Khasiat Tanaman Brotowali Untuk Kesehatan

Brotowali memiliki nama ilmiah (Tinosfora crispa), tanaman ini termasuk kedalam famili Menispermaceae, di Indonesia tanaman ini beberapa nama daerah, misalnya: Brotowali, bratawali, andawal, dan daun gadel. Nama - nama tersebut merupakan sebutan lain dari tanaman brotowali, tanaman brotowali juga merupakan tanaman perdu yang memanjat ke atas, dan termasuk tumbuhan yang menyukai tempat panas.

khasiat tanaman brotowali

Pada tanaman brotowali terdapat kandungan senyawa kimia, mulai dari daun, batang, dan akar. Kandungan kimia tersebut terdiri dari pati, glikosida pikroretosid, alkaloid, damar lunak, harsa, berberin, palmatin glikosida pikroretosid, dan zat pahit pikroretin.

Manfaat Khasiat Tanaman Brotowali

  • Obat koreng atau kudis
  • Obat sakit pinggang
  • Obat sakit punggung
  • Obat kencing manis 
  • Obat sakit kuning
  • Obat gatal-gatal
  • Obat sakit perut
  • Obat rematik
  • Obat demam
  • Obat gosok
  • Obat luka

Berikut ini contoh mengolah tanaman brotowali untuk mengatasi beberapa penyakit:


Obat gatal-gatal
Rebus 200 grm batang brotowali dengan 2 gelas air sampai airnya tersisa menjadi setengahnya, kemudian angkat dan gunakan untuk merendam bagian tubuh yang gatal ketika air nya sudah menjadi hangat - hangat kuku. Lakukan cara ini 2 kali sehari.

Obat koreng, atau kudis
Ambil 50 cm batang brotowali dan juga daunnya, kemudian cuci bersih dan potong - potong kira - kira panjang 3 cm, lalu rebus dengan 6 gelas air selama  setengah jam. Setelah agak dingin, gunakan untuk membersihkan bagian yang luka. Sementara itu, 10 lembar daun brotowali ditumbuk halus dan tempelkan pada luka lalu dibalut dengan perban. Balutan dan olahan daun brotowali ini harus diganti setiap 2 kali sehari.

Kencing manis
Siapkan 7 cm batang brotowali, 7 lembar daun sambiloto, dan 7 lembar daun kumis kucing, kemudian dicuci dan dipotong-potong seperlumya. Rebus semua bahan tersebut dengan air bersih kurang lebih 4 gelas air, dan biarkan sampai mendidih dan air nya hingga tersisa menjadi 2 gelas. Setelah dingin saring dan minum air tersebut 2 kali dalam sehari sebanyak setengah gelas.

Obat demam 
Ambil batang brotowali sepangjang 10 cm, kemudian cuci sampai bersih dan rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan biarkan hingga airnya berkurang menjadi 1 gelas, setelah dingin saring dan tambahkan madu secukupnya dan aduk hingga merata. Minum air tersebut 2 kali dalam sehari sebanyak setengah gelas.

Demam kuning
Ambil 15 cm batang brotowali, kemudian cuci sampai bersih dan potong-potong seperlunya, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan hingga tersisa menjadi setengah gelas, setelah dingin saring dan tambahkan madu secukupnya. Minum air tersebut 2 kali sehari sebanyak 3/4 gelas.

Obat luka 
Ambil daun brotowali secukupnya, kemudian tumbuk sampai halus, lalu tempelkan pada bagian yang luka dan ganti dua kali sehari. Untuk mencuci luka gunakan air rebusan batang brotowali.

                                                         ==================

Hanya itu yang bisa saya sampaikan tentang  khasiat tanaman brotowali, semoga bisa berguna serat bermanfaat bagi yang membaca artikel ini.
Title : Khasiat Tanaman Brotowali Untuk Kesehatan
Description : Brotowali memiliki nama ilmiah (Tinosfora crispa) , tanaman ini termasuk kedalam famili Menispermaceae , di Indonesia tanaman ini beberapa n...