Manfaat Khasiat Gambir Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Gambir  merupakan jenis tanaman perdu yang habitatnya tumbuh di hutan atau di tanam dikebun, gambir memiliki ciri batang tegak, bulat, percabangan simpodial, dan berwarna cokelat pucat. Gambir merupakan salah satu tanaman yang bernilai ekonomi tinggi dan prospektif untuk dikembangkan secara komersial pada masa yang akan datang, mengingat kegunaannya yang sangat beragam dan memiliki banyak manfaat khasiat yang luarbiasa.

manfaat khasiat gambir

Tanaman gambir memiliki beragam macam manfaat, diantaranya yaitu: sebagai obat, bahan campuran industri kosmetik, farmasi, penyamak kulit, minuman,bahan permen dan cat. Gambir mengandung lender, malam, lemak, katekin, Kuersetin, zat samak katekin, dan merah katekin.

Di Indonesia daerah penghasil gambir utama adalah Sumatra bagian Tengah dan Sumatra bagian Selatan.

Gambir berkhasiat untuk mengobati:
  • Disentri
  • Mencret
  • Luka bakar (obat luar)
  • Sariawan dan bau mulut
  • Suara parau ( obat kumur).

Berikut ini manfaat khasiat tanaman gambir dan berapa contoh cara mengolah tanaman gambir untuk dijadikan herbal tradisional:

Sebagai obat
Gambir dapat merangsang keluarnya getah empedu sehingga membantu kelancaran proses metabolisme perut dan usus. Fungsi lain adalah sebagai campuran obat, seperti sebagai luka bakar, obat sakit kepala, obat diare, obat disentri, obat kumur-kumur, obat sariawan, serta obat sakit kulit (dibalurkan)

Sebagai bahan industri
Gambir dapat dimanfaatkan untuk bahan penyamak kulit, bahan pewarna tekstil dan sebagai perekat kayu lapis atau papan partikel.

Sebagai industri farmasi dan makanan
Di antaranya bahan baku obat penyakit hati dengan paten, bahan baku permen yang melegakan kerongkongan bagi perokok di Jepang karena gambir mampu menetralisir nikotin. Sedangkan di Singapura gambir digunakan sebagai bahan baku obat sakit perut dan sakit gigi

Sebagai pestisida nabati
Gambir dapat dipergunakan sebagai pestisida nabati karena dapat dipergunakan untuk mengendalikan pathogen Fusarium Sp sebagai penyebab penyakit becak daun tanaman klausena dan untuk mengendalikan F. Oxysporium penyebab penyakit layu tanaman cabai, dan F. oxysporium f.Sp Licopersici penyebab penyakit layu tanaman tomat.

Untuk mengobati suara parau dan sariawan mulut
Seduh sepotong gambir dan 3 helai daun sirih segar dalam air 110 ml, gunakan untuk berkumur 2 kali sehari ( pagi dan sore ) ukuran untuk tiap kali berkumur adalah 100 ml, lakukan selama 1 minggu.

Untuk mengobati mencret
Sepotong gambir dan sepotong kunyit, lalu tambahkan patikan cina segar segenggamdan air 110 ml.
Lalu bahan tersebut dibuat infus, diminum 1 kali sehari 100 ml. Lama pengobatan diulang selama 3 hari.

Itulah manfaat khasiat gambir semoga bermanfaat dan berguna bagi kita semua.
Title : Manfaat Khasiat Gambir Untuk Kesehatan Tubuh Manusia
Description : Gambir  merupakan jenis tanaman perdu yang habitatnya tumbuh di hutan atau di tanam dikebun, gambir memiliki ciri batang tegak, bulat, perca...