Khasiat Beras Kencur Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Beras kencur memang memiliki banyak manfaat khasiat, tidak heran jika banyak orang memanfaatkan beras kencur untuk mengatasi kesehatannya. Selain untuk kesehatan, beras kencur dapat digunakan untuk memutihkan kulit wajah dan membantu mengencangkan kulit. Beras kencur terbuat dari bahan beras yang sudah dibersihkan dan dihaluskan, kemudian dicampur dengan kencur, perpaduan antara beras dan kencur itu dapat menghasilkan kandungan vitamin B. Untuk membuat rasa manis dalam olahan beras kencur tersebut, maka ketika mengolahnya harus ditambahkan dengan sedikit gula jawa atau gula merah.

manfaat khasiat jamu beras kencur

Kandungan methanol pada kencur juga dapat digunakan untuk melawan sejenis cacing parasit yang menyebabkan penyakit toksokariasis. Zat ini efektif melawan spesies penyebab penyakit sistem saraf pusat dan juga melawan bakteri penyebab infeksi mata.

Berikut manfaat khasiat beras kencur untuk mengatasi beberapa penyakit:

Obat untuk masuk angin
Cuci bersih satu rimpang kencur, makan kencur bersama garam dapur dan minumnya air hangat. Lakukan dua kali sehari untuk mencegah masuk angin.

Menghilangkan darah kotor
Siapkan empat rimpang kencur, dua lembar daun trengguli, dua biji cengkeh kering dan adas secukupnya. Cuci bersih semua bahan tersebut, lalu rebus dengan satu liter air sampai mendidih, kemudian saring dan minum selagih hangat dua kali sehari secara teratur.

Mengobati radang lambung
Dua rimpang kencur dicuci bersih,  kupas kencur tersebut kemudian dikunyah dan telan airnya lalu buang ampasnya. Lakukan cara ini hingga sembuh.

Mengobati keseleo
Satu rimpang kencur lalu di cuci bersih, kemudian rendam segenggam beras dan campurkan rimpang kencur tersebut. Lalu tuumbuk keduanya hingga halus dan balurkan pada bagian tubuh yang keseleo.

Mengobati mulas pada perut
Cuci satu rimpang kencur hingga bersih, parut kencur tersebut lalu tambahkan dua sendok air masak dan sedikit garam. Kemudian saring olahan tersebut untuk diambil airnya dan inum air perasan tersebut 2-3 kali sehari

Sebagai obat batuk
Dua rimpang kencur dicuci bersih, lalu parut kencur dan seduh dengan segelas air hangat. Aduk hingga rata dan disaring untuk diambil airnya. Tambah sedikit garam dapur dan minum air tersebut sampai habis, lakukan satu kali sehari.

Mengobati diare
Tumbuk dua rimpang kencur dengan dua siung bawang merah sampai halus. Siapkan daun pisang dan bungkus bahan yang sudah ditumbuk tesebut. Kemudian bakar hingga hangat dan oleskan pada bagian perut.

Berikut ini manfaat khasiat beras kencur untuk mengatasi kecantikan kulit wajah:

Mengatasi timbul jerawat
Jangan salah, minum air olahan beras kencur, ternyata dapat mengatasi timbulnya atau datang nya jerawat. Sehingga sangat baik untuk perawatan kecantikan agar wajah tetap terjaga.

Menyembuhkan jerawat
Ambil kencur dan temulawak sebesar ibu jari, 5 butir jinten, gula aren secukupnya dan juga asam kawak, kemudian tumbuk hingga halus dan seduh dengan segelas air panas, lalu saring dan tambahkan dengan sedikit air perasan jeruk nipis. Minum secara rutin setiap pagi hari selagi hangat.

Obat pelangsing tubuh
Seduh dengan air panas kencur yang telah dimemarkan bersama dengan 1 sendok tepung beras dan gula kelapa secukupnya. Diamkan selama beberapa saat, setelah dingin saring dan minum 3 kali dalam sehari.

                                                        ===============

Untuk pengobatan penyakit ringan yang terbaik bukan menggunakan obat-obatan yang sudah ditambah dengan bahan kimia, tetapi obat alamilah yang akan menjadikan tubuh sehat dan tanpa adanya efek samping yang ditimbulkan.
Title : Khasiat Beras Kencur Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Description : Beras kencur memang memiliki banyak manfaat khasiat, tidak heran jika banyak orang memanfaatkan beras kencur untuk mengatasi kesehatannya. S...