Manfaat Khasiat Tanaman Gandarusa Untuk Kesehatan Tubuh

Gandarusa (Justicia gendarussa) tanaman ini memiliki bentuk seperti semak-semak yang ditanam ataupun tumbuh liar dihutan. Tanaman ini juga sering digunakan oleh masyarakat untuk dijadikan sebagai obat tradisional, ciri dari tanaman ini memiliki percabangan yang banyak dimulai dari dekat tangkal batang, warna dari cabang-cabang yang muda biasanya berwarna ungu gelap dan akan berwana cokelat bila sudah tua.

Khasiat tanaman gandarusa

Tanaman gandarusa merupakan tunbuhan tropis yang biasa dijumpai dipekarangan rumah, tanaman ini mudah tumbuh dan dapat diperbanyak dengan cara di stek. Saat ini tanaman gandarusa banyak di budidayakan serta digunakan sebagai bahan obat herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Khasiat dari tanaman gandarusa seperti analgesik, antipiretik, diaforetik, diuretik, dan sedatif, dari seluruh bagian tanaman gandarusa bisa dijadikan sebagai obat herbal.

Kandungan

  • Gandarusa mengandung: Alkaloid yang agak beracun, justicin, kalium dan minyak atsiri.
  • Sifat kimiawinya pedas, sedikit asam, dan netral.
  • Efek fermatologis gandarusa, mampu melancarkan peredaran darah dan anti rematik.

Khasiat

  • Mengobati sakit luka terpukul ( memar )
  • Tulang patah
  • Rematik persendian
  • Bisul
  • Borok 
  • Koreng. 

Berikut ini cara mengolah tanaman gandarusa untuk dijadikan sebagai obat tradisional atau herbal alami:


Obat oles
Siapkan 40 gram daun gandarusa segar, 30 gram daun kemangi segar, 30 gram kencur segar, 30 gram jahe merah segar, 30 gram daun encok segar. 40 gram beras. Lalu rendam beras selama 3-4 jam, cuci semua bahan, lalu tumbuk sampai halus, setelah semua bahan tercampur dengan lembut oleskan pada bagian yang sakit secukupnya. Lakukan pengobatan ini dua kali sehari setiap pagi dan sore.

Obat untuk dimunum
Sediakan 15-30 gram gandarusa kering tambahkan 30-60 gram yang basah. Rebus bahan tadi dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa menjadi setengahnya, kemudian minum airnya untuk satu hari.

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan tentang manfaat khasiat tanaman gandarusa, semoga bermanfaat dan berguna untuk kita semua.

WARNING !!!
Bagi ibu hamil dilarang mengkonsumsi tanaman ini.
Title : Manfaat Khasiat Tanaman Gandarusa Untuk Kesehatan Tubuh
Description : Gandarusa ( Justicia gendarussa ) tanaman ini memiliki bentuk seperti semak-semak yang ditanam ataupun tumbuh liar dihutan. Tanaman ini ju...