan peredaran darah, menghambat pertumbuhan kuman, mempermudah pengeluran keringat dan air seni, mengencerkan dahak dan menghangatkan.

Khasiat
Diaforetik, Ekspetoran, Diuretik, Antirematik.
Tanaman ini berkhasiat untuk obat napsu makan, astringen, obat sakit perut, karminatif, obat batuk, bronkitis, dan tonikum, antikoagulan (penggum-palan), mengencerkan darah, mencegah kerapuhan kapiler dan antinyeri.

Berikut ini adalah cara meramu daun dan akar sembung untuk dijadikan herbal atau obat tradisional 

Meningkatkan empedu
Ambil daun sembung 4 helai, direbus sampai mendidih dengan air 110 ml, lalu saring dan di ambil air. Diminum 1 kali sehari sebanyak 100 ml.

Pilek / Plu
Ambil daun sembung 5 helai, daun sembukan 1 genggam, lalu rebus dengan air 110 ml, dibuat infus atau dipipis. Diminum 2 kali sehari sebanyak 100 ml, apabila dipipis diminum
2 kali sehari, tiap kali minum 1/4 cangkia.

Demam
Ambil daun sembung secukupnya, rebus sampai mendidih dengan air 1 panci, basahi handuk kecil dengan ramuan tersebut, kemudian digunakan untuk membasuh badan, muka, kaki,dan tangan.

Obat napsu makan
Ambil 6 helai daun sembung, lalu rebus dengan air sebanyak 2 gelas hingga tersisa menjadi 1 1/2, setelah dingin saring untuk diambil airnya, dan jangan lupa tambahkan sedikit madu untuk menghilangkan rasa pait air tersebut. Minum ramuan ini 2 kali sehari pagi dan sore.

Gatal-gatal
Daun kering sebanyak 9 - 18 g atau daun segar sebanyak 15 - 30 g direbus, lalu diambil airnya untuk diminum. Untuk pemakaian luar, daun segar direbus dan airnya dipakai untuk pengobatan wasir, memar, bisul, radang kulit bernanah dan gatal-gatal pada kulit.

Diare
Daun sembung segar sebanyak 1 genggam dicuci dan dipotong-potong seperlunya, tambahkan 3 gelas air bersih lalu direbus sampai airnya tersisa 1 1/2 gelas. Saring dan tambahkan madu seperlunya, lalu diminum 3 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

Haid tidak teratur dan Perut kembung
Daun sembung segar sebanyak 20g dicuci lalu dipotong-potong seperlunya, rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 3/4, saring dan tambahkan sedikit madu lalu diminum. Sehari 3 kali, masing-masing 3/4 gelas.

Nyeri Haid
Daun sembung segar sebanyak 5 lembar dan 5 biji kedaung yang telah dipanggang dan dihaluskan direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa separonya. Lalu saring untuk diambil airnya, minum sekaligus setelah dingin.

Rematik
Akar sembung 30 g dan daun gandarusa 60 g dicuci dan dipotong-potong seperlunya, rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa menjadi 1 gelas. Setelah dingin saring dan minum 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan tentang manfaat khasiat daun sembung untuk kesehatan tubuh, semoga bisa bermanfaat serta berguna bagi kita semua.