Manfaat Khasiat Tanaman Adem Ati Untuk Kesehatan

Tanaman Adem Ati yang nama ilmiahya (Litsea glutinosa), hidup di hutan sekunder pada ketinggian rendah dan menengah di Asia Tenggara. Juga menyebar ke India, Cina bagian selatan dan sampai kesebelah utara Australia, melalui Malayasia dan Indonesia.

khasiat tanamam adem ati

Manfaat khasiat yang diperoleh dari tanaman adem ati yaitu: Daun, akar, dan kulit kayu nya.
Kandungan yang terdapat pada tanaman adem ati adalah minyak astiri, alkaloid (golongan penantrena dan aporpina), tanin, polifenol dan flavonoida.

Berikut adalah manfaat khasiat yang ada pada tanaman adem ati untuk dijadikan herbal atu obat tradisional.

Manfaat khasiat akar adem ati dapat mengobati :
Radang usus                                      
Kencing manis
Radang kulit                           
Mencret

Manfaat khasiat kulit kayu dan daun tanaman adem ati dapat mengobati :
Luka berdarah                                    
Radang payudara
Kulit bernanah                                    
Bisul

Beriku adalah cara mengolah tanaman adem ati untuk mengatasi beberapa penyakit:

Untuk Kencing Manis
Untuk meredakan kencing manis, siapkan akar adem ati sebanyak 5 gram, daun salam segar sebanyak 4 lembar , dan air 250 ml, lalu rebus hingga tersisa airnya menjadi 200 ml. Setelah dingin saring dan minum 2 kali sehari, pagi dan sore, setiap minum 100 ml.

Untuk Mencret dan Radang Usus
Akar adem ati 6 gram, kunyit segar 6 gram, air 110 ml, lalu rebus hingga airnya tersisa menjadi 100ml. Miminum 1 kali sehari sebanyak 100 ml, lama pengobatan diulang selama 3 hari untuk mengatasi (Mencret).  Sedangkan untuk mengatasi (Radang usus) lakukan selama 15 hari. Bila tidak menunjukkan ciri gejala penyembuhan, dianjurkan untuk menghubungi dokter.

Untuk Radang Kulit Bernanah, Radang Payudara, Luka, dan Bisul
Kulit kayu atau daun segar adem ati secukupnya, daun sambilata secukupnya, dan air secukupnya, lalu dipipis hingga berbentuk pasta.Balurkan pasta pada bagian kulit yang sakit hingga merata, sebelum dibaluri dengan pasta tersebut, sebaiknya bagian yang sakit dibersihkan dengan air hangat terlebih dahulu untuk medapatkan hasil yang sempur.  Perbaharui pasta setiap 3 jam sekali secara berturut - turut.

                                                             ================

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan tentang manfaat tanaman adem ati serta khasiat tanaman adem ati untuk kesehatan tubuh manusia. Lihat juga manfaat khasiat daun dewa.

Title : Manfaat Khasiat Tanaman Adem Ati Untuk Kesehatan
Description : Tanaman Adem Ati yang nama ilmiahya ( Litsea glutinosa ), hidup di hutan sekunder pada ketinggian rendah dan menengah di Asia Tenggara. Juga...