Khasiat Antanan Mampuh Mengobati Berbagai Penyakit

Antanan atau pegagan merupakan tanaman herbal menahun yang tumbuh liar pada tanah lembab seperti pematang sawah, tepian parit, atau tebing tanah, tanaman ini memiliki batang merayap, banyak menghasilkan cabang, dan membentuk rumpun. Tanaman antanan ini memang memiliki manfaat khasiat yang mampuh memulihkan sistem kerja tubuh, menurunkan kolesterol dan gula darah, sehingga bisa membuat seseorang panjang umur karena kesehatan dan kebugarannya terjaga.

manfaat khasiat antanan

Antanan memiliki banyak kandungan kimia, diantaranya: Asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahminoside, brahmic acid, madasiatic acid, meso-inositol, centellose, carotenoids, garam-garam mineral seperti garam kalium, natrium, magnesium, kalsium, besi, vellarine, dan zat samak. Senyawaan glikosida triterpenoida yang disebut asiaticoside dan senyawa sejenis yang berkasiat antilepra (Morbus Hansen).

Berikut ini adalah manfaat khasiat tanaman antanan untuk mengatasi beberapa penyakit, serta cara mengolahnya:

Batuk darah, muntah darah, mimisan
Rebus 60-90 gram daun antanan segar dengan air secukupnya, kemudian saring dan diminum selagi hangat.

Batuk kering
Ambil segenggam antanan segar, kemudian lumatkan, lalu peras dan tambahkan 1/2 air serta gula batu secukupnya lalu aduk hingga merata dan minum

Infeksi saluran kencing
Rebus 30 gram daun antanan segar dengan air bilasan beras sebanyak 2 gelas, setelah dingin saring dan minum 2 kali sehari sebanyak 1 gelas.

Darah tinggi
Siapkan 50 lembar daun antanan yang masih segar, lalu rebus dengan 4 gelas air dan hingga tersisa menjadi 3 gelas, setelah dingin saring dan minum 3 kali sehari sebanyak 1/4 gelas.

Wasir
Rebus 3 - 4 batang pohon antanan dengan 2 gelas air selama 5 menit, setelah dingin saring dan diminum.

Demam
Segenggam daun antanan segar ditumbuk hingga halus, kemudian tambah 1 gelas air dan sedikit garam, lalu saring dan minum dipagi hari sebelum makan.

Penambah nafsu makan
1 genggam daun antanan segar direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa menjadi 1 gelas, lalu saring dan minum sehari 1 kali sebanyak 1 gelas.

Pembengkakan hati
Rebus 240-600 grm antanan segar dengan air secukupnya, setelah dingin saring dan minum secara rutin

Campak
Rebus 60 -120 grm antanan segar dengan air secukupnya, setelah dingin saring dan minum secara rutin.

Bisul
Siapkan antanan segar sebanyak 30-60 grm, lalu rebus dengan air secukupnya, setelah dingin ssaring dan diminum. Atau bisa juga dengan cara obat luar, siapkan antanan segar secukupnya, lalu tumbuk hingga halus dan ditempel ke bisul.

Susah kencing
Siapkan 30 gram daun antanan segar, kemudian ditumbuk dan tempelkan ke pusar.

Efek samping:
Jarang ditemukan efek sampingan setelah mengkonsumsi antanan, akan tetapi ada beberapa keluhan sebagai berikut: Alergi pada kulit dan kulit terasa panas seperti terbakar (pada pemakaian luar), pusing, perut terasa kurang enak, mual, sakit kepala, dan rasa mengantuk berat jika pemakaian dosis tinggi.

PERINGATAN....!!!
Wanita hamil tidak dianjurkan mengkonsumsi antanan karena bisa terjadi keguguran spontan. Antanan tidak direkomendasikan untuk bayi, maka wanita yang sedang menyusui dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi antanan. Sedangkan manula 65 tahun ke atas dianjurkan memakan dosis setengah takaran standar.
Title : Khasiat Antanan Mampuh Mengobati Berbagai Penyakit
Description : Antanan atau pegagan merupakan tanaman herbal menahun yang tumbuh liar pada tanah lembab seperti pematang sawah, tepian parit, atau tebing t...