Manfaat Khasiat Cabai Merah Untuk Kesehatan

Cabai merah secara internasional dikenal dengan sebutan Pepper, diperkirakan berasal dari daratan Amerika tengah dan selatan, hingga peru. Di Indonesia, cabai merah dikenal sebagai bahan bumbu dapur untuk masakan.

manfaat khasiat cabai merah

Cabai merah di Indonesia lebih di kenal sebagai bumbu, dari pada tamanan herbal yang berkhasiat. Namun ternyata tanaman ini juga memiliki banyak manfaat khasiat bagi kesehatan sehingga keberadaannya mulai diperhitungkan dalam pengobatan herbal.

  • Kandungan
Kandungan kimia alami dalam buah cabai merah, di antaranya yaitu kapsaisin, dihidrokopsaisin, Vitamin (A dab C), dammar, zat warna kapsantin, karoten, kapsarubin, zeasantin, kriptosantin, clan lutein, serta mineral (zat besi, kalsium, fosfor, dan niasin)

  • Khasiat
Buah cabai dipercaya berkhasiat mengobati rematik, sariawan, sakit gigi, influenza, dan meningkatkan nafsu makan. Sementara getah daun mudanya di masyarakat digunakan untuk mempermudah proses persalianan, mengobati luka bisul, dan sakit gigi.

Berikut adalah beberapa cara mengolah dan cara pemakaiannya untuk mengatasi beberapa penyakit:

Rematik
Buah cabai merah segar dikeringkan, kemudian haluskan hingga menjadi serbuk. Ambil kira-kira 10 grm serbuk cabai merah, lalu seduh dengan 1/2 gelas air panas. Aduk hingga serbuk cabai tercampur rata, diamkan beberapa saat. Selanjutnya, air seduhan tersebut dibalurkan ke seluruh tubuh.

Luka bisul
Untuk mengobati luka bisul, bersihkan beberapa helai daun cabai. Olesi lembaran daun cabai dengan minyak sayur, lalu layukan di atas api kecil. Selagi masih hangat, tempelkan daun cabai tersebut pada bagian kulit yang terluka.

Itulah manfaat khasiat cabai merah untuk kesehatan atau sebagai obat tradisional, semoga bermanfaat bagi kita semua.
Title : Manfaat Khasiat Cabai Merah Untuk Kesehatan
Description : Cabai merah secara internasional dikenal dengan sebutan Pepper , diperkirakan berasal dari daratan Amerika tengah dan selatan, hingga peru. ...