Manfaat Khasiat Tanaman Kedongdong Untuk Kesehatan

Kedondong (Spondias dulcis forst), dan bahasa inggrisnya kedondong adalah ambarella, otaheite apple, atau great hog plum. Tanaman ini berasal dari Asia, di Indonesia pohon kedondong bisa tumbuh subur.

khasiat tanaman kedongdong

Kulit batang kedondong berkhasiat mengobati, disentri, mencret dan obat sariawan.

Kandungan

  • Batang dan daun kedondong mengandung saponin, flavonoida dan tanin, sedangkan kandungan gizi buah kedondong matang mengandung energi sebesar 41 kilokalori, karbohidrat 10,3 gram, lemak 0,1 gram, vitamin B1 0,08 miligram, kalsium 15 miligram protein 1 gram, , fosfor 22 miligram, dan zat besi 3 miligram, vitamin A sebanyak 233 IU, dan vitamin C 30 miligram.
  • Kandungan gula ( sukrosa) yang ada pada kedondong sangat bermanfaat sebagai penambah energi dan vitalitas tubuh. Selain itu serat alam dan kandungan airnya yang cukup tinggi bagus sebagai pencegah dehidrasi dan pelancar pencernaan.

Berikut ini manfaat khasiat tanaman kedongdong untuk mengatasi beberapa penyakit, serata cara meramunya:

Obat batuk
Parut saja beberapa buah kedondong dan peras untuk diambil airnya , tambahkan sedikit garam dan minum.

Obat disentri
Ambil secukupnya (kurang lebih 5gram) kulit kayu kedondong yang masih segar dan bersihkan, rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih. Setelah dingin saring dan diminum sekali minum.

Obat mencret
Siapkan 17 gram kulit batang segar kedondong, dicuci lalu dipotong kecil-kecil, direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit setelah dingin disaring. Hasil saringan diminum sehari dua kali sama banyak pagi dan sore.

Buah kedondong dapat dipakai untuk mengobati batuk
Ambil 2 atau 3 buah kedondong. Cuci bersih, lalu parut. Tanpa ditambah air peras airnya. Tambahkan sedikit garam, minumkan kepada penderita 3x sehari.

Daun kedongdong mampuh mengobati koreng dan luka bakar
Daun kedondong muda mengandung 540 mg kalsium , 82 mg fosfor, 6,2 mg besi, vitamin A 2900 IU, vitamin dan C 29 mg. Orang jaman dahulu menggunakan daun kedondong untuk obat .

Akar kedongdong mampuh mengobati mata dan menyegarkan mata
Ambil akar kedongdong sebesar jempol tangan, cuci hingga bersih, lalu potong lancip hinga mirip pencil, setelah itu teteskan pada mata air yang keluar pada akar tersebut, lakukan cara ini seminggu sekali untuk menjaga kesehatan mata.

Munkin hanya itu yang bisa saya sampaikan tentang khasiat tanaman kedongdong, samoga berguna dan bermafaat bagi kita semua.
Title : Manfaat Khasiat Tanaman Kedongdong Untuk Kesehatan
Description : Kedondong (Spondias dulcis forst ), dan bahasa inggrisnya kedondong adalah ambarella, otaheite apple, atau great hog plum. Tanaman ini ber...