Manfaat Khasiat Halai Untuk Dijadikan Obat Tradisional

Halia (Jahe), tanaman halia memiliki banyak kandungan kimia khususnya pada bagian umbi atau rimpang, di antaranya zingiberol, gingerol, borne, kamfer, niacin, asam aminos, zingiberin, zingeron, minyak atsirih, dammar, mineral sineol, fellandre , lipidas, vitamin A, dan protein.

manfaat khasiat halai atau jahe

Tanaman halia digunakan sebagai obat rematik, ipotensi, keracunan udang, pegel, batuk, sakit pinggang, sakit kepala, mencret, dan muntah-muntah.

Berikut beberapa contoh manfaat khasiat halai untuk dijadikan obat tradisional serta cara meramuunya.

Rematik dan encok
Rimpang umbi halia secukupnya dibakar, dicuci bersih, dan diparut. Tempelkan pada bagian yang sakit dan lakukan secara teratur sampai sembuh.

Sakit kepala
Tumbuk halus 2-3 lembar daun halia dengan sedikit air, gunakan sebagai kompres di dahi.

Cape dan pegal-pegal
  • Untuk diminum: Bakar 2 rimpang umbi halia sebesar ibu jari dan bersihkan lalu rebus bersama dengan susu perah, lalu diminum. 
  • Untuk obat luar: Tumbuk halus 2 rimpang umbi halia sebesar ibu jari, 1 rimpang kencur sebesar ibu jari, 1 ikat daun kemangi, 1 genggam beras yang sudah direndam air, dan sedikit garam dapur. balurkan pada badan yang terasa pegal atau sakit. 

Batuk
  • Rebus 2-3 rimpang umbi halia sebesar ibu jari dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Minum 2 kali sehari 1 cangkir, pagi dan sore. 
  • Parut 2-3 rimpang umbi halia sebesar ibu jari, bakar 1 butir jeruk nipis dan peras, campurkan dengan sedikit kayu putih, lalu remas-remas. Oleskan pada bagian dada anak balita yang sakit saat pagi dan sore hari setelah mandi atau menjelang tidur.
Hanya itu yang bisa saya sampaikan tentang  manfaat khasiat halai untuk di jadikan obat atau herbal, semoga bermanfaat dan berguna bagi kita semua.
Title : Manfaat Khasiat Halai Untuk Dijadikan Obat Tradisional
Description : Halia ( Jahe ), tanaman halia memiliki banyak kandungan kimia khususnya pada bagian umbi atau rimpang, di antaranya zingiberol, gingerol, bo...