Rahasiah Manfaat Khasiat Tanaman Kemuning Untuk Kesehatan

Kandungan daun kemuning adalah careen-3, citronellol, eugenol, methyl-salicylate, s-guaiazulene, paniculatin, tannin, cadinene, coumurrayin, methyl-anthranilate, p-aeryophyllene, bisabolene, osthole, dan geraniol.

khasiat tanaman kemuning

Buah kemuning mengandung semi-ec-carotenone, sedangkan bunga kemuning mengandung scopeletin.

KHASIAT
Tanaman kemuning, dari akar daun hingga buahnya terkenal berkhasiat sebagai obat tradisonal, baik untuk pemakaian luar maupun dalam.

Berikut adalah beberapa manfaat khasiat tanaman kemuning:

DAUN DAN RANTING
Daun dan ranting kemuning diketahui berkhasiat mengobati beberapa penyakit, seperti radang buah zakar, radang saluran napas, infeksi saluran kencing, kencing nanah, keputihan, dating haid tidak teratur, lemak tubuh berlebihan, pelangsing tubuh, nyeri pada tukak, sakit gigi, dan kulit kasar.

AKAR
Akar tanaman berguna untuk mengatasi bisul, ekzema, koreng, epideniik encephalitis B, memar akibat benturan atau terpukul, nyeri rematik, keseleo, digigit serangga dan ular berbisa.

KULIT BATANG
Kulit batang berguna untuk mengatasi nyeri akibat luka terbuka dan sakit gigi.

Berikut beberapa cara mengolah tanaman kemuning untuk dijadikan sebagai obat tradisional:

Bisul
Cuci bersih 30grm akar kemuning kering dan 30grm cocor bebek (Kalanchoe pinnata), lalu potong-potong, lalu rebus kedua bahan tersebut dalam 600 ml air sampai tersisa 200 ml. Setelah dingin, saring air rebusan lalu minum dua kali sehari masing-masing 100 ml.

Luka, bisul, eksim, dan gatal-gatal
Rendam akar kemuning secukupnya dalam arak hingga seluruh bagian akar terendam selama 1 bulan. Oleskan hasil rendaman tersebut pada kulit yang sakit.

                                                           =================

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan tentang manfaat khasiaat tanaman kemuning, semoga bisa bermanfaat bagi kita yang membacanya.
Title : Rahasiah Manfaat Khasiat Tanaman Kemuning Untuk Kesehatan
Description : Kandungan daun kemuning adalah careen-3, citronellol, eugenol, methyl-salicylate, s-guaiazulene, paniculatin, tannin, cadinene, coumurrayin,...