Manfaat Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Dan kulit wajah

Jeruk nipis dengan kata ilmiah (Citrus aurantifolia), memiliki banyak kandungan. Kandungan yang ada pada jeruk nipis adalah: fellandren, sitral limonen, linalin asetat, geranil asetat dan asani sitrat. Jeruk nipis berkhasiat mengobati sakit panas, sembelit, terlambat haid, perut mules ketika haid, amandel, malaria, ambeien, sesak napas, influenza,  batuk, disentri, perut mual, dan keriput diwajah.

manfaat khasiat jeruk nipis

Buah jeruk nipis mengandungan berbagai zat yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan, zat tersebut antara lain vitamin C, kalsium, asam sitrat, fosfor, zat besi, vitamin B1, lemak, kalori, air, garam, protein, hidrat arang, felladren, geranil asetat, linalin asetat, limonen.

Berikut ini adalah beberapa manfaat khasiat jeruk nipis untuk dijadikan herbal atau obat tradisional serta cara mengolahnya:

Amandel
Peras 1 buah jeruk nipis, lalu parut1,5 rimpangkunyit dan ambil air perasannya, tambah 2 sendok makan madu, campukan 1/2 gelas air putih dan aduk sampai rata, laiu minum 2 kali sehari.

Malaria
peras 1 buah jeruk mipis, tambah 1 sendok makan kecap dan garam secukup nya, diminum setiap pagi sebelum makan.

Ambeien
Rebus 2-4 potong akar jeruk nipis dengan 1,5 liter air hingga mendidih sampai sisa air menjadi 1 liter, diminum setiap sore.

Influensa
Panggang 1 buah jeruk nipis telebih dahulu, peras dan ambil air nya, campur 1/2 sendok makan minyak kayu putih, dan kapur sirih secukupnya. Aduk sampai rata, diminum secara teratur sesudah makan pagi.

Terlambat datang bulan
Peras 1 buah jeruk nipis, parut dn peras 2 rimpang kunyit, lalu campurkan kapur sirih dan garam secukup nya, diminum 1 kali sehari.

Berikut beberapa manfaat khasiat utama yang bisa didapatkan dari pemakai jeruk nipis untuk kecantikan atau perawatan kulit wajah:

Mengencangkan dan mencerahkan
Untuk memiliki kulit wajah yang kencang tentu memerlukan perawatan kulit dengan baik. Selain menambah rasa percaya diri, wajah cerah merona selalu menjadi pusat perhatian di mata orang lain.

Membersihkan kulit kusam
Wajah kusam dan kotor tentu mengganggu penampilan kecantik kulit, manfaat khasiat Jeruk nipis dapat membersihkan kotoran yang menempel pada pori-pori kulit dalam waktu singkat.

Mengatasi masalah jerawat
Jerawat timbul karena pori-pori yang tersumbat oleh kotoran, dengan menggunakan kandungan air yang ada zat anti bakteri didalam buah jeruk nipis, bisa mengatasi atau mengobati jerawat. Noda hitam juga akan tersamarkan dengan khasiat masker jeruk nipis.

Berikut ini cara menggunakan jeruk nipis untuk dijadikan masker wajah sebagai obat tradisional:

  • Siapkan jeruk nipis segar secukupnya, lalu potong menjadi dua bagian kemudian tekan perlahan sampai keluar sedikit airnya. 
  • Oleskan secara merata kesemua bagian wajah anda, ingat yang dimanfaatkan adalah airnya dan pastikan kulit muka dibasahi oleh air jeruk nipis.
  • Kemudian diamkan wajah anda selama 15 sampai 20 menit agar khasiatnya meresap ke dalam pori-pori kulit. Setelah itu cuci muka dengan air bersih dan anda akan langsung melihat perubahan wajah yang lebih cerah dan bersih dari sebelumnya.
  • Lakukan cara ini 2 kali sehari pagi dan sore untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Untuk membuat masker wajah tradisional anda hanya perlu menyiapkan beberapa buah jeruk nipis yang masih segar, dan anda dapat memetik langsung dari pohonnya atau membeli di pasar tradisional terdekat.
                                                      ===================

Itulah manfaat khasiat jeruk nipis untuk keseehatan dan herbal atau untuk dijadikan sebagai obat tradisional. Dan jangan lupa lihat juga manfaat khasiat akar wangi.
Title : Manfaat Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Dan kulit wajah
Description : Jeruk nipis dengan kata ilmiah ( Citrus aurantifolia ), memiliki banyak kandungan. Kandungan yang ada pada jeruk nipis adalah: fellandren, s...