Manfaat Khasiat Tanaman Inggu Untuk Kesehatan

Inggu (Ruta angusttifolia), tanaman ini berasal dari dunia bagian Eropa Selatan dan Afrika Utara. Di Indonesia, tanaman inggu banyak tumbuh di daerah jawa yang sengaja ditanam oleh warga di perkebunannya sendiri.

manfaat khasiat tanaman ingu

Banyak kandungan yang terdapat pada tanaman inggu ini, diantaranya:
Katone, metil-noniketone, asam modic, rutin, xanthotoxin, kokusaginin, 1-limonena, cineol, quersetin, flaveol, bergapten, edulinine, skimmianine, graveolinine, tannin, dan pinena.

Tanaman ini berkhasiat untuk mengobati beberapa penyakit seperti:

Kejang pada anak, Ayan, Demam, Influenza, Batuk, Radang paru, Kolik, Menghilangkan nyeri, Hepatitis, Haid tidak teratur, Tidak datang haid, Bisul, Radang kulit bernanah, Memar akibat terbentur, Gigitan ular, Keracunan obat dan racun lain yang mematikan, Radang vena, Pelebaran pembuluh darah bali, Cacingan, Sakit gigi, dan Sakit kepala.

Berikut beberapa contoh manfaat khasiat tanaman inggu untuk mengatasi penyakit, dan serta cara meramunya untuk dijadikan sebagai obat tradisional:

Sakit kuning
Ekstrak daun inggu atau getahnya yang sudah beku sebesar tiga tablet dilarutkan dalam air panas satu gelas. Tunggulah beberapa saat sampai siap diminum. Kalu bisa minumlah ketika masih panas. Minumlah secara teratur tiap hari sekali sampai sehat kembali.

Ketombe
Bagi yang punya kulit kepala yang dihuni ketombe termasuk kurap di tempat lain, cobalah ambil daun inggu secukupnya. Peras dan ambil airnya. Air perasan ditambah sedikit kunyit lalu haluskan, dan kini siap untuk dioleskan pada kepala atau penyakit kulit lainnya. Air perasan inggu ini juga bermanfaat untuk obat tetes sakit telinga dan sakit gigi.

Kejang pada anak
Jika anak sering kejang karena panas misalnya, cobalah kompres dengan cuka hasil rendaman daun inggu. Menyiapkannya, daun inggu direndam dalam cuka kurang lebih setengah jam. Setelah itu kompreslah kepala si anak dengan larutan cuka tadi. Dan usahakan kepalanya tetap basah sampai kembali seperti sediakala. Cuka dan daun inggu ini pun bisa disimpan dalm botol untuk digunakan kapan diperlukan.

Kolera pada anak
Seorang anak yang sering muntah-muntah, suhu badan tinggi, dan susah makan, silahkan ambil satu jari ranting inggu. Tambahkan satu sendok teh air dan garam halus secukupnya. Bahan-bahan ini digiling halus. Setelah halus cairannya diperas baru diminumkan pada anak tersebut.

Demam
Cuci bersih 1/2 herba inggu segar, lalu rebus dengan 3 gelas air bersih sampai rebusanya tinggal 3/4 bagian, setelah dingin, saring dan tambahkan madu sebelum di minum. Minum sehari 3 kali masing-masing 3/4 gelas.

Sakit kepala
Cuci bersih satu genggam daun inggu segar, lalu tumbuk hingga halus, lalu tempelkan kepada pelipis.

Sakit gigi
Cuci bersih 3 lembar daun inggu segar, lalu bilas dengan air matang, lumatkan dengan jari hingga halus, masukan ke dalam lubang gigi yang sakit, kemudian tutup dengan kapas.

                                                     ===================

Hanya itu yang bisa saya sampaikan tentang manfaat khasiat tanaman inggu,semoga bermanfaat bagi kita semua.

Title : Manfaat Khasiat Tanaman Inggu Untuk Kesehatan
Description : Inggu ( Ruta angusttifolia ), tanaman ini berasal dari dunia bagian Eropa Selatan dan Afrika Utara. Di Indonesia, tanaman inggu banyak tumbu...