Cara Mengatasi Insomnia Dengan Cara Alami

Susah tidur atau sering disebut dengan insomnia adalah salah satu gangguan kesehatan yang sangat sering dijumpai manusia. Insomnia adalah sebuah gejala dimana seseorang mengalami kesulitan saat akan melakukan tidur pada jam-jam normal, tak jarang juga penderita insomnia mengalami kesulitan untuk menjaga agar tidurnya tetap nyenyak.

cara mengatasi insomnia

Insomnia sebagian besar karena masalah pikiran, Juga bisa terjadi karena pola hidup yang tidak sehat, sering tidur larut malam, terlalu banyak mengkonsumsi kafein, mengalami stress, atau bisa juga karena banyaknya kandungan toksin yang ada pada tubuh.

Berikut ini tips cara mengatasi insomnia secara alami

Konsumsi makanan yang mengandung potasium dan magnesium
Konsumsilah makanan yang mengandung potasium dan magnesium tinggi seperti pisang dan kacang dapat membuat tidur lebih nyenyak, kandungan triptofan dalam buah pisang ternyata juga dapat menenangkan hormon otak, sehingga mampuh membuat untuk bisa cepat tidur.

Hindari bergadang dan tidurlah secara teratur
Terlalu sering tidur larut malam (bergadang) dan jadwal tidur yang tidak teratur bisa menimbulkan kesulitan untuk tidur di malam hari.

Lakukanlah meditasi dan latih pernafasan
Meditasi sudah dikenal sejak dulu sebagai salah satu metode relaksasi yang paling ampuh. Dengan bermeditasi agar bisa melupakan permasalahan hidup dan memfokuskan diri pada satu titik di dalam pikiran, sehingga pikiran akan semakin jernih dan akan mendpatkan tidur yang lebih nyenyak.

Olahraga secara teratur
Dengan rajin berolah raga, tentunya dapat memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan serta dapat mencegah berbagai macam gangguan-gangguan kesehatan termasuk gangguan tidur. Olahraga jogging adalah salah satu jenis olahraga yang dikatakan mampu meningkatkan kualitas tidur. Bagi penderita insomnia, disarankan untuk berolah raga di pagi hari dan sedikit olah raga ringan beberapa jam menjelang tidur.

Membaca buku sebelum tidur
Dengan membaca buku atau bacaan lain yang isinya sangat membosankan, ini akan terasa cepat lelah dan akan menimbulkan rasa ngantuk.

Hindari cahaya saat akan tidur
Cahaya sangat mempengaruhi proses produksi dari hormon melatonin, cahaya yang terang akan menghambat proses produksinya dan tidak adanya cahaya akan mendorong proses produksinya. Caranya matikan tv, komputer, atau peralatan sumber cahaya lainnya sebelum tidur.

Kurangi merokok
Nikotin juga merupakan sebuah stimulan sama halnya dengan kafein, nikotin akan membuat atau dapat memperburuk insomnia. Lakukan berhenti merokok sebelum tidur, paling tidak empat jam sebelum pergi tidur.

                                                             ==============

Dengan membayangkan citra monoton yang terus menerus, mungkin akan membuat bosan dan akhirnya dapat tidur. Langkah yang tidak kalah pentingnya adalah dengan terapi refleksi yang dapat mengendorkan ketegangan akibat rutinitas dan telah terbukti mampu mengobati imsomnia.
Title : Cara Mengatasi Insomnia Dengan Cara Alami
Description : Susah tidur atau sering disebut dengan insomnia adalah salah satu gangguan kesehatan yang sangat sering dijumpai manusia. Insomnia adalah se...