Manfaat Khasiat Bidara Laut Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Bidara laut (Strychnos Ligustrina), adalah salah satu anggota dari family Loganiaceae, ia dikenal memiliki beberapa nama yang berbeda - beda diberbagai daerah, misalnya: Bidara gunung, buin, dan songga (Madura), bidara laut, bidara putih, bidara pahit, dan kayu ular(Sumatra), bidara laut, bidara gunung, dan dara putih (jawa).

khasiat tanaman bidara laut

Bidara laut mempunyai sifat khas pahit, mendinginkan, melancarkan peredaran darah, membersihkan darah, dan beracun. Mempunyai khasiat anti inflamasi, analgesik, dan diaforetik.

  1. Biji dan kayu bidara laut mengandung alkaloid, tanin, galat, steroid (triterpoid), alkaloid yang dikandungnya adalah striknina dan brusina yang termasuk kedalam golongan obat keras.
  2. Selain itu, terdapat juga kandungan kimia seperti trychnine, brucine, tetrahydostrychinine, brucidine, tetrahydrobrucidine, pseudostrychinine, a-B-culubrine, vomicine, strychinichine, loganin, chlorogenic acid, mannosan, galactan, dan copper.
  3. Tanaman bidara laut dikenal juga dengan banyak manfaat khasiat dan kandungan sebagai obat imflamasi, diaforentik, dan sebagai obat anti inflamasi.

Manfaat khasiat tanaman bidara laut

  • meningkatkan nafsu makan
  • meredakan rematik
  • radang kulit
  • kecantikan
  • menyegarkan kulit muka
  • meredakan sakit perut
  • kurap dan panu

Berikut ini beberapa contoh mengolah tanaman bidara laut untuk mengatasi beberapa penyakit:

Menyegarkan Kulit Wajah
Siapkan sekitar 100 mm kayu bidara laut lalu rebus dengan air sebanyak 100 ml hingga mendidih. Setelah dingin saring dan minum air rebusan tersebut setengah gelas setiap harinya.

Rematik
Siapkan kayu bidara laut 100 mm, daun jambu mede muda 8 grm, biji seledri 2 grm, dan air 100 ml.
Cara pembuatannya cuku dibuat sebagai infuse, dan diminum 1 kali sehari sebanyak 100 ml. lakukan cara ini selama 14 hari.

Kurap, Bisul, dan Radang Kulit Bernanah
Kayu bidara laut 500 mm, daun ketepeng 3 grm, rimpang kunyit 4 grm, dan air 110 ml. Cara pembuatan dengan dibuat infus, lalu kompreskan pada bagian kulit yang sakit,  lakukan cara ini tiaphari sampai sembuh, dan diperbaharui setiap 3 jam sekali.

Mempercepat Penyembuhan Luka
Daun bidara yang bisa digunakan sebagai obat luka adalah daun bidara kering yang sudah diolah menjadi bubuk. Campurkan daun bidara dengan sedikit air hingga menjadi pasta setelah itu oleskan pada bagian yang terluka.

Mengatasi Masalah Kecantikan dan Merawat Kulit Kering
Untuk merawat kecantikan kulit wajah dengan daun bidara bisa dilakukan sebagai masker wajah, caranya: Hancurkan daun bidara menjadi bubuk, kemudian campur dengan air secukupnya dan aduk hingga menjadi masker, pakai masker secara merata ke bagian wajah, biarkan beberapa saat hingga kering, bilas wajah dengan air hangat setelah semua lapisan masker kering. Untuk mendapatkan hasil maksimal maka bisa memakinya secara teratur selama dua kali dalam seminggu.

Meringankan Luka Bakar
Siapkan beberapa lembar daun bidara segar yang masih hijau, kemudian cuci bersih dan tempelkan pada kulit yang terkena luka bakar.

Mencegah Diabetes
Kandungan senyawa yang ditemukan dalam daun bidara kering ternyata juga mampu melindungi tubuh dari kerusakan sistem pengaturan kadar gula. Hal inilah yang menyebabkan pemakaian daun bidara kering untuk pengobatan diabetes terbukti ampuh. Diabetes bisa terjadi karena tubuh tidak bisa mengatur kadar gula dalam darah, kerusakan sistem insulin dalam tubuh akan menyebabkan beberapa resiko penyakit lain seperti ginjal dan jantung. Daun bidara kering yang dikonsumsi seperti teh bisa menstabilkan kadar gula dalam darah dan mengatur sistem perlindungan terhadap pengaturan produksi insulin.

Meningkatkan Nafsu Makan
Daun bidara kering yang ternyata juga memberikan efek yang sangat baik bagi orang yang memiliki nafsu makan rendah. Senyawa dan aroma menyegarkan pada daun bidara mampu membuat seseorang bisa meningkatkan nafsu makan. Secara umum, daun bidara yang diolah menjadi kapsul atau teh akan mempengaruhi sistem pencernaan sehingga bisa merubah pola makan sebelumnya. Pemakaian daun bidara bukan hanya untuk meningkatkan nafsu makan saja, tetapi bisa juga digunakan untuk masa pemulihan setelah sakit.

Mungkin hanya  itu yang bisa saya sampaikan tentang manfaat khasiat bidara laut semoga
bermanfaat bagi kita semua.
Title : Manfaat Khasiat Bidara Laut Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Description : Bidara laut ( Strychnos Ligustrina ), adalah salah satu anggota dari family Loganiaceae , ia dikenal memiliki beberapa nama yang berbeda - b...