Cara Mengatasi Anemia Dengan Cara Alami

Anemia atau kurang darah merupakan suatu kondisi dimana kadar HB (hemoglobin) dalam sel darah merah kurang dari standar normal. Anemia jika tidak segera di atasi ini dapat menimbulkan gangguan pada kesehatan, kita tahu bahwa hemoglobin bertugas untuk mengikat oksigen yang akan digunakan untuk metabolisme tubuh. Jika seseorang mengalami anemia akan terjadi gangguan kesehatan mulai dari pusing, mengantuk, pingsan bahkan sampai kematian, oleh karena itu anemia perlu segera di atasi untuk mencegah gangguan pada kesehatan tubuh.

cara mengatasi anemia

Tanda - tanda anemia atau kurang darah pada seseorang biasanya diawali dengan gejala seperti berikut, mengalami kelelahan, badan terasa lemah, pucat dan kurang bergairah.Dalam kondisi tertentu tidak mampu berkonsentrasi dan rentan terhadap adanya infeksi.

Berikut Ciri - Ciri Penderita Penyakit Anemia:

  1. Telapak tangan terlihat putih
  2. Selaput merah mata ( conjunctiva ) terlihat lebih pucat
  3. Sering merasa pusing
  4. Sering merasa kepala berputar putar dan mual saat berdiri dari posisi semula jongkok
  5. Merasakan sesak nafas saat beraktivitas
  6. Telinga sering terasa mendenging
  7. Gangguan haid dan libido menurun
  8. Elastisitas kulit menurun
  9. Rambut tipis dan halus

Berikut Ini Penyebab Terjadinya Kurang Darah Atau Anemia:

  1. Kekurangan darah dalam jumlah banyak atau oleh karena kerusakan sel-sel darah merah
  2. Kekurangan bahan dasar untuk membuat sel darah merah seperti hemoglobin yang disebabkan oleh defisiensi zat besi
  3. Kegagalan sumsum tulang untuk membuat sel darah merah dalam jumlah yang cukup besar.
  4. Kurangnya zat besi dalam makanan yang dikonsumsi

Berikut Ini Langkah - Langkah Cara Mengatasi Anemia Atau Kurang Darah Dengan Cara Alami:

  • Memperbanyak makanan yang bersumber dari asupan zat besi seperti daging merah, ayam, ikan dalam hal ini mempunyai penyerapan lebih baik di bandingkan dengan jenis buah, sayur, sereal, susu.
  • Sebaiknya bisa menghindari sesuatu yang sekiranya bisa menghambat penyerapan zat besi seperti, Tanin, Polifenol, Fitat, jagung, gandum, kalsium dan fosfat.
  • Banyak mengkonsumsi jenis makanan yang bersumber atau mengandung vitamin C sebab dalam hal ini bisa meningkatkan terjadinya penyerapan zat besi.
  • Biasakan melakukan olahraga secara teratur dan lakukan istirahat atau tidur dengan waktu yang cukup sebanyak 6 - 8 jam per hari.
  • Konsumsi jenis suplemen zat besi dengan mengkombinasikan antara vitamin C dan sorbitol.
  • Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti bayam, dan lain-lain serta jangan lupa juga mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C ( asam askorbat) seperti buah jeruk, tomat, mangga dan sejenisnya, sebab asam askorbat dapat meningkatkan penyerapan zat besi

Sedangkan Cara Alami Mengobati Kurang Darah (Anemia) Bisa Kita Atasi Dengan Jenis Obat Tradisional  Dibawah Ini:

  1. Sediakan sekitar 60 gram daun bayam merah cuci bersih lalu direbus dengan air secukupnya. Selanjutnya ditambahkan satu kuning telur ayam kampung. obat tersebut dapat dimakan.
  2. Cara lain sediakan 100 gram kacang hijau dan 10 butir angco direbus atau ditim, 30 gram kismis, direbus hingga menjadi bubur cair, kemudian dimakan.
  3. Sediakan sekitar 30 gram daun kacang panjang, 30 gram daun bayam duri, 25 gram lempuyang wangi, dicuci dan diblender dengan 100 cc air, disaring, airnya di minum.
  4. Sediakan sekitar 30-50 buah buni yang sudah matang, 20 buah murbei, 20 gram kunyit, diblender dengan menambahkan 100 cc air, tambahkan 1 sendok makan madu lalu diminum. Semoga tips diatas bisa membantu mengatasi anemia atau kurang darah.

Penyakit anemia atau kurangan darah biasanya terjadi karena tubuh kekurangan zat besi. Hal ini kadang terjadi pada anak perempuan yang mulai mengalami menstruasi pertama kali, karena biasanya darah yang keluar diawal masa menstruasi akan lebih banyak. Atau bisa juga terjadi pada bayi yang tidak mendapatkan ASI.
Title : Cara Mengatasi Anemia Dengan Cara Alami
Description : Anemia atau kurang darah merupakan suatu kondisi dimana kadar HB (hemoglobin) dalam sel darah merah kurang dari standar normal. Anemia jika ...