Manfaat Khasiat Buah Salak Dan Daun Salak

Salak adalah tanaman tropis yang memiliki nama ilmiah (Salacca Edulis) yang hanya tumbuh didaerah tropis, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailan, dan banyak diminati oleh masyarakat Eropa dan Amerika. Disamping rasanya yang asam manis dan bercampur sepet, ternyata buah ini mempunyai banyak sekali manfaat khasiat bagi kesehatan tubuh manusia, karena buah salak mengandung serat tinggi yang mampuh mengatasi beberapa penyakit.

manfaat khasiat salak

Kandungan gizi dari buah salak adalah karena adanya kalori, karbohidrat, protein, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B, dan air. Di dalam satu buah salak terdapat kalsium 28 mg, fosfor 18 mg, dan zat besi 4,2 mcg. Dari kandungan-kandungan yang ada, maka salak sangat berperan sebagai sumber penyedia serat dan mineral di dalam tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat khasiat salak untuk kesehatan tubuh manusia:

Mencegah sembelit
Serat dalam kulit ari buah salak cukup tinggi, dan itu justru akan memperbaiki masalah pencernaan yang berhubungan dengan susah BAB. Jadi sebaiknya salak jangan dibuang kulit arinya ketika dimakan. Tanin dalam buah salak juga bermanfaat untuk mengatasi masalah lain pencernaan, yaitu masalah diare.

Obat mencret atau diare
Jika anda sering mengalami gangguan masalah seputar perut, mencret misalnya anda bisa manfaatkan buah salak sebagai obat dengan mengkonsumsi sebanyak 20 gram daging buah salak yang masih muda.

Sebagai obat mata
Berdasarkan penelitian para ahli dibidang kesehatan, ternyata buah salak mengandung betakaroten yang tentu sangat bagus buat kesehatan mata. Betakaroten adalah salah satu zat anti oksidan yang banyak terdapat dalam sayuran seperti wortel. Buah salak juga sangat baik untuk kesehatan kuku dan kulit.

Meningkatkan kinerja otak
Buah salak telah diklaim dapat meningkatkan kinerja otak, yang telah diungkapkan oleh hasil penelitian. Efek tersebut dikaitkan oleh para ahli akan kandungan kalium dan pektin dalam buah salak. Kalium adalah senyawa yang bermanfaat untuk sistem saraf otonom (SSO), yaitu yang merupakan pengendali detak jantung, meningkatkan fungsi otak, dan proses fisiologi tubuh yang penting lainnya.

Mencegah kanker prostat
Menurut hasi peneliti, diketahui bahwa pektin dalam buah salak ternyata juga memiliki potensi mencegah dan mengobati kanker prostat. Cara kerja pektin untuk pencegahan prostat adalah dengan cara menghambat reproduksi sel kanker, serta menurunkan risiko terjadinya apoptosis, yaitu sel yang memprogram kematiannya sendiri.

Membantu diet menurunkan berat badan
Serat dikenal sebagai zat yang baik untuk melancarkan pencernaan, selain itu juga membantu membuat merasa kenyang lebih lama, dikarenakan kandungan serat pada buah salak cukup tinggi, dan juga mampuh mencegah untuk makan dalam porsi yang besar. Jadi jika sedang dalam rangka melaksanakan program diet atau menurunkan berat badan, salak juga akan sangat membantu.

Manfaat dan khasiat daun salak untuk mengobati ambeien
Ambil 5 lembar daun salak, lalu rebus daun salak tersebut dengan 2 gelas air berukuran sedang, campurkan air rebusan daun salak dengan gula merah. Saring air rebusan tersebut, diminum minimal 2 kali sehari.

Manfaat dan khasiat kulit salak dapat digunakan untuk pengobatan dan meredakan diabetes kering dan juga menjaga kestabilan tekanan darah dalam tubuh
Kupas l kulit buah salak secukupnya, cuci kulit salk dengan air hingga bersih, masukkan kulit buah salak ke dalam panci berisi air, lalu rebus hingga mendidih, saring air rebusan dan kemudian dinginkan lalu diminum, diminum minimal 3 kali sehari, lakukan cara ini secara rutin selama 2 minggu.

                                                        ====================

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan tentang manfaat buah salak serta khasiat daun salak, untuk menjaga kesehatan tubuh manusia, semoga bermanfaat dan berguna bagi kita semua.

WARNING:
Bagaimana dengan ibu hamil, bolehkah ibu hamil mengkonsumsi buah salak..... ???
Jawabanya “Boleh” asalkan tidak berlebihan, bagi ibu hamil yang mau memakan buah salak disarankan disertai kulit arinya, jadi jangan memakan salak dengan membuang kulit arinya.

Title : Manfaat Khasiat Buah Salak Dan Daun Salak
Description : Salak adalah tanaman tropis yang memiliki nama ilmiah ( Salacca Edulis ) yang hanya tumbuh didaerah tropis, yaitu Indonesia, Malaysia, Thai...