Manfaat Khasiat Tanaman Jarong Untuk Kesehatan Tubuh

Tanaman Jarong (Achyranthes aspera Linn), dikenal dengan beberapa istilah di berbagai daerah di Indonesia diantaranya: jarongan, jarong lalaki, daun sangketan, nyarang (jawa),  Sui in sui, Sangko hidung (Sulawesi), Rai rai, dodinga (Maluku). Tanaman jarong menurut asal usulnya berasal dari amerika tropis, tanaman ini merupakan tanaman  tahunan yang tumbuh tegak dan tingginya mencpai 1 m, batangnya persegi 4 berwarna hijau atau sedikit merah muda, dan memiliki cabang yang banyak.

manfaat khasiat tanaman jarong

  • Kandungan kimia yang terdapat pada tanaman jarong adalah: reliosa, ramnosa, alkaloid akirantin, glokosa dan glaktosa.
  • pada bagian biji mengandung: hentriakkontan, dan sapogenin.
  • sedangkan pada bagian akar mengandung: betain, ecdysterone, triterpenoid, dan saponins.

Tanaman jarong berkhasiat untuk mengobati:
    Radang usus (enteritis), Demam, Radang paru-paru, Sakit saat menstruasi, Infeksi ginjal, Malaria, Muntah dara, dan Amandel.

    Berikut beberapa contoh manfaat khasiat tanaman jarong untuk dijadikan sebagai obat tradisional serta cara mengolahnya:

    Nifas
    Daun jarong 7 helai, air 110 ml, kemudian dibuat infus atau diseduh. Diminum 2 kali sehaari pagi dan sore sebanyak 100 ml.

    Haid tidak teratur
    Daun jarong 4 grm, sambang colok 4 grm, air 110 ml, direbus atau diseduh, diminum 1 kali sehari dipagi hari sebanyak 100 ml

    Gondongan
    Akar jarong direbus hingga mendidih, setelah dingin kemudian diminum. Selain itu akarnya dapat dilumatkan untuk ditempelkan pada gondongan.

    Kencing batu
    Rebus seluruh bagian tanaman jarong yang masih segar sebanyak 18-30 grm atau tumbuhan kering sebanyak 12-24 grm. Kemudian airnya diminum sebelum makan sebanyak 1 hari sekali.

    Radang tenggorokan atau batuk
    Cuci bersih tanaman jarong yang masih segar sebanyak 50 grm, 2 buah kencur ukuran sedang, 2 siung bawang putih, lalu haluskan, tambhkan setengah cangkir air gula sambil diaduk hingga rata, lalu peras dan saring. Diminum 3 kali sehari dalam jangka waktu 5 hari.

                                                               =================

    Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan tentang manfaat khasiat jarong untuk dijadikan herbal atau obat tradisional, semoga bermanfaat bagi kita semua.
    Title : Manfaat Khasiat Tanaman Jarong Untuk Kesehatan Tubuh
    Description : Tanaman Jarong ( Achyranthes aspera Linn ), dikenal dengan beberapa istilah di berbagai daerah di Indonesia diantaranya: jarongan, jarong la...