Manfaat Khasiat Wortel Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Wortel (Daucus carota) adalah tanaman sayuran yang dapat ditanam sepanjang tahun, terutama didaerah pegunungan yang memiliki suhu udara dingin dan lembab. Seperti yang telah kita ketahui, wortel merupakan salah satu sayuran yang paling banyak mengandung vitamin A, diretina vitamin A akan berubah menjadi rhodopdin yang merupakan salah satu pigmen untuk mempertajam penglihatan dimalam hari.

manfaat khasiat wortel

Wortel mengandung vitamin A yang tinggi, vitamin A dan beta karoten kadang diresepkan untuk hal yang sama karena beta karoten didalam tubuh dikonversi menjadi vitamin A. Beta karoten sendiri termasuk dalam golongan karotenoida dan telah diidentifikasi terdapat lebih dari 600 jenis karoten yang berbeda. Antara lain yang cukup dikenal didunia kesehatan adalah karoten, lutein, dan lycopen.

Berikut adalah manfaat khasiat wortel untuk kesehatan dan mengatasi beberapa penyakit serta penjelasannya:

Menjaga kesehatan mata
Kandungan vitamin A tinggi serta zat beta-karoten dalam wortel berkhasiat untuk membuat mata tetap sehat dan tajam dalam melihat. Manfaat minum jus wortel secara teratur adalah memberikan asupan beta-karoten agar tubuh dapat membentuk vitamin A sesuai kebutuhan.

Mencegah penyakit kanker
Menurut penelitian oleh National Cancer Institute, kandungan tinggi beta karoten memiliki sifat antioksidan dapat melawan sel-sel kanker sehingga mencegah pembentukan penyakit kanker. Selain itu, manfaat jus wortel mampu menjaga sistem kekebalan tubuh.

Mencegah rabun senja
Buta ayam atau rabun senja disebabkan oleh kekurangan vitamin A. Manfaat wortel mentah untuk menjaga asupan karoten paling berguna dalam pencegahan Avitaminosis A sehingga terhindar dari rabun senja.

Mencegah penyakit kanker
Kandungan falcarinol yang terdapat di dalam wortel ini merupakan senyawa yang mampu mencegah penyakit kanker sekaligus sebagai senyawa anti kanker.

Mencegah stroke
Ada sebuah penelitian terbukti bahwa wortel mampu menurunkan resiko terserang penyakit stroke. Cukup hanya dengan mengkonsumsi wortel sebanyak 6 buah setiap hari. Bagi yang jarang mengkonsumsi wortel, mungkin ini akan berat.

Menurunkan kloesterol
Di dalam wortel terkandung pectin dimana manfaatnya untuk menurunkan kolesterol darah. Jus wortel mengandung serat tinggi sehingga berkhasiat untuk mencegah terjadinya konstipasi atau sembelit.

Mencegah penyakit jantung

Karena wortel sangat bermanfaat untuk menurunan kolesterol, maka wortel juga dapat mencegah penyakit jantung.

Berikut ini adalah cara mengolah wortel untuk mengatasi kecantikan kulit serta penjelasannya:

Melembabkan dan melembutkan kulit
Untuk menjaga kelembaban dan menyenyalkan kulit cukup campurkan parutan beberapa wortel sedang dengan satu sendok teh susu, minyak zaitun dan madu. Untuk memudahkan bisa juga diblender kemudian oleskan pada kulit wajah dan biarkan selama 15 menit, lalu bilas sampai bersih.

Mengencangkan dan membuat kulit lebih bercahaya
Campurkan rebusan wortel yang telah dihaluskan dengan madu, minyak zaitun dan beberapa tetes lemon kemudian balurkan pada seluruh wajah dan diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Dapat menyehatkan kulit
Vitamin A yang terdapat di dalam buah wortel ini mampu menyehatkan dan mencerahkan kulit anda. Selain itu, wortel juga mampu menghilangkan bercak hitam atau yang biasa disebut dengan flek hitam pada wajah.

Membuat awet muda
Beta karoten yang terdapat pada buah wortel ini berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu tubuh kita untuk melawan pengaruh negatif dari radikal bebas. Untuk itu wortel sangat baik dikonsumsi agar terhindar dari beberapa penyakit.

Melembutkan rambut
Haluskan wortel yang telah direbus sebentar kemudian campur dengan yoghurt plain dan telur. Oleskan secara merata pada seluruh permukaan rambut dan diamkan setidaknya selama satu jam kemudian bilas dengan air hangat.

                                                             ================

Wortel juga kaya akan nutrisi namun rendah kalori, di mana hal ini berarti wortel memiliki khasiat yang bagus untuk diet karena dapat mengenyangkan perut tanpa mengonsumsi banyak kalori. Selain itu, wortel bermanfaat untuk membantu meningkatkan fungsi metabolisme tubuh karena mengandung asam nikotin untuk memecah lipid (senyawa organik) dan lemak yang ada dalam tubuh.
Title : Manfaat Khasiat Wortel Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Description : Wortel (Daucus carota) adalah tanaman sayuran yang dapat ditanam sepanjang tahun, terutama didaerah pegunungan yang memiliki suhu udara din...