Manfaat Khasiat Bunga Matahari Untuk Kesehatan

Bunga matahari (Helianthus annuus) juga dikenal dengan berbagai nama, yaitu: sun flower (Inggris), mirasol (Filipina), himawari dan koujitsuki (Jepang), serta xiang ri kui (Cina). Vitamin E yang terkandung didalam biji bunga matahari berperan aktif dalam pencegahan penyakit kardiovaskular. Sebagai antioksidan vitamin E mencegah oksidasi kolesterol oleh radikal bebas. Radikal bebas tersebut menyebabkan aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah oleh plak kolesterol), hal ini akan mengakibatkan penyumbatan pada arteri, penyakit jantung dan stroke.

khasiat bunga matahari

Tanaman ini berkhasiat bagi kesehatan, baik dari bunga, biji, daun, sumsum batang, dan dasar bungaya.

Kandungan
  • Bunga matahari mengandung kalori, protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi dan vitamin B. 
  • Biji bunga matahari mengandung chlorogenic acid, prostaglandin E, beta-sitosterol, dan quinic acid.

Khasiat
  • Pada bagian bunga dapat mengobati sakit kepala, sakit gigi, sakit perut, radang persendian (obat luar), membantu dalam mengurangi rasa nyeri, menurunkan tekanan darah, nyeri lambung, nyeri haid, dan dapat digunakan sebagai kosmetik yaitu mencegah penuaan dini.
  • Biji bunga matahari berguna dalam membangkitkan nafsu makan dan merangsang penularan campak.
  • Daun bunga matahari berkhasiat dalam mengobati beberapa penyakit. Hal ini dikarenakan, daun pada tumbuhan ini bersifat antiradang, anti-inflamasi, analgesic, antipiretik, dan mengurangi rasa nyeri.
  • Sumsum dari batang dan dasar bunga dapat merangsang air kemih keluar dan menghilangkan rasa nyeri pada waktu mengeluarkannya. Selain itu, juga dikenal sebagai obat untuk kanker lambung, kanker esophagus, dan tahi lalat berbahaya.

Berikut beberapa contoh manfaat khasiat bunga matahari untuk mengobati beberapa penyakit:

Untuk mengobati sakit kepala
Ambil 25-30 gr bunga matahari, lalu masukkan sebutir telur ayam ke dalamnya. Tambahkan tiga gelas air, kemudian direbus hingga airnya menyusut menjadi setengah gelas. Setelah dingin, air rebusannya dapat diminum sesudah makan, sebanyak dua kali sehari.

Menjaga kesehatan jantung
Biji bunga matahari mengandung vitamin E yang cukup tinggi, di mana vitamin ini memiliki peran dalam menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena vitamin E mampu mengontrol kadar kolesterol agar tidak meningkat signifikan. Sebagaimana diketahui bahwa tingginya kadar kolesterol bisa memicu penggumpalan arteri dan menaikkan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Menurunkan risiko penyakit kulit
Masih terkait dengan vitamin E, vitamin E dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar Ultra Violet. Kandungan vitamin E yang ada pada kuaci biji bunga matahari dinilai cukup ampuh untuk menurunkan risiko penyakit kulit seperti luka terbakar akibat paparan sinar matahari.

Hanya itu yang bisa saya sampaikan tentang manfaat khasiat bunga matahari untuk kesehatan tubuh manusia, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua terutama yang membaca artikel ini.
Title : Manfaat Khasiat Bunga Matahari Untuk Kesehatan
Description : Bunga matahari ( Helianthus annuus ) juga dikenal dengan berbagai nama, yaitu: sun flower (Inggris), mirasol (Filipina), himawari dan kou...