Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil Dan Untuk Kesehatan

Buah semangka yang memiliki dua warna yaitu kuning dan merah, berpungsi sebagai diuretik dan pelindung dari serangan radikal bebas yang merusak tubuh. Buah semangka memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan sangat baik bagi Ibuhamil, tetapi bukan hanya itu saja manfaat khasiat yang dimiliki buah semangka. Ternyata buah semangka juga sangat baik juga untuk kesehatan dan kulit.

khasiat buah semangka untuk ibu hamil

Buah semangka mengandung protein, rendah kalori, air, karbohidrat, lemak, serat, abu, Vitamin (A, B, C), asam amino, sirulin, asam aminoasetat, asam malat, asam fosfat, arginin, betain, likopen, karoten, bromine, natrium, kalium, silvit, lisin, fruktosa, dekstrosa, dan sukrosa.

Kandungan sebanyak itu tentunya memiliki banyak manfaat dan khasiat, berikut adalah manfaat khhasiat buah semangka serta cara mengolahnya:
    menghaluskan kulit dan menghilangkan flek hitam
    Jemur kulit semangka secukupnya sampai kering, lalu digiling menjadi serbuk, masukkan 3 sendok serbuh semangka ke dalam jus lidah buaya atau satu buah mentimun.. kemudian aduk rata, gunakan sebagai masker.

    Obat kencing manis
    Potong kulit buah semangka dan jambu biji yang masih mengkal, lalau rebus dengan 3 gelas air samapi tersisa segelas dan minum setelah dingin.

    Mengeluarkan cacing usus
    Rebus dengan api kecil biji semangka segar ( 6 sendok makan) dengan 1 liter air selama 45 menit, setelah dingin di saring dan diminum sehari tiga kali.

    Obat infeksi kandung kemih
    Biji semangka direbus (2 sendok makan) dengan 3 gelas air samapi mendidih, selama 5 menit di dalam panci tertutup. Biarkan sampi dingin, lalu minum 3-4 kali sehari, masing-masing 1 sendok makan.

    Mengatasi tekanan darah tinggi
    Sehari minum 2 gelas jus buh semangka atau bisa tanpa di jus
    Obat Sariawan: Saat mengupas buah semangka, sebaiknya bagian hijau dari semangka jangan di buang. bagian hijau dari buah semangka bisa mengobati sariawan.

    Mengatasi hipertensi dan Anemia
    Kandungan air dan kalium yang tinggi dapat menetralisasi tekanan darah. Pemanfaatanya dengan memakan buah semangka secara langsung.

    Membersihkan ginjal
    Kandungan semangka akan meningkatkan pengeluaran urine.
    Penurunan demam dan bau nafas: Memakan 500-1000g buah semangka dapat menurunkan demam.

    Anti radikal bebas
    Kandungan Likopen dalam semangka dapat mengkal radikal bebas.
    Membuat wajah cerah dan halus: Kandungan likopen dalam semangka dapat membuat wajah tampak bercahaya, tampak segar dan lebih muda.

    Anti kanker
    Kanker merupakan penyakit yang mematikan. Kandungan likopen dalam buah semangka dapat menumpas bibit kanker.

    Membantu daya ingat
    Semangka dapat meningkatkan kemampuan mental dan ketajaman daya ingat. konsumsilah semangka 1/4 potong seharinya.

    Mengatasi rambut rontok
    Kulit semangka yang digosokkan ke kulit kepala mampu mencegah kerontokan rambut, sebaiknya dilakukan sore hari.
    Mengobati kulit gatal karena tanaman beracun: Caranya dengan menggosokkamaan tubuh yang gatal dan kemerahan dengan menggunakan buah atau kulit semangka.

    Mengobati kudis, jerawat, dan biang keringat
    Kulit semangka yang sudah direbus, dipakai untuk mencuci muka yang berjerawat, kulit yangberkudis ataupun biang keringat.

    Obat busung lapar
    Biji semangka dijemur samapi kering, lalu digiling menjadi serbuk, ambil serbuk sebanyak satu sendok makan, lalu seduh dengan tiga perempat cangkir panas. setelah hangat tambah satu sendok madu. aduk secara merata terus minum.

    Mengatasi pusing saat terkenan panas matahari
    Dengan meminum jus semaangka sebanyak 1-2 cangkir.

                                                     =======================

    Cara membuat jus semangka:
    Ambil kupasan buah semangka sebanyak 200gr, jangan lupa dibuang bijinya, masukan kedalam blender dan tambahkan air sebanyak 50cc. Blander smpai halus hingga menjadi jus, minum jus ini secara teratur sehari 3 kali dalam 1 gelas.

    Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan, tentang manfaat buah semangka serta khasiat buah semangka semoga bermanfaat bagi kita semua. Jadi untuk para ibu hamil yang ingin sehat sekaligus segar bugar, konsumsilah buah semangka setiap hari.
    Title : Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil Dan Untuk Kesehatan
    Description : Buah semangka yang memiliki dua warna yaitu kuning dan merah, berpungsi sebagai diuretik dan pelindung dari serangan radikal bebas yang meru...