Manfaat Khasiat Bandotan Untuk Kesehatan Atau Herbal

Bandotan merupakan tanaman terna semusim yang berasal dari Amerika tropis, khususnya Brazil. Di Indonesia, bandotan dikenal sebagai tanaman liar atau sebagai tanaman pengganggu (gulma) yang sering ditemukan di ladang, kebun, pekarangan, dan di tempat lain sebagainya.

khasiat tanaman bandotan

Tanaman bandotan mempunyai kandungan kimia seperti asam amino, pectic subtance, potassium clorida, sulfur,B-isitosterol, organacid, friedellin, stigmasterol, tanin, ageratochromomene, minyak atsiri, dan coumarin. Selain itu, akar bandotan mengandung kumarin dan alkaloid.

Berikut ini adalah manfaat khasiat bandotan untuk mengatasi beberapa penyakit dan untuk dijadikan herbal atau obat tradisional:

Sakit tenggorokan dan Radang Selaput lendir pada tenggorokan
Siapkan daun bandotan 30-60 gr, cuci hingga bersih, kemudian tumbuk daun hingga halus dan tambahkan air sebanyak 1 gelas lalu saring.  Setelah itu tambahkan gula batu secukupnya, aduk hingga rata dan minum 3 kali sehari.

Rematik, Bengkak karena keseleo, Bisul, dan Borok
Ambil satu genggam daun dan batang bandotan yang masing muda, cuci sampai bersih, tambahkan 1 kepal nasi basi, dan 1/2 sendok garam, lalu tumbuk hingga menjadi kental, balurkan kebagian sendi yang sakit dan biarkan selama 1-2 jam. Sebaiknya lakukan cara ini 2-3 kali sehari hingga sembuh.

Eksim dan Luka Berdarah
Cuci bersih 1 pohon bandotan segar tanpa akar, lumatkan, lalu balurkan ke tempat yang sakit. Setelah merata, balut dengan kain atau perban. Lakukan 2 kali sehari dalam dosis yang sama dengan mengganti obat dan balutan. Pada saat penggantian, luka dicuci dengan air hangat atau alkohol.

Radang Telinga
Cuci bersih batang dan daun bandotan segar secukupnya, tumbuk, lalu peras. Teteskan air perasannya pada telinga yang sakit sebanyak 1-2 tetes. Lakukan secara rutin 4 kali sehari.

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan tentang  manfaat khasiat bandotan, dan jangan lupa lihat manfaat khasiat AVOKAD. Sekian dan terimakasih, semoga bermanfaat bagi kta semua.
Title : Manfaat Khasiat Bandotan Untuk Kesehatan Atau Herbal
Description : Bandotan merupakan tanaman terna semusim yang berasal dari Amerika tropis, khususnya Brazil. Di Indonesia, bandotan dikenal sebagai tanaman...