Manfaat Khasiat Buah Pinang Untuk Kesehatan

Di Indonesia buah pinang dianggap sebagai salah satu buah yang sering dijadikan pelengkap pada upacara adat, sementara diluar negeri buah pinang sering dijadikan sebagai makanan nikmat seperti cemilan dan dijadikan sebagai permen.

Buah yang masih muda biasanya berwarna hijau, sedangkan yang sudah matang berwarna merah kekuning - kuningan, kulitnya memiliki serabut yang halus. Sudah sejak dulu buah pinang sering digunakan oleh orang tua dengan mengunyahnya, sehingga meskipun sudah berusia lanjut mereka masih memiliki gigi yang kuat, itu membuktikan bahwa buah pinang memiliki manfaat dan khasiat.

manfaat khasiat buah pinang

Buah pinang juga memiliki manfaat khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia, dan mampuh mengobati penyakit seperti: 

  1. disentri
  2. diare
  3. asma
  4. mimisan
  5. difteri
  6. kudis
  7. cacingan
  8. telinga bernanah
  9. menguatkan gigi dan gusi
  10. mengobati luka kulit
  11. menghentikan pendarahan pada wanita

Berikut beberapa contoh manfaaat khasiat buah pinang untuk mengatasi beberapa penyakit dan dijadikan sebagai obat tradisional serta cara mengolahnya:

Mengobati luka
Luka yang dapat diobati dengan buah pinang yaitu seperti luka jatuh dan luka akibat terkena pisau. Caranya cukup dengan menumbuk daging buah pinang yang masih muda hingga halus, kemudian oleskan kebagian luka.

Baik untuk wanita setelah selahirkan
Buah pinang akan baik bila dikonsumsi oleh ibu yang sudah melahirkan, cara mengolahnya pun cukup mudah. Dengan merebus buah pinang muda secukupnya, kemudian saring untuk diambil airnya saja, setelah dingin minum dengan cara teratur, yaitu sebanyak 1 gelas dalam sehari.

Menyembuhkan rabun
Buah pinang dipercaya mampu mengobati penyakit rabun mata. Caranya hanya cukup dengan mengonsumsi buah pinang muda dengan cara teratur

Meningkatkan nafsu makan
Dengan merebus daun pinang secukupnya kemudian saring untuk diambil airnya dan minum secara teratur 1 kali sehari sebanyak 1 gelas.

Obat cacingan
Siapkan seperempat potong buah pinang, setengah jari rimpang temulawak, dan setengah jari rimpang kunyit. Semua bahan tersebut direbus kemudian disaring. Minum air hasil saringan tersebut untuk mengatasi cacingan.

Obat kudis
Parut satu biji buah pinang, campur dengan seperempat sendok teh kapur sirih dan air secukupnya, kemudian oleskan dibagian yang terasa sakit.

Mengobati sakit guusi dan gigi
Ketika gusi bengkak dan gigi terasa sakit memang sangat menyiksa bagi penderitanya, namun jangan khawatir karena hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan buah pinang muda. Ketika gusi bengkak dan gigi terasa sakit, anda jangan khawatir karena dengan cara mengunyah buah pinang muda, maka rasa sakit dan bengkak digusi akan cepat sembuh

                                                 ========================

Bagaimana bila  dijadikan jus.....???

Jus buah pinang muda tergolong minuman yang memiliki manfaat khasiat, untuk kesehatan, rasa buahnya yang pahit tentu tidak semua orang mampu memakannya. Tetapi jika dijadikan jus serta dicampurkan susu dan madu secukupnya rasanya juga menjadi manis seperti halnya kita meminum jus buah lainnya.
Title : Manfaat Khasiat Buah Pinang Untuk Kesehatan
Description : Di Indonesia buah pinang dianggap sebagai salah satu buah yang sering dijadikan pelengkap pada upacara adat, sementara diluar negeri buah pi...