Manfaat Khasiat Tanaman Iler Untuk Kesehatan Atau Obat

Iler dengan nama latin (Coleus scutellarioides), sering tumbuh liar di pematang sawah atau di tepi-tepi jalan, namun ada juga yang sengaja menanamnya sebagai tanaman hias atau tanaman pagar. Tanaman ini tumbuh subur di daerah dataran rendah sampai ketinggian 1500 m diatas permukaan laut.

manfaat khasiat tanaman iler

Tanaman iler mengandung senyawa kimia yang bermanfaat di antaranya: alkaloid, etil salisilat, metil eugenol timol, karvalenol dan mineral.
Daun iler mengandung minyak atsiri, antara lain karvakrol yang bersifat antibiotik, eugenol bersifat menghilangkan nyeri, dan etil salisilat yang dapat menghambat iritasi. Selain itu iler juga mengandung sedikit lendir.

Daun dari tanaman iler ini memiliki bentuk seperti hati yang berlekuk - lekuk tipis dan memiliki tangkai dengan warna yang beragam.

Berikut manfaat khasiat tanaman iler untuk dijadikan obat tradisional, dan beberapa contoh cara meramu tanaman iler untuk dijadikan obat (herbal).

Sakit mata marah
Siapkan 5 helai daun iler dan cuci dengan air bersih, lalu rbus dengan segalas air sampai tinggal setengahnya. lalu saring dan minum sampi habis.

Luka maupun borok
Cuci bersih beberapa helai daun iler, remaslah sampai mengeluarkan air, lalu tempelkan ke bagian tubuh yang luka atau borok. Gantilah tiga kali sehari.

Sembelit
Rebus 5 halai daun iler dengan segalas air sampai air tinggal setengah. Saring dan campurkan 1 sendok minyak kacang. Minumlah sekaligus.

Ambeien 
Rebus 17 lembar daun iler, 7 lembar daun ngokilo, 3 rimpang umbi kunyit (3 cm) dengan 6 gelas air sampai mendidih. Lalu, minum1 kali sehari 1 gelas.

Diabetes melitus
Rebus batang, bunga iler, dan adas pularawas secukupnya dengan 1 liter air sampai mendidih. Minumlah 2 kali sehari ½ gelas pada waktu pagi dan sore. 

Sakit perut
Rebus 3 potong akar iler dengan 2 gelas air sampai mendidih dan tinggal 1 gelas, minumlah pada waktu pagi dan sore.

Terlambat datang bulan
Rebus daun iler secukupnya dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Minum menjelang tanggal bulan haid.
 
Hanya itu yang bisa saya samapikan tentang manfaat khasiat tanaman iler, mudah - mudahan bisa bermanfaat dan berguna bagi kita semua. 
Title : Manfaat Khasiat Tanaman Iler Untuk Kesehatan Atau Obat
Description : Iler dengan nama latin (Coleus scutellarioides ), sering tumbuh liar di pematang sawah atau di tepi-tepi jalan, namun ada juga yang sengaja ...