Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Kulit wajah berminyak jelas sangat menganggu penampilan, biasanya ketika orang beranjak dewasa akan rentan mengalami wajah berminyak yang dapat membuat wajah terlihat kusam, sehingga wajah sangat terlihat dipenuhi oleh kotoran dan juga debu.

cara mengatasi kulit wajah berminyak

Kulit berminyak lebih banyak memberikan efek daripada kulit kering, kulit berminyak merupakan pemicu awal adanya komedo serta jerawat pada kulit wajah. Oleh karena itu banyak sekali orang yang ketika sedang mengalami kulit wajah berminyak bingung bagai mana cara mengatasianya.

Berikut ini adalah faktor penyebab kulit wajah menjadi berminyak

Faktor Genetika
Faktor genetika (keturunan) sangatlah mempengaruhi fisik dan sifat anaknya, jadi jika salah satu orang tua Anda memiliki masalah wajah berminyak berarti Anda juga cenderung mengalami masalah tersebut.

Pola Hidup
Pola hidup yang tidak sehat tentu akan berefek langsung pada kesehatan fisik Anda, salah satunya adalah membuat wajah menjadi kusam dan juga berminyak. Jadi Anda harus menghindari pola hidup yang tidak sehat agar wajah Anda menjadi mulus dan sehat.

Pola Makan
Wajah berminyak juga dapat disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, seperti sering mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi ataupun sangat bersantan sehingga dapat meningkatkan kadar minyak didalam tubuh Anda.

Pemakaian Kosmetik
Jika Anda adalah orang yang sangat memperhatikan style atau penampilan pasti Anda tidak jarang menggunakan kosmetik, perlu Anda ketahui bahwa kosmetik sebenarnya dapat membuat kondisi kulit wajah Anda akan rusak jika salah dalam pemilihannya, selain itu juga didalam kosmetik mengandung bahan atau zat kimia yang berbahaya.

Berikut Adalah Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak Dengan Herbal Alami:

Menggunakan Timun
Ambil 1 buah timun, kemudian belah menjadi 4 bagian dengan bentuk memanjang, bagian dalam yang berbiji dibersihkan terlebih dahulu, setelah itu gosokan kebagian wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya. Diamkan sekitar 10 - 15 menit, setelah itu bilas dengan air hangat lalu usap dengan menggunakan handuk bersih.

Menggunakan Seledri
Ambil daun seledri secukupnya, lalu potong kecil-kecil, masukkan potongan tersebut kedalam wadah kecil yang sudah diisi dengan air mendidih. Diamkan terendam sampai 15 - 20 menit, lalu ambil daun seledrinya dan biarkan dingin. Setelah dingin oleksan air seledri pada wajah dan biarkan sampai seledri meresap hingga mengering. Setelah mengering bilas dengan air hangat sampai bersih, lakukan perawatan ini dengan rutin agar wajah terbebas dari minyak.

Sering Mencuci Muka
Biasakan untuk mencuci wajah disela-sela aktifitas Anda atau waktu istirahat Anda. Gunakan sabun khusus untuk mencuci wajah berminyak, karena biasanya banyak debu yang menempel walaupun Anda bekerja didalam ruangan ber-AC.

Menggunakan Masker Stroberi
Didalam stroberi banyak mengandung vitamin C yang dapat memberikan kesegaran pada wajah. Cara membuat masker stroberi adalah seperti berikut ini:
Hancurkan sekitar 8-9 buah stroberi segar menggunakan garpu (jangan pakai blender), campurkan dengan 3 sendok makan madu. Saring cairan yang dihasilkan oleh campuran stroberi dan madu. Oleskan cairan tersebut ke seluruh wajah, diamkan sekitar 10 menit, lalu bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih. Lakukan secara rutin seminggu 2 kali agar hasilnya maksimal.

Jeruk nipis
Jeruk nipis pada dasarnya sama dengan mentimun yang dapat membantu anda untuk mengatasi wajah yang berminyak. Caranya pun dapat anda lakukan dengan menggosokkan secara perlahan daging jeruk nipis di wajah anda kemudian anda tunggu sekitar 15 menit, bilas dengan air hangat. Hal ini sebaiknya memang anda lakukan secara rutin sehingga dapat diperoleh hasil yang optimal.

Krim Malam
Cara yang semi alami dalam perawatan wajah berminyak adalah dengan penggunaan krim malam sebelum tidur, hal ini juga harus dilakukan karena pada malam hari kulit juga bekerja untuk meregulasi kandungan air dan minyak pada wajah.

Demikian ulasan artikel tentang cara mengatasi kulit wajah berminyak, semoga bisa berguna serta bermanfaat bagi kita semua, terutama yang membacanya.
Title : Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak
Description : Kulit wajah berminyak jelas sangat menganggu penampilan, biasanya ketika orang beranjak dewasa akan rentan mengalami wajah berminyak yang da...