Cara Pencegahan HIV AIDS Harus Menjadi Prioritas Utama

HIV (Human Immunodeficiency virus), bisa menyebar atau menular kepada orang lain, melalui hubungan suami istri, pemakian jarum suntik bekas orang yang terinfeksi HIV, mendapatkan transfusi darah yang tercemar oleh virus HIV AIDS Penularan secara tidak langsung dari virus HIV adalah dari seorang ibu ke anaknya, melalui air susu ibu atau seorang ibu hamil yang terinfeksi virus HIV AIDS.

cara mencegah penyakit HIV AIDS

Mencegah lebih baik dari pada mengobati, memang sangat tepat saat membicarakan masalah AIDS sebab sampai saat ini belum juga ditemukan cara perawatan, vaksin, maupun obat-obatan yang dapat menghilangkan HIV dari dalam tubuh manusia. Oleh karenanya, mencegah penularan HIV merupakan cara yang paling efektif untuk menghindari AIDS.

Berikut adalah beberapa penjelasan tahap perkembangan HIV menjadi penyakit AIDS ketika menyerang tubuh manusia:

  • HIV dapat masuk ke dalam tubuh melalui berbagai cara yaitu hubungan seksual, penggunaan narkoba suntik dan ibu yang HIV positif ke anaknya
  • HIV mulai menyerang bagian dari sel darah putih yang disebut T sel. Target utamanya adalah salah satu jenis T sel yang disebut CD4+. T sel adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh yang bertugas untuk mengkoordinasikan pertahanan tubuh terhadap bakteri dan virus. Pertama kali masuk, HIV akan mendapat serangan sekuat tenaga dari sistem kekebalan tubuh sehingga banyak dari HIV yang mati. Inilah yang menyebabkan terjadinya " window period" yaitu bila orang tersebut di tes HIV maka hasilnya akan negatif karena HIV belum terdeteksi namun orang ini sudah dapat menularkan HIV.
  • HIV akan memperbanyak dirinya dalam organ dan jaringan tubuh yang bertugas untuk memproduksi, menyimpan dan membawa sel darah putih. Pada saat ini, virus HIV belum masuk ke dalam aliran darah. Setelah virus HIV semakin banyak maka HIV dalam jumlah banyak akan memasuki aliran darah.
  • HIV+ akan menjadi AIDS bila HIV terus menerus menyerang sistem kekebalan tubuh hingga sistem tersebut rusak. Ketika sistem kekebalan tubuh dirusak, CD4+ juga dirusak dan mati, maka orang akan kekurangan CD4+ yang sehat. Tanpa CD4+, tubuh akan sangat rentan terhadap masuknya infeksi oportunistik, Infeksi oportunistik adalah infeksi yang tidak dapat menyebabkan penyakit pada orang yang sehat, seperti Pneumocystic Carinii Pneumonia (PCP), Diare hebat, dan lain lain.

Berikut ini beberapa gejala atau ciri ciri orang terkena penyakit HIV AIDS

  • Demam berkepanjangan 
  • Penurunan berat badan berketerusan
  • Diare kronis yang berketerusan
  • Timbul bintik-bintik merah agak kebiru-biruan di sebagian tubuh

Program pencegahan penularan dan penyebaran HIV lebih dipusatkan pada pendidikan masyarakat mengenai cara-cara penularan HIV. Dengan demikian, masyarakat (terutama kelompok perilaku resiko tinggi) dapat mengubah kebiasaan hidup mereka sehingga tidak mudah terjangkit HIV. Dan upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk menghindari HIV/AIDS adalah sebagai berikut:

Cara mencegah penyakit HIV AIDS

  • Hidari jarum suntik bekas
  • Hindari berhubungan intim dengan orang lain kecuali istri sendiri
  • Hindari memakai narkoba
  • Hindari memakai pakaian orang yang terkena HIV AIDS
  • Hindari transfusi darah tanpa pengecekan dokter

Solusi atau saran,,,,!!!
Bagi orang yang terkena penyakit HIV AID dilarang hamil atau mempumyai keturunan, ini demi menjaga tejadinya penularan penyakit HIP AIDS terhadap anak tersebut, dikarnakan penyakit HIP AIDS dapat mengakibatkan atau mempercepat kematian.

                                                      ===================

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan tentang cara pencegahan penyakit HIV AIDS , semoga bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa lihat juga tips kesehatan dan tips kecantikan di halaman awal atau beranda
Title : Cara Pencegahan HIV AIDS Harus Menjadi Prioritas Utama
Description : HIV ( Human Immunodeficiency virus ), bisa menyebar atau menular kepada orang lain, melalui hubungan suami istri, pemakian jarum suntik beka...