Cara Mengatasi Sariawan Dengan Cara Alami

Sariawan adalah luka atau guam yang terjadi di lapisan kulit rongga mulut dan bibir, hampir semua manusia di dunia pernah mengalami yang namanya sariawan, mulai dari bayi sampai orang tua. Sariawan kadang sering di anggap sepele, padahal bila di biarkan dapat berakibat fatal bagi penderita.

cara mengatasi sariawan

Sariawan bisa berdampak buruk terhadap tubuh kita, yang paling umum adalah membuat nafsu makan kita berkurang karena rasa sakit yang ditimbulkannya. Jelas sekali jika kita kurang makan tubuh kita akan bertambah buruk keadaannya. Selain itu sariawan bisa menyebabkan bau mulut, karena pada saat sariawan banyak kuman yang berkumpul dalam mulut kita yang akan menyebabkan bau mulut.

Berkut tips cara untuk mengatasi sariawan:

Mengunakan air garam
Garam berfungsi untuk menarik air, saat kita berkumur menggunakan air garam luka sariawan akan terikat airnya oleh garam. Hal ini akan empercepat proses pengeringan luka sehingga sariawan dapat segera sembuh. Caranya adalah dengan melarutkan 3 sendok garam di dalam setengah gelas air hangat. Gunakan air itu untuk berkumur beberapa menit. Lakukan secara rutin.

Menggunakan madu
Madu kaya akan mineral dan protein yang berguna untuk menjaga kelembutan kulit serta regenerasi sel. Oleskan madu pada area bibir yang kering dan pecah-pecah sebagai solusi mudah untuk mengatasinya. Hal ini merupakan cara mudah yang banyak dipraktekkan sejak jaman dahulu kala.

Menggunakan tomat
Didalam tomat banyak terdapat vitamin C yang berkhasiat untuk memberikan nutrisi bagi kulit termasuk juga bibir. Orang yang mengalami sariawan dan bibir kering maupun pecah-pecah dapat dipastikan salah satu penyebabnya kekurangan vitamin C ini. Oleskan potongan tomat dan pijat perlahan pada bibir anda hingga airnya meresap. Untuk daerah yang terkena sariawan, sebaiknya diteteskan saja, karena tidak memungkinkan untuk dipijat.

Menggunakan minyak kelapa murni
Asam lemak nabati dalam minyak kelapa murni berguna untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Pemakaian cukup dioleskan secara merata pada bibir dan tunggu beberapa menit hingga meresap. Ulangi langkah tersebut hingga terjadi perubahan yang signifikan pada bibir anda.

Menggunakan irisan mentimun
Air dalam mentimun mempunyai salah satu manfaat untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

Menggunakan lidah buaya
Pemakaiannya dioleskan pada bibir, tetapi akan menimbulkan rasa pahit. Sehingga bagi yang tidak tahan dapat memilih alternatif yang lain selain menggunakan lidah buaya.

Jangan gunakan lipstik
Didalam lipstik terdapat bahan kimia yang kurang bagus apabila digunakan ketika mengalami permasalah dengan bibir kering. Untuk sementara waktu hentikan dulu dan pelajari produk kosmetik mana yang nantinya cocok dengan karakter bibir anda.

Menggunakan buah jeruk
Kandungan vitamin C dalam buah jeruk merupakan sebuah fakta yang tidak dapat diragukan lagi. Ini merupakan sebuah solusi ringan dari dalam tubuh untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, yang mungkin saat ini sedang dalam keadaan drop.

Menggunakan jus wortel
Walaupun memiliki peranan penting untuk mata, namun keberadaan antioksidan yang tinggi didalam wortel dapat berguna juga untuk kesehatan dan mengembalikan kondisi bibir yang mengalami pecah - pecah dan sariawan. Ampas wortel juga bisa dipakai sebagai masker untuk bibir.

                                                     ================

Sariawan rasanya sangat sakit namun sebisa mungkin jangan minum obat penghilang nyeri. Sariawan hanya nyeri biasa yang tidak diperlukan pengobatan sistem dengan meminum obat, selain terlalu banyak bahan kimia, obat penghilang nyeri juga dapat mengerosi lapisan dinding lambung sehingga akan menyebabkan perut menjadi sakit.
Title : Cara Mengatasi Sariawan Dengan Cara Alami
Description : Sariawan adalah luka atau guam yang terjadi di lapisan kulit rongga mulut dan bibir, hampir semua manusia di dunia pernah mengalami yang nam...