Manfaat Daun Sembung Dan Khasiat Daun Sembung

Sembung (Blumea balsamifera), tanaman ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat khasiat untuk mengatasi kesehatan tubuh manusia dan untuk dijadikan herbal atau obat tradisional alami. Bagian tanaman yang bisa digunakan adalah daun dan akar.

khasiat daun sembung

Tanaman sembung memiliki banyak kandungan, diantaranya: Minyak atsiri, antara lain sineol dan borneol, selain itu juga kamper dan zat samak (tatin). Karena mengandung flavanol, tanaman ini juga berkhasiat sebagai anti radang, melancarkan peredaran darah, menghambat pertumbuhan kuman, mempermudah pengeluran keringat, mempermudah keluarnya air seni, mengencerkan dahak dan menghangatkan tubuh.

Khasiat
Tanaman ini berkhasiat sebagai obat napsu makan, astringen, obat sakit perut, karminatif, obat batuk, bronkitis, dan tonikum, antikoagulan (penggum-palan), mengencerkan darah, mencegah kerapuhan kapiler dan antinyeri.

Berikut ini adalah cara mengolah daun dan akar sembung untuk dijadikan herbal atau obat tradisional:

Meningkatkan empedu
Ambil daun sembung 4 helai, direbus sampai mendidih dengan air 110 ml, lalu saring dan ambil airnya. Diminum 1 kali sehari sebanyak 100 ml.

Mengatasi pilek dan plu
Ambil daun sembung 5 helai, daun sembukan 1 genggam, lalu rebus dengan air 110 ml, dibuat infus atau dipipis. Diminum 2 kali sehari sebanyak 100 ml, apabila dipipis diminum 2 kali sehari, tiap kali minum 1/4 cangkir.

Mengatasi demam
Ambil daun sembung secukupnya, rebus sampai mendidih dengan air 1 panci, kemudian balurkan pada bagian seluruh badan dengan menggunakan handuk kecil.

Obat napsu makan
Ambil 6 helai daun sembung, lalu rebus dengan air sebanyak 2 gelas hingga tersisa menjadi 1 1/2, setelah dingin saring untuk diambil airnya, dan jangan lupa tambahkan sedikit madu untuk menghilangkan rasa pait air tersebut. Diminum 2 kali sehari pagi dan sore.

Obat gatal-gatal
Daun kering sebanyak 9 - 18 grm atau daun segar sebanyak 15 - 30 grm direbus, lalu diambil airnya untuk diminum. Untuk pemakaian luar, daun segar direbus dan airnya dipakai untuk pengobatan wasir, memar, bisul, radang kulit bernanah dan gatal-gatal pada kulit.

Mengatasi diare
Daun sembung segar sebanyak 1 genggam dicuci dan dipotong-potong seperlunya, tambahkan 3 gelas air bersih lalu direbus sampai airnya tersisa 1 1/2 gelas. Saring dan tambahkan madu seperlunya, lalu diminum 3 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

Haid tidak teratur dan Perut kembung
Daun sembung segar sebanyak 20grm dicuci lalu dipotong-potong seperlunya, rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 3/4, saring dan tambahkan sedikit madu lalu diminum. Sehari 3 kali, masing-masing 3/4 gelas.

Mengatasi nyeri haid
Daun sembung segar sebanyak 5 lembar dan 5 biji kedaung yang telah dipanggang dan dihaluskan direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa separonya. Lalu saring untuk diambil airnya, minum sekaligus setelah dingin.

Obat rematik
Akar sembung 30grm dan daun gandarusa 60grm dicuci dan dipotong-potong seperlunya, rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa menjadi 1 gelas. Setelah dingin saring dan minum 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

                                                                 ==============

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan tentang manfaat khasiat daun sembung untuk kesehatan tubuh manusia, semoga bisa bermanfaat serta berguna bagi kita semua.

Title : Manfaat Daun Sembung Dan Khasiat Daun Sembung
Description : Sembung ( Blumea balsamifera ), tanaman ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat khasiat untuk mengatasi kesehatan tubuh manusia dan untu...