Manfaat Khasiat Tanaman Ciplukan Bagi Kesehatan Tubuh

Ciplukan (Physalis angulata), adalah tanaman herbal semusim yang kaya akan manfaat serta khasiat. Tanaman ini tumbuh dengan baik di kawasan tropis seperti, Amerika, Pasifik, Australia, dan Asia. Di Indonesia tanaman ini dikenal dengan berbagai nama daerah seperti: ciplukan (Jawa), cecendet (Sunda), angket (Bali), leletep (Sumatra).

manfaat khasiat ciplukan

Kandungan kimia alami yang dimilikk tanaman ciplukan diantaranya adalah:
    Daun dan tunas mengandung: Saponin, flaponoid, dan chlorogenik acid.
    Buah Mengandung: Asam sirtun, fisalin, whitangulatin A, tannin, kriptoxantin, dan gula.
    Batang mengandung: Chlorogenik acid
    Biji mengandung: Asam palmitat, dan stearat

    Berikut adalah beberapa penyakit yang bisa diatasi dengan tanaman ciplukan serta cara mengolahnya:

    Diabetes militus
    Sediakan satu batang ciplukan beserta akar-akar nya dan sudah dibersihkan, rebus hingga mendidih dengan air sebanyak tiga gelas dan hingga tersisa menjadi satu gelas. Saring dan minum air rebusan tersebut sebanyak satu hari sekali.

    Sakit paru-paru
    Akar, batang, bunga, dan buah dibersihkan secukupnya, kemudian rebus dengan air sebanyak 3-5 gelas hinga mendidih. Setelah dingin saring dan minum air rebusan tersebut tiga kali sehari masing-masing sebanyak satu gelas.

    Ayan
    8-10 buah ciplukan yang sudah matang dikonsumsi setiap hari secara rutin

    Borok
    Sediakan satu genggam daun ciplukan, campurkan dua sendok air kapur sirih, lalu tumbuk hingga halus. Tempelkan olahan tersebut pada bagian yang sakit atau borok.

                                                               ==================

    Mungkin hanya itu yang bisa saya sampikan tentang manfaat tanaman ciplukan dan khasiat tanaman ciplukan, semoga berguna serta bermanfaat bagi kita semua.

    Title : Manfaat Khasiat Tanaman Ciplukan Bagi Kesehatan Tubuh
    Description : Ciplukan ( Physalis angulata ), adalah tanaman herbal semusim yang kaya akan manfaat serta khasiat. Tanaman ini tumbuh dengan baik di kawas...