Cara Mengatasi Amandel Dengan Herbal Alami

Amandel (palatine tonsil), yaitu bagian dari sistem kelenjar getah bening yang berada pada sisi kiri dan sisi kanan bagian belakang rongga mulut. Amandel merupakan bagian dari sistem kekebalan yang menjaga tubuh manusia dari infeksi, khususnya infeksi saluran napas atas dan faring.

cara mengatasi amandel

Penyakit amandel atau tonsilitis bisa menyerang siapa saja, baik anak - anak maupun orang dewasa. Peradangan pada amandel disebut sebagai tonsilitis, infeksi parah pada amandel dapat mengakibatkan amandel membengkak hingga harus dioperasi untuk mengambilnya, namun diambilnya amandel dapat mengakibatkan melemahnya sistem kekebalan tubuh.

Berikut ini adalah gejala bagi orang yang akan terserang penyakit amandel:

  • Penderita radang amandel atau tonsilitis akan merasakan nyeri pada tenggorokan ketika menelan makanan, rasa sakit juga dirasakan oleh gendang telinga karena kedua organ dalam ini memiliki sistem saraf yang menyatu alias sama.
  • Penyakit amandel banyak diderita oleh anak - anak, mereka jarang mengeluh sakit ketika menelan makanan, tetapi mereka lebih memilih untuk tidak mau makan untuk menghindari gejala amandel yang cukup menyiksa tersebut.
  • Gejala lain dari radang amandel adalah demam, kurang enak badan, sakit kepala, dan mual yang terkadang disertai muntah.

Berikut ini adalah cara mengatasi penyakit amandel dengan cara alami atau dengan cara menggunakan obat tradisional:

Perbanyak Konsumsi Vitamin C
Kita tahu bahwa vitamin C selain berfungsi untuk menceraahkan kulit juga berfungsi untuk memperbaharui sel - sel tubuh yang rusak. Dengan memperbanyak konsumsi vitamin C daya tahan tubuh akan semakin baik dan akan cepat sembuh dari sakit.

Kapulaga
Ambil 5 butir buah kapulaga dan rebus buah kapulaga dengan 3 gelas air, tunggu sampai mendidih, Jika sudah mendidih, angkat buahnya dan makan jika sudah dingin.

Perbanyak Minum Air Putih
Perbanyaklah minum air putih dalam sehari minimal harus minum 22 liter air putih, jika dalam kondisi yang sakit harus minum lebih banyak, agar racun yang berada didalam tubuh cepat keluar bersama dengan urine saat buang air kecil.

Daun Benalu
Ambilah beberapa lembar daun benalu yang tumbuh dipohon jeruk nipis dan ditambah adas pulo waras secukupnya, kemudian kedua bahan tersebut ditumbuk sampai halus, lalu tambahkan sedikit air adauk dan saring untuk dambil airnya. Kemudian seduh dengan air panas dan minum.

Kulit Buah Manggis
Siapkan 15 kulit manggis kering, lalu rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih, setelah dingin teteskanlah beberapa tetes minyak permen kedalamnya dan aduk hingga rata. Gunakan untuk berkumur saja, jadi awas jangan sampai tertelan airnya. Lakukan cara ini 3 kali sehari, yaitu pagi siang dan sore.

Mengkudu
Siapkan 2 buah mengkudu yang sudah matang dan madu murni secukupnya. Cara membuatnya adalah: Buah mengkudu yang sudah matang dicuci bersih lalu ditumbuk dan disaring untuk di ambil airnya, campurkan air perasan tersebut dengan sedikit air hangat, dan campurkan dengan 1 sendok madu, lalu aduk sampai merata. Sebelum meminumnya lakukan berkumur terlebih dahulu, lalu diminum dan lakukan cara ini 3 kali sehari.

Jeruk Nipis
Siapkan 3 buah jeruk nipis dan air kapur sirih secukupnya. Cara membuatnya adalah: Jeruk nipis diperas dan diambil airnya lalu campur dengan sedikit air kapur sirih, dan aduk sampai merata. Minum menjelang tidur lakukan 1 kali sehari selama 3 malam berturut – turut.

Jarong Kering
Sediakan 15 gram tanaman jarong kering, lalu rebus dengan 3 gelas air, dan biarkan sampai airnya tersisa menjadi 1 gelas. Setelah dingin saring dan minum airnya 1 kali sehari sebanyak 1 gelas.

                                                            ==============

Ketika penyakit amandel lagi kambuh diusakan jangan dulu memakan - makanan yang berminyak seperti gorengan, agar dapat mempercepat penyembuhan atau pengempesan amandel . Jangan pula menelan makanan yang keras - keras, dan lebih baik memakan - makanan yang lunak - lunak seperti bubur, karena bubur lebih mudah untuk ditelan dibanding nasi biasa.
Title : Cara Mengatasi Amandel Dengan Herbal Alami
Description : Amandel ( palatine tonsil ), yaitu bagian dari sistem kelenjar getah bening yang berada pada sisi kiri dan sisi kanan bagian belakang rongga...