Cara Mengatasi Atau Mengobati Penyakit Tipes

Tipes atau thyfus merupakan salah satu penyakit yang terjadi karena adanya peradangan pada usus, penyakit ini biasanya mudah menular. Penyakit tipes disebabkan karena bakteri Salmonella, gejala dan tanda - tanda penyakit tipes biasanya diawali dengan demam tinggi dan jika setelah satu minggu atau lebih, biasanya akan muncul panas dingin, kemudian disertai dengan sakit kepada atau pusing dan sakit pada otot - otot dada.

cara mengobati penyakit tipes

Tipes adalah penyakit infeksi bakteri pada usus halus dan terkadang pada aliran darah yang disebabkan oleh kuman Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi A, B dan C, selain ini dapat juga menyebabkan gastroenteritis (keracunan makanan), Kuman tersebut masuk melalui saluran pencernaan, setelah berkembang biak kemudian menembus dinding usus menuju saluran limfa dan masuk ke dalam pembuluh darah dalam waktu 24-72 jam.

Berikut ini gejala - gejala yang akan menimbulkan penyakit tipes

  • Otot terasa nyeri
  • Timbul gejala lemah, sakit kepala, infeksi tenggorokan, rasa tidak enak di perut, sembelit atau terkadang sulit buang air besar, dan diare.
  • Penderita bertambah sakit dan kesadaran mulai menurun.
  • Selama demam tinggi penderita biasanya sering mengigau, dan ingatannya menurun atau tidak dapat berfikir secara jelas.
  • Hilangnya nafsu makan, sehingga menyebabkan badan terasa lemas dan berat badan berkurang.
  • Sakit kepala yang hebat, menggigil dan keluar keringat dingin.
  • Mual, muntah-muntah, dan perut terasa sakit.
  • Batuk dan perdangan pada cabang tenggorokan.
  • Timbul beberapa bercak kecil berwarna merah dadu di daerah dada dan perut.

Berikut ini cara mengatasi atau mengobati penyakit tifus dengan mengunakan herbal alami serta cara mengolahnya:

Daun keji beling
Siapkan 15 lembar daun keji beling, lalu rebus dengan air sebanyak 2 1/2 liter hingga mendidih selama 20 menit. Setelah dingin saring untuk di ambil airnya, konsumsi 2 kali dalam sehari sebanyak 1 gelas, dan lakukan sampai penyakit tifus benar – benar sembuh.

Daun sambiloto
Siapkan 10 lembar daun sambiloto, 15 gram temulawak, dan siapkan jinten hitam. Cuci daun sambiloto dan temulawak hingga bersih kemudian iris hingga menjadi kecil - kecil, lalu rebus hingga mendidih, dinginkan dan minum air tersebut 2 kali sehari sampai penyakit tipus semakin membaik.

Timun
Siapkan 3 buah timun segar cuci hingga bersih kemudian parut timun yang sudah tersedia dan peras. Minum air perasan timun tersebut setiap pagi dan sore hari selama satu minggu, dan lihat hasil perubahannya setelah mengkonsumsi parutan timun.

Kunyit
Siapkan 3 rimpang kunyit segar, 2 lembar daun sambiloto dan 1 bonggol serai. Cara yang harus dilakukan adalah, tumbuk halus semua bahan yang telah disediakan, kemudian seduh dengan air hangat, saring dan minum selama satu minggu berturu - turut.

Pepaya
Siapkan pepaya yang masih muda atau setengan muda kemudian cuci bersih, lalu kupas. Setelah terkupas bersih, parut hingga halus pepaya tersebut, kemudian tambahkan air hangat, lalu aduk dan peras. Minum air parutan pepaya tersebut 2 hari sekali dan minum hingga penyakit tipus benar - benar sembuh.

Cacing
Siapkan 5 ekor cacing tanah kemudin bersihkan dengan cara membelah cacing tersebut dan membuang tanah yang ada didalamnya, bilas hingga beberapa kali untuk menghasilkan hasil yang bersih. Kemudian tumbuk cacing tersebut hingga halus dan tambahkan 1/2 gelas air hangat, lalu aduk dan saring untuk diambil airnya, tambahkan sedikit madu dan minum sekaligus. Lakukan 3 kali dalam 1 minggu.

                                                             =============

Penyakit tipes dapat ditularkan melalui makanan dan minuman yang tercemar dengan kuman Tipes, (Salmonella typhosa), kotoran, atau air kencing dari penderita Tipes. Untuk itu kita dituntut agar selalu menjaga kebersihan baik itu lingkungan atau makan yang kita makan. Mengobati penyakit tipes secara alami akan lebih mudah dan lebih manjur dibanding menggunakan obat - obatan yang mengandung bahan kimia yang justru akan mengganggu organisme lain didalam tubuh. Tetapi kalau menggunakan obat-obatan herbal tidak memiliki efek samping yang buruk untuk kesehatan namun justru akan membuat tubuh semakin fresh dan segar.
Title : Cara Mengatasi Atau Mengobati Penyakit Tipes
Description : Tipes atau thyfus merupakan salah satu penyakit yang terjadi karena adanya peradangan pada usus, penyakit ini biasanya mudah menular. Penyak...