Manfaat Khasiat Sereh Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Sereh atau serai pada umumnya diketahui sebagai tumbuhan biasa yang akar dan batangnya sering digunakan sebagai penyedap masakan, padahal perlu kita ketahui minyak asiri dalam tanaman ini banyak digunakan dalam industri kosmetik untuk dijadikan bahan pembuatan parfum dan sabun. Hal ini disebabkan karena tanaman serai banyak mengandung minyak asiri, seperti geraniol, citronnelal, eugenol-metil eter, sitral, dipenten, eugenol, kadinen, kadinol dan lemonen.

manfaat khasiat sereh / serai

Manfaat khasiat daun sereh atau serai untuk kesehatan tubuh manusia dan untuk mengatasi beberapa penyakit , diantaranya: Untuk penyedap minuman, untuk menghilangkan bau badan dan masuk angin, untuk meredakan nyeri haid, untuk meredakan timbulnya rasa mual, mengobati infeksi pada lambung, usus, kantung kemih, infeksi kulit, tipus dan keracunan, menurunkan tekanan darah, mengatasi gangguan pencernaan, sakit perut, diare dan masuk angin, kandungan zat didalamnya mampuh menghaluskan kulit dan mampuh menghilangkan jerawat.

Berikut ini adalah manfaat khasiat sereh atau serai untuk kecantikan dan untuk mengatasi beberapa penyakit serta cara mengolahnya:

Mencegah Penuaan dini
Sereh memiliki kandungan nutrisi di dalamnya yang sangat baik untuk melancarkan siklus haid dan dapat menangkal sinar ultraviolet yang memicu penuaan dini.

Menurunkan tekanan darah
Sereh juga banyak dimanfaatkan untuk mengurangi tekanan darah serta merangsang sirkulasi darah. Dengan mengonsumsi minuman yang mengandung minyak sereh setiap harinya, maka akan sangat membantu dalam menurunkan hipertensi.

Untuk memperindah kulit
Penggunaan daun sereh juga sudah terjadi dalam bidang kosmetik yang digunakan untuk memperindah kulit. Efek dari penggunaan kosmetik yang mengandung daun sereh adalah dapat menghilangkan jerawat dan berfungsi juga sebagai penyegar kulit.

Obat badan pegal-pegal
Siapkan 800 gram batang sereh dengan akarnya, lalu cuci sampai bersih dan rebus sampai mendidih. Saring dan gunakan air rebusan tersebut untuk mandi selagi airnya hangat

Obat batuk
Siapkan 600 gram sereh yang masih segar dan kering dalam beberapa hari, setelah kering cuci sereh tersebut sampai bersih, lalu rebus dengan air bersih secukupnya dan sampai mendidih. Saring dan minum air serai tersebut 3 kali sehari sebanyak setengah gelas.

Obat ngilu atau nyeri
Siapkan secukupnya batang sereh yang masih segar, rebus dengan air secukupnya sampi mendidih, saring dan ambil airnya. Kemudian balurkan air tersebut kebagian sendi yang ngilu

Mengobati sakit kepala, nyeri lambung dan diare
Dengan meminum beberapa tetes air minyak sereh dapat mengobati penyakit - penyakit tesebut.

Mengatasi nyeri haid
Konsumsi teh yang diberi sereh mungkin akan membantu mengurangi nyeri haid dan rasa mual.

Obat masuk angin
Siapkan minyak sereh 10 tetes, dan 1 sendok makan madu, lalu seduh semua bahan tersebut dengan setengah gelas air panas. Minum air tersebut 2 kali sehari sebanyak setengah gelas, dan diminum ketika masih hangat.

Menghilangkan bau badan dan bau mulut
Siapkan 3 batang sereh, 15 lembar dau sirih, ketumbar setengah ons, dan kapur gamping putih bersih setengah kg. Kemudian tumbuk semua bahan tersebut sampai halus, tambahkan sedikit air, lalu aduk hingga rata, tutup dengan kain tipis dan embunkan di udara terbuka selama 1 malam. Gunakan air yang ada di permukaannya untuk mencuci tubuh atau untuk berkumur, dan lakukan secara rutin.

                                                           =================

Sereh atau serai juga memiliki manfaat khasiat untuk membuat otot - otot yang tegang menjadi lebih santai kembali. Sehingga dengan menggunakan minyak sereh ini dapat bermanfaat untuk merileks kan kembali tubuh yang lelah.
Title : Manfaat Khasiat Sereh Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Description : Sereh atau serai pada umumnya diketahui sebagai tumbuhan biasa yang akar dan batangnya sering digunakan sebagai penyedap masakan, padahal pe...