Manfaat Khasiat Akar Manis Untuk Kesehatan

Akar manis (Glycyrrhiza glabra), tumbuh diwilayah Eropa bagian selatan. Dibanding dengan gula, biasanya akar manis ini sangat manis dan memiliki manfaat khasiat untuk kesehatan. 

Untuk mendapat ekstrak dari tanaman ini cukup mudah, hanya dengan merebus tanaman akar manis dan menguapkan air nya.

manfaat khasiat akar manis

Kandungan yang ada pada tanaman akar manis diantaranya adalah:

Saponin, glikosida, asam hidroksiglisirhitat, sukora, zat pahit, asam glisiretina, asparagin, glabrolida, minyak astiri glukosa, glisirhisin, dan asam likuititat

Manfaat khasiat akar manis :
Tanaman ini memiliki khasiat sebagai obat tukak lambung, mulas, batuk, bronkhitis dan sebagai anti kolesterol.

Berikut salah satu contoh meramu akar manis untuk mengatasi pennyakit

Obat Batuk : Ambil akar manis sebanyak 1,5 gram, rimpang, 8 gram, daun sirih 3 lembar, dan ditambahkan air sebanyak 130 ml, cara pembuatan dengan diseduh, setelah dingin kemudian diminum 2 kali sehari sebelum makan, sebanyak 100 ml.

Asam glisiretina merupakan salah satu kandungan yang ada pada tanaman akar manis, berpungsi sebagai penghambat enzim pengubah hormon kortisol menjadi kortison. Jangan lupa lihat juga manfaat tanaman adem ati.

Peringatan
pemakaian atau mengkonsumsi yang berlebihan justru dapat mengakibatkan rendahnya kadar kalium dalam darah yang disebut dengan hipoklamia.
Title : Manfaat Khasiat Akar Manis Untuk Kesehatan
Description : Akar manis ( Glycyrrhiza glabra ), tumbuh diwilayah Eropa bagian selatan. Dibanding dengan gula, biasanya akar manis ini sangat manis dan me...