Manfaat Khasiat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Atau Obat

Belimbing wuluh atau belimbing asam (Averrhoa bilimbi), termasuk kedalam suku atau family Oxcalidaceae. Tanaman ini dikenal memiliki berbagai nama disetiap daerah, misalnya: Calincing (sunda), blimbing wuluh (Jawa), basom belimbing atau balimbingan (Batak), blimbing buluh (Bali), dan balimbieng (Minangkabau).

khasiat belimbing wuluh

Ada berbagai kandungan kimia yang hadir dalam tumbuhan ini seperti saponin, tanin, glukosid, kalsium oksalat, sulfur, asam format, peroksida, alkaloida, dan kalium sitrat.

Belimbing wuluh sering dimanfaatkan sebagai salah satu bumbu masakan dan ternyata tanaman ini mempunyai manfaat khasiat untuk membantu penyembuhan penyakit, misalnya seperti: Obat rematik, obat pegal linu, mengtasi jerawat, obat darah tinggi, obat batuk, mengatasi sariawan, obat panu, obat sakit gigi, mengobati tekanan darah tinggi, mengobati gondongan, dan engobati diabetes

Berikut beberapa contoh mengolah belimbing wuluh untuk dijadikan herbal atau obat tradisional:

Mengobati tekanan darah tinggi
Siapkan 5 buah belimbing wuluh dan biji sari gading 25gr yang sudah dicuci bersih. Biji sari gading ditumbuk halus. Masukan kedalam panci berisi 4 gelas air dan rebuslah bersama 5 buah belimbing wuluh, setelah dingin saring untuk diambil airnya. Cukup diminum 1 gelas sehari setelah makan pagi.

Mengobati diabetes
Siapkan 6 buah belimbing wuluh, lalu di iris-iris seperti bawang merah, rebus dengan 1 gelas air dan hingga airnya tersis menjadi setengahnya. Setelah dingin saring dan minum 2 kali sehari.

Mengobati gondongan
Setengah genggam daun belimbing wuluh ditumbuk dengan 3 biji bawang putih, lalu kompreskan pada bagian gondongan.

Obat rematik
100 gr daun muda belimbing wuluh, 10 biji cengkih dan 15 biji merica dicuci lalu digiling halus, tambahkan cuka secukupnya sampai menjadi adonan seperti bubur. Oleskan adonan bubur tadi ketempet yang sakit, lakukan dengan 2-3 kali sehari.

Obat pegal linu
Satu genggam daun belimbing wuluh yang masih muda, 10 biji cengkih, 15 biji lada, ditumbuk hingga halus, lalu ditambahkan cuka secukupnya. Lumatkan ke bagian yang sakit hingga merata.

Mengatasi panu
Sepuluh buah belimbing wuluh dicuci lalu ditumbuk hingga halus, tambahkan kapur sirih sebesar biji asam, diremas dan aduk sampai rata. Olahan ini dipakai untuk menggosok kulit yang terkena panu, lakukan 2 kali sehari.

Untuk mengobti batuk
Cuci 10 buah belimbing wuluh hingga bersih, lalu tumbuk sampai halus, tambahkan 2 sendok makan garam, aduk hingga rata, lalu saring untuk diambil air nya. Minum air ini 2 kali sehari hingga sembuh.

Menghilangkan jerawat
Siapkan beberapa buah belimbing wuluh, tumbuk hingga halus, tambahkan garam secukupnya, aduk higga rata, lalu gosokan pada muka yang berjerawat secara merata. Lakukan cara ini 3 kali sehari sampai sembuh.

                                                       =================

Hanya itu yang bisa saya sampaikan tentang manfaat belimbing wuluh seta khasiat belimbing wuluh, semog bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa lihat juga manfaat khasiat bandotan untuk kesehatan tubuh manusia.
Title : Manfaat Khasiat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Atau Obat
Description : Belimbing wuluh atau belimbing asam ( Averrhoa bilimbi ), termasuk kedalam suku atau family Oxcalidaceae . Tanaman ini dikenal memiliki ber...