Cara Mengatasi Alergi Dengan Cara Alami

Alergi adalah sebuah sebuah jenis hipersenivitas yang disebabkan oleh reaksi yang berlebihan oleh sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu. Alergi bukanlah sebuah penyakit, melainkan sebuah respon tubuh terhadap benda asing atau rangsangan yang tidak menyenangkan.

cara mengatasi alergi

Zat yang menimbulkan reaksi alergi dinamakan alergen. Alergen dapat masuk ke dalam tubuh melalui saluran nafas, saluran cerna, suntikan atau menempel pada kulit.

Berikut Beberapa Cara Untuk Mengatasi Alergi

Perhatikan sirkulasi udara
Salah satu virus yang dapat menimbulkan alergi berada didalam udara, untuk itu memperhatikan sirkulasi udara merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Jika banyak virus diudara maka besar kemungkian juga untuk hidung terserang alergi.

Gunakan masker
Masker berfungsi untuk mencegah alegran masuk kehidung melalui pernafasan anda. Jadi memakai masker juga dapat meminimalisir alergi pada tubuh anda..

Quercetin
Quercetin merupakan zat antioksidan yang dapat ditemukan dalam makanan seperti buah apel, buah berry, bawang, dan teh hitam. Quercetin membantu memblokir pembentukan histamin sehingga akan mengurangi gejala alergi.

Antihistamin alami
Vitamin C adalah antihistamin yang alami, tingkatkan asupan vitamin C yang bisa didapat dari makanan untuk membantu mengobati alergi. Obat antihistamin juga bisa digunakan untuk memperkuat efek dari antihistamin alami.

Antioksidan alami
Antioksidan alami bisa diperoleh dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Beberapa buah-buahan dan sayuran yang direkomendasikan untuk mengobati alergi seperti: Ekstrak biji anggur, pisang, apel, tomat, wortel, dan bawang.

Berkumur dengan air garam
Obat alami yang efektif untuk mengobati tenggorokan bengkak akibat alergi adalah berkumur menggunakan larutan air garam hangat. Selain itu, garam semprot hidung juga membantu untuk menghilangkan serbuk atau alergi lain yang berada di hidung untuk mengurangi reaksi alergi.

Pepermin
Peppermint akan bertindak sebagai dekongestan alami untuk membantu mengurangi gejala infeksi virus dan alergi. Teh peppermint juga dapat membantu untuk mengurangi masalah sinus dan membantu menyingkirkan batuk.

Omega 3
Omega-3 memiliki kemampuan untuk menghambat peradangan yang disebabkan oleh bahan kimia pemicu reaksi alergi. Makanan sumber omega-3 biji-bijian dan minyak ikan atau ikan berlemak.

Teh hijau
Teh hijau mengandung antihistamin alami yang akan membantu untuk meredakan alergi. Dengan meminum 1/2 cangkir teh hijau setiap hari, ternyata mampuh menyingkirkan alergi.

Cuka apel
Cuka apel memiliki sifat yang dapat membantu mengobati gatal-gatal yang disebabkan oleh alergi. Cuka apel bisa dimasukkan kedalam makanan atau diencerkan dengan air dkan membantu dalam menyingkirkan bakteri dan kuman.

Jahe
Jahe adalah merupakan antihistamin dan dekongestan alami. 1/2 irisan jahe bisa diencerkan bersama kedalam teh dan madu untuk mengobati dan mencegah alergi.

Bawang putih
Bawang putih mengandung sifat antivirus, sehingga dianggap sebagai salah satu obat yang juga efektif untuk menghilangkan alergi. Bawang putih mentah lebih efektif daripada yang telah dimasak. Dengan mengkonsumsi 3 atau 4 siung bawang putih yang dicampur dengan madu setiap harinya, ternyata tapat mencegah datangnya alergi.

Madu
Madu terdiri dari serbuk sari dan bahan lain yang efektif, madu lokal dianjurkan karena mengandung sari tanaman yang akan menghambat reaksi alergi dengan merangsang sistem kekebalan tubuh

Menjaga kebersihan tempat tinggal dan lingkungan merupakan hal yang dapat membantu seseorang terhindar dari alergi. Namun kita harus mengetahui bagaimana cara membersihkan ruangan tersebut yang aman dan benar serta jangan terlalu sering menggunakan bahan kimia berat yang dapat memicu alergi dan memperburuknya.
Title : Cara Mengatasi Alergi Dengan Cara Alami
Description : Alergi adalah sebuah sebuah jenis hipersenivitas yang disebabkan oleh reaksi yang berlebihan oleh sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu. A...